Usut Aktor Korupsi Alih Fungsi RTRWP Riau

Kamis, 15 Maret 2018 - 14:39:32 WIB
Usut Aktor Korupsi Alih Fungsi RTRWP Riau Ilustrasi
Pekanbaru, Madaniy.Com —Jikalahari menyayangkan  sikap PLT Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Rahmad Rahim Kepala Bappeda Propinsi Riau dan Ahmad Hijazi Sekretaris Daerah Propinsi Riau.
 
Pengaduan terkait perkembangan RTRWP Riau kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat melakukan Koordinasi dan Supervisi pencegahan korupsi di Gedung Daerah.
 
Ketika itu Rahmad Rahim mengeluhkan catatan perbaikan KLHS terus diberikan KLHK. “Tanpa RTRW, pertumbuhan ekonomi Riau di bawah nasional. Banyak permohonan investasi yang masuk tidak bisa dieksekusi,” kata Rahmad Rahim. 
 
“RTRW Riau sakitnya tu di sini. Sampai hari ini yang tak punya RTRWP cuma Riau,” kata Wan Thamrin Hasyim. “KLHK sudah tiga kali asistensi, cuma tidak pernah tuntas. Ini masih kita kejar. Mudah-mudahan KPK memfasilitasi,” kata Ahmad Hijazi.
 
“Mereka mengadu dan meminta KPK untuk memfasilitasi penyelesaian RTRWP,  di sisi lain Pemprov Riau sama sekali abai dan tidak menjalankan 19 Rencana Aksi GNPSDA KPK ada motif apa di balik itu?” tanya Made Ali, Wakil Koordinator Jikalahari.
 
Gubernur Riau bersama KPK (Februari 2015) telah menyusun 19 Renaksi Pemda Riau (Gubernur dan Bupati/Walikota), salah satunya pengukuhan kawasan hutan untuk diintegrasikan ke dalam RTRWP Riau. 
 
Renaksi tersebut mengacu pada hasil kajian KPK dengan fokus area yaitu: (1) Penyelesaian Pengukuhan Kawasan Hutan, Penataan Ruang dan Wilayah Administrasi, (2) Penataan Perizinan Kehutanan dan Perkebunan, (3) Perluasan Wilayah Kelola Masyarakat, (4) Penyelesaian Konflik Kawasan Hutan, (5) Penguatan Instrumen Lingkungan Hidup Dalam Perlindungan Hutan dan (6) Membangun Sistem Pengendalian Anti Korupsi.
 
“Padahal Renaksi itu menjadi solusi bagi pemprov Riau untuk memperbaiki tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan sekaligus memudahkan dalam penyelesaian  Ranperda RTRWP Riau.
 
Namun, satu Renaksi pun tidak ada yang dijalankan oleh Pemprov Riau,” kata Made Ali.
 
Sumber: Jikalahari

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Tradisi Makan 'Bajambau' Suguhan Bagi Bikers Asean

Kamis, 06 April 2017 - 00:16:58 WIB

Sebelum sampai di Candi Muara Takus,para biker Asean peserta Riau Bike Week 2017 bakal disuguhi Tradisi Makan 'Bajambau'.

Sekdako Tandatangan MoU KUA-PPAS RAPBD Perubahan Pekanbaru 2016

Rabu, 07 September 2016 - 18:17:39 WIB

Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, MT diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs HM.Noer MBS menandatangani MoU Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rancangan Anggaran Pe

Disdik Jabar Larang Siswa Rayakan Hari Valentine

Ahad, 12 Februari 2017 - 12:07:37 WIB

Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat resmi mengeluarkan surat larangan perayaan Hari Kasih Sayang atau biasa dikenal sebagai Hari Valentine bagi para siswa.

Kenali Gaya Belajar Anak agar Anak Lebih Mudah dalam Belajar

Senin, 29 Agustus 2022 - 11:49:02 WIB

Kegiatan Parenting School ini diadakan setiap bulannya untuk mengupgrade pengetahuan dan wawasan orangtua peserta didik SD Juara Pekanbaru karena tidak dapat dipungkiri perlu semangat yang sama antara

Mahasiswa Harus Sadari Pentingnya Kerjasama PT–Perusahaan

Selasa, 28 Maret 2017 - 06:22:32 WIB

Saat berdialog dengan para mahasiswa, pria yang akrab disapa Andi Rachman ini menyoroti pentingnya kerjasama antara perguruan tinggi dan perusahaan-perusahaan yang ada.

Pertamina Usung Ecobrik Kelola Sampah di Ajang ICCFE 2019

Jumat, 06 September 2019 - 13:51:40 WIB

Warga kota Medan setiap harinya memproduksi sekitar 2.000 ton sampah. Dikutip dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Medan, tempat pembuangan akhir (TPA) tak lagi mampu menampung sampah dalam empat tahu