Perpres Sawit Berkelanjutan Bakal Legalisasi Perkebunan Ilegal

Jumat, 05 Mei 2017 - 10:19:42 WIB
Perpres Sawit Berkelanjutan Bakal Legalisasi Perkebunan Ilegal Draft Perpres yang dibahas dalam konsolidasi NGO Sumatera
Pekanbaru, Madaniy.Com - Rencana Presiden untuk menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonedia berpotensi melegaliasi perusahaan ilegal.
 
Analisa ini berkembang dalam Konsolidasi NGO Sumatera, ketika membahas Sistem Sertifikasi Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesioa (ISPO), di Pekanbaru (3-4/4/2017).
 
"Sampai saat ini kita sama-sama mengetahui, masih banyak perusahaan perkebunan sawit yang bermasalah dari sisi perijinan,legalitas dan konflik dengan masyarakat," kata Abu Meredian dari Kaum Telapak kepada Madaniy.
 
Kaum Telapak merekomendasi adanya semacam penguatan dalam penerapan Perpres ini nantinya di lapangan. Jangan sampai perusahaan perkebunan sawit yang bermasalah dengan perizinan dan masyarakat tersebut justru dilegalisasi.
 
"Jangan sampai Perpres ini nantinya menjadi pintu masuk bagi perusahaan bermasalah tersebut untuk mendapat legalitas," tegas Abu.
 
Dalam draft Perpres yang menjadi acuan peserta Konsolidasi NGO Sumatera juga menangkap indikasi bakal dipersulitnya petani sawti dalam pengurusan legalitas usaha.
 
"masih banyak pekerjaan rumah pemerintah untuk memperbaiki substandi dalam Perpres tersebut, kami meminta Kementerian terkait juga membaca potensi masalah yang akan timbul ke depan," katanya.
 
Yuki Chandra
 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Catatan Harian Luhut Binsar Panjaitan

Jokowi Tantang LBP Untuk Masukkan Investasi Sebanyak Mungkin

Sabtu, 26 Oktober 2019 - 14:34:53 WIB

Saya mengucap syukur kepada Tuhan, karena di usia yang sudah menginjak 72 tahun, saya masih sekali lagi diberikan kesempatan untuk mengabdi bagi Republik yang paling saya cintai ini.

Balai Tesso Nilo Siapkan Desain Ekowisata di Hutan Tersisa

Senin, 27 Februari 2017 - 19:29:26 WIB

Balai Taman Nasional Tesso Nilo bakal mengembangkan ekowisata pada 23.000 hektare (ha) hutan alam yang tersisa di kawasan itu. Hal itu dilakukan sebagai upaya penyelamatan hutan konservasi dari marakn

Progres Normalisasi Tak jelas, Dirjen Hubdat Tagih Janji Manajemen RAPP

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 19:50:10 WIB

Drektur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi memerintahkan Kasubdit Dalops S Ajie Panatagama untuk menagih janji dan komitmen PT RAPP untuk melaksanakan normalisasi kendaraan angkutan di lingkunga

BPTD Wilayah IV Laksanakan Sertijab Pejabat Baru Untuk Penyegaran Organisasi

Rabu, 06 Februari 2019 - 11:25:06 WIB

Menghadapi tantangan tugas pada tahun 2019, jajaran Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau-Kepulauan Riau, melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) tujuh pejabat baru d

Tantangan Bagi Skadron 12 Menjadi Skadron Tempur Terbaik di Indonesia

Selasa, 16 April 2019 - 11:28:14 WIB

Ada sesuatu yang spesial bagi keluarga besar Lanud Roesmin Nurjadin pada malam resepsi HUT TNI AU ke-73 di Puri Ardhiya Gharini Halim Perdana Kusuma, Selasa (9/4/2019).

Skadron Udara 12 “Black Panther” Laksanakan Latihan Maverick

Ahad, 19 Februari 2017 - 21:07:01 WIB

Dipimpin langsung oleh Danskadron Udara 12 Letkol Pnb Dedy Suprianto, lima pesawat hawk 100/200 Skadron Udara 12 Wing 6 Lanud Rsn bertolak menuju Lanud Sultan Iskandar Muda Banda Aceh guna melaksanak