Naikilah dan Gunakanlah Bus Berstiker Kementerian Perhubungan

Tekan Angka Laka Lantas, BPTD IV Laksanakan Ramcheck Terpadu

Rabu, 18 Desember 2019 - 08:42:03 WIB
Tekan Angka Laka Lantas, BPTD IV Laksanakan Ramcheck Terpadu
Madaniy.Com - Targetkan sebanyak 500 bus angkutan penumpang, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau - Provinsi Kepri (BPTD IV Riau-Kepri) melaksanakan Ramcheck Terpadu Inspeksi Keselamatan, Selasa (17/12/2019).
 
Pelaksanaan Ramcheck Terpadu tersebut ditujukan kepada seluruh seluruh armada bus angkutan penumpang, mulai dari bus angkutan antar kota, antar provinsi dan bus pariwisata.
 
"Bus Pariwisata akan menjadi perhatian kami dalam giat Ramcheck kali ini, hal ini disebabkan bus jenis ini menjadi penyumbang terbesar angka laka lantas tahun lalu," kata Kepala BPTD IV Riau-Kepri Syaifuddin Ajie Panatagama.
 
Dikatakan Ajie, pihak BPTD IV akan melaksanakan tugas inspeksi ini bersama dengan jajaran Direktorat Lalulintas Polda Riau, Dinas Perhubungan se-Provinsi Riau, Dinas Kesehatan se-Provinsi Riau, BNN Provinsi Riau, Organda, Jasa Raharja serta pemangku kepentingan lainnya.
 
"Kami akan terus berkoordinasi dengan jajaran instansi terkait baik vertikal maupun horizontal, khusus untuk ramcheck juga akan dilaksanakan di Terminal Bangkinang dan Dumai selama masa Operasi Nataru 2020," kata Ajie Panatagama.
 
Pelaksanaan ramcheck terdiri dari pemeriksaan surat-surat kendaraan, kondisi alat kelengkapan kendaraan harus standar pelayanan, pemeriksaan kesehatan terhadap supir dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan tes urine.
 
"Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memastikan pelayanan transportasi angkutan penumpang baik itu komersil maupun sewa, benar-benar terjamin unsur keselamatannya, dan kosumen pengguna jasa benar-benar merasa aman dan nyaman," kata Ajie menambahkan.
 
Selama pelaksanaan Nataru 2020 yang akan berlangsung mulai 19 Desember 2019 hingga berakhir pada 6 Januari 2020 ini, inspeksi terpadu terhadap kelayakan angkutan penumpang akan terus berjalan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhbungan RI.
 
Bagi kendaraan yang menjalani pemeriksaan secara menyeluruh tersebut dan dianggap telah memenuhi standar yang diwajibkan, akan diberi stiker Kementerian Perhubungan.
 
"Kepada pengguna jasa angkutan penumpang, kami imbau untuk menggunakan kendaraan bus yang sudah memiliki stiker Kementerian Perhubungan, karena sudah diperiksa secara detail oleh para penguji kendaraan," kata Ajie mengimbau masyarakat pengguna jasa angkutan.
 
Jasa Raharja Cabang Riau menyerahkan bantuan pemecah kaca kepada bus yang diterima Ketua Organda Provinsi Riau, M Nasri
 
Posko Kesehatan
Jasa Raharja Cabang Riau memastikan kesiapan Posko Kesehatan akan hadir di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2020 tersebut.
 
Diungkapkan General Manager Jasa Raharja Cabang Riau Herry Kesuma, bahwa pihaknya telah menyiapkan tenaga kesehatan berikut dengan kendaraan ambulance dan obat-obatan.
 
"Kita berharap para penumpang dan supir serta kruw angkutan mengoptimalkan pelayanan yang disediakan di Posko Kesehatan, khusus bagi supir agar periksakan kesehatan sebelum meneruskan perjalanan. Ingatlah keselamatan perjalanan ada ditangan supir," kata Herry Kesuma.
 
Di samping menyediakan Podko Kesehatan, jasa raharja juga menyerahkan bantuan berupa pemecah kaca kepada seluruh bus yang hadiri, dan diterima langsung Ketua Organda Provinsi Riau, M Nasri.
 
Sumber: Humas BPTD IV

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

“Cyborg” Capai 1000 Jam Terbang Dengan Hawk 100/200

Rabu, 07 Maret 2018 - 15:57:01 WIB

Adalah Kapten Pnb Oliv “Cyborg” Rizando Azka, mendapat penyematan badge 1000 jam terbang secara langsung oleh Danlanud Rsn Marsma TNI TBH Age Wiraksono, dalam acara tradisi penyematan yang berlang

Rakyat Sumbar Berduka, Raja Pagaruyuang Mangkat

Kamis, 01 Februari 2018 - 22:58:36 WIB

Kabar duka datang dari Istana Pagaruyuang. Rajo Taufik Thaib mangkat dalam usia 69 tahun di RSUP M Djamil Padang.

Batasi Pengelolaan Pulau dari Tangan Swasta

Jumat, 20 Januari 2017 - 22:35:08 WIB

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron mengatakan, negara perlu segera membatasi pengelolaan pulau-pulau kecil dari tangan swasta. Ini karena prinsip pengelolaan pulau adalah untuk hajat hidup ra

Luar Biasa, Anak-anak TK Angkasa Bergembira Panen Sayur Sawi Kebun Sendiri

Senin, 03 Desember 2018 - 13:25:04 WIB

Puluhan anak-anak murid TK Angkasa binaan Pia Ardhya Garini Cabang 12 Daerah I Lanud Roesmin Nurjadin, bergembira saat memetik sayuran hasil kerja mereka.

Danlanud Rsn Jajal Kemampuan Menembak Para Perwira

Jumat, 30 Agustus 2019 - 09:37:33 WIB

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, jajal kemampuan menembak bersama seluruh perwira, pada acara Minggu Militer di Lapangan Tembak Lanud Rsn, Rabu (28/8/19).

HUT TNI Ke-74, Danlanud Rsn Berikan Santunan Dan Jalin Tali Kasih

Senin, 07 Oktober 2019 - 10:02:06 WIB

Danlanud RSN Marsma TNI Ronny mengatakan, bahwa keluarga almarhum adalah keluarga besar TNI AU juga, silaturrahmi akan tetap kita jaga, kunjungan ini bertujuan sebagai tali asih dan kita ikut merasaka