Naikilah dan Gunakanlah Bus Berstiker Kementerian Perhubungan

Tekan Angka Laka Lantas, BPTD IV Laksanakan Ramcheck Terpadu

Rabu, 18 Desember 2019 - 08:42:03 WIB
Tekan Angka Laka Lantas, BPTD IV Laksanakan Ramcheck Terpadu
Madaniy.Com - Targetkan sebanyak 500 bus angkutan penumpang, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau - Provinsi Kepri (BPTD IV Riau-Kepri) melaksanakan Ramcheck Terpadu Inspeksi Keselamatan, Selasa (17/12/2019).
 
Pelaksanaan Ramcheck Terpadu tersebut ditujukan kepada seluruh seluruh armada bus angkutan penumpang, mulai dari bus angkutan antar kota, antar provinsi dan bus pariwisata.
 
"Bus Pariwisata akan menjadi perhatian kami dalam giat Ramcheck kali ini, hal ini disebabkan bus jenis ini menjadi penyumbang terbesar angka laka lantas tahun lalu," kata Kepala BPTD IV Riau-Kepri Syaifuddin Ajie Panatagama.
 
Dikatakan Ajie, pihak BPTD IV akan melaksanakan tugas inspeksi ini bersama dengan jajaran Direktorat Lalulintas Polda Riau, Dinas Perhubungan se-Provinsi Riau, Dinas Kesehatan se-Provinsi Riau, BNN Provinsi Riau, Organda, Jasa Raharja serta pemangku kepentingan lainnya.
 
"Kami akan terus berkoordinasi dengan jajaran instansi terkait baik vertikal maupun horizontal, khusus untuk ramcheck juga akan dilaksanakan di Terminal Bangkinang dan Dumai selama masa Operasi Nataru 2020," kata Ajie Panatagama.
 
Pelaksanaan ramcheck terdiri dari pemeriksaan surat-surat kendaraan, kondisi alat kelengkapan kendaraan harus standar pelayanan, pemeriksaan kesehatan terhadap supir dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan tes urine.
 
"Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memastikan pelayanan transportasi angkutan penumpang baik itu komersil maupun sewa, benar-benar terjamin unsur keselamatannya, dan kosumen pengguna jasa benar-benar merasa aman dan nyaman," kata Ajie menambahkan.
 
Selama pelaksanaan Nataru 2020 yang akan berlangsung mulai 19 Desember 2019 hingga berakhir pada 6 Januari 2020 ini, inspeksi terpadu terhadap kelayakan angkutan penumpang akan terus berjalan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhbungan RI.
 
Bagi kendaraan yang menjalani pemeriksaan secara menyeluruh tersebut dan dianggap telah memenuhi standar yang diwajibkan, akan diberi stiker Kementerian Perhubungan.
 
"Kepada pengguna jasa angkutan penumpang, kami imbau untuk menggunakan kendaraan bus yang sudah memiliki stiker Kementerian Perhubungan, karena sudah diperiksa secara detail oleh para penguji kendaraan," kata Ajie mengimbau masyarakat pengguna jasa angkutan.
 
Jasa Raharja Cabang Riau menyerahkan bantuan pemecah kaca kepada bus yang diterima Ketua Organda Provinsi Riau, M Nasri
 
Posko Kesehatan
Jasa Raharja Cabang Riau memastikan kesiapan Posko Kesehatan akan hadir di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2020 tersebut.
 
Diungkapkan General Manager Jasa Raharja Cabang Riau Herry Kesuma, bahwa pihaknya telah menyiapkan tenaga kesehatan berikut dengan kendaraan ambulance dan obat-obatan.
 
"Kita berharap para penumpang dan supir serta kruw angkutan mengoptimalkan pelayanan yang disediakan di Posko Kesehatan, khusus bagi supir agar periksakan kesehatan sebelum meneruskan perjalanan. Ingatlah keselamatan perjalanan ada ditangan supir," kata Herry Kesuma.
 
Di samping menyediakan Podko Kesehatan, jasa raharja juga menyerahkan bantuan berupa pemecah kaca kepada seluruh bus yang hadiri, dan diterima langsung Ketua Organda Provinsi Riau, M Nasri.
 
Sumber: Humas BPTD IV

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Dishub Siak Ekspos Rencana Pengembangan Taman Edukasi Lalu Lintas

Selasa, 15 Januari 2019 - 12:38:04 WIB

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Siak diwakil Kabid Darat Junaidi, memaparkan Rencana Pembangunan Taman Edukasi lalu Lintas Kabupaten Siak di Ruang Rapat Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah I

Danlanud Rsn Terima 510Juta Rupiah Dari CSR BRI

Rabu, 20 Maret 2019 - 12:33:25 WIB

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka menerima bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR) dari Bank BRI sebesar Rp.510juta, di Ruang Arjuna Base Lanud Rsn, Rabu (20/03/

Tanam Perdana di Siak, Menuju Riau Swasembada Pangan

Rabu, 05 April 2017 - 12:04:01 WIB

Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman berupaya keras menjadikan Riau sebagai daerah swasembada pangan.panhlima

Kehadiran BPK RI Momentum Wujudkan Tata Kelola Keuangan Akuntabel

Senin, 08 Oktober 2018 - 14:27:25 WIB

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin yang diwakili Kepala Dinas Koistik Kolonel Tek Sentot Pudjagiri, menyambut kedatangan Tim Auditor dari BPK RI di Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (8/10/2018).

2021 Indonesia Bebas ODOL, Tak Ada Kata Terlambat Bagi Dirjen Hubdat

Ahad, 03 November 2019 - 09:04:04 WIB

"Tak ada kata terlambat, tahun 2021 jalan nasional harus bebas ODOL," katanya tegas.

Riau Darurat Pencemaran Udara, Gubernur Persiapkan Evakuasi Warga

Senin, 23 September 2019 - 17:53:14 WIB

Sampai hari ini, seluruh rumah sakit pemerintah dan swasta, puskesmas dan klinik kesehatan di seluruh Riau diminta Gubri untuk melayani masyarakat 24 jam, karena keadaan darurat pencemaran ini.