Usai IMT-GT Gubri Langsung Ikuti Rakornas Karlahut

Kamis, 12 September 2019 - 20:25:12 WIB
Usai IMT-GT Gubri Langsung Ikuti Rakornas Karlahut Wagubri - Edy Natar Nasution memberikan penjelasan kepada wartawan, Kamis (12/9/2019) di ruang rapatnya.
Madaniy.Com - Gubernur Riau Syamsuar mempercepat kunjungannya dalam mengikuti Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Indonesia Malaysia- Growth Triangle (IMT GT) di Krabi Thailand. Usai presentase di forum Chief Ministers anda Governors Forum (CMGF) ke 16, Gubri langsung bertolak ke Jakarta. 
 
Dijadwalkan besok (Jumat 13/9), Gubri mengikuti Rakornas tingkat Menteri membahas Karlahut.
 
"Tadi Bapak Gubernur langsung ke Jakarta, karena besok beliau langsung mengikuti rapat koordinasi khusus (rakorsus) tingkat menteri membahas karhutla, besok (Jumat, 13/9/19), di Kemenko Polhukam," kata Edy Natar Nasution kepada Wartawan, Kamis (12/9/2019) diruang rapatnya.
 
 
Rakorsus tingkat menteri membahas Karlahut 2019 di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat, seharusnya dilaksanakan hari ini. Namun, karena Indonesia sedang berduka atas kepulangan mantan Presiden RI ke 3 BJ Habibie, rapat diundur besok pukul 14.00 WIB.
 
Wagub mengatakan Pemerintah Provinsi Riau memberikan perhatian khusus terhadap penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), hal ini di buktikan dengan Komandan Satuan Tugas (Satgas) Karlahut langsung di pimpin oleh Gubernur.
 
"Bapak Gubernur langsung memimpin Satgas, kalau daerah lain biasanya komandan Satgasnya Danrem. Seperti ketika saya Danrem dulu, saya Dansatgasnya. Sekarang tidak, langsung dipimpin Pak Gubernur, agar koordinasi lebih terintegrasi," ujar Wagub
 
Usai rakorsus tingkat menteri tersebut, Gubernur mengumpulkan seluruh bupati/walikota, forkopimda dan instansi terkait untuk melakukan aksi, agar asap tidak menyerang masyarakat.
 
"Satgas (satuan tugas) sudah berupaya melakukan pemadaman di Riau. Mulai dari Satgas Darat, Udara dan Manggala akni. Namun, karena angin mengarah ke Riau, asap akibat karlahut di provinsi Jambi dan Sumatera Selatan mengarah ke Riau, asap menjadi pekat di Riau," ujar Wagub
 
 
Rakorsus Tingkat Menteri di Kemenko Polhukam dihadiri Panglima TNI, Kapolri, Menteri Luar Negeri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan, Kepala BNPB, Kepala BMKG, Plt Sesmonko Polhukam, dan Deputi Bidkor Kamtibmas Kemenko Polhukam.
 
Selain itu, Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031/Wirabima, Gubernur Sumatera Selatan, Pangdam II/Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Gubernur Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042/Garuda Putih, Gubernur Kalteng, Danrem 102/Panju Panjung, Kapolda Kalteng, Gubernur Kalbar, Pangdam XII/Tanjungpura, dan Kapolda Kalbar.
 
Sumber: Humas Pemprov Riau

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Innalillahi, Mantan Sekjen PKS Taufik Ridho Meninggal Dunia

Senin, 06 Februari 2017 - 06:37:18 WIB

Mantan Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Taufik Ridho meninggal dunia pada usia 52 tahun pada Senin (6/2) dini hari di Jakarta.

SBY: Ya Allah, Negara Kok Jadi Begini

Sabtu, 21 Januari 2017 - 06:57:37 WIB

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono menilai juru fitnah dan penyebar hoax berkuasa serta merajalela. Ia pun menyayangkan kondisi negara saat ini.

Terkait Pembelian Alutsista, Jokowi akan Cek Permen

Selasa, 07 Februari 2017 - 22:04:37 WIB

Sistem Perencanaan Pembangunan Pertahanan Negara. Permen ini disebut menjadi dasar pembelian alat utama sistem pertahanan (Alutsista).

UIR Siap Menjadi PT Islam Unggulan di Asia Tenggara

Jumat, 05 Januari 2018 - 21:14:34 WIB

Universitas Islam Riau, tengah membenahi diri untuk mencapai visi sebagai Universitas Islam Unggulan di Asia Tenggara.

Skadron Udara 16 Move On

Danlanud: Panglima Perintahkan Tunjukkan Kehadiranmu!

Senin, 30 Januari 2017 - 17:44:48 WIB

"Panglima TNI memerintahkan seluruh unsur kekuatan TNI harus selalu hadir di tengah rakyat, dalam hal ini TNI AU akan terus mendukungnya," ungkap Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Henri Alfiandi, S

Karumkit Lanud Rsn: Calon Prajurit TNI AU Harus Miliki Kesehatan Ideal

Rabu, 03 Juli 2019 - 12:24:03 WIB

"Prajurit TNI Angkatan Udara harus memiliki kesehatan yang ideal, agar ketika menjalani pendidikan maupun melaksanakan tugas dinas berjalan dengan baik," kata Mayor Kes Agus Sukamto.