Pelatihan Bagi Operator Smart Data Base Polres Kampar

Sabtu, 08 April 2017 - 13:28:09 WIB
Pelatihan Bagi Operator Smart Data Base Polres Kampar Edriansyah tutor sekaligus juga Programmer Aplikasi Smart Data Base Polres Kampar memaprkan teknik pengoperasian aplikasi dan sistem input data.
Bangkinang, Madaniy.Com - Smart Data Base adalah sistem yang memuat banyak data, baik internal maupun eksternal dan sangat diperlukan jajaran Polres Kampar untuk menunjang pelaksanaan tugas agar lebih optimal.
 
Mengikuti kemajuan teknologi tersebut, saat ini Polres Kampar telah memiliki aplikasi yang disebut Smart Data Base Polres Kampar. Aplikasi ini dibuat layaknya Bank Data berbasis Teknologi Informasi.
 
Adapun konten menu pada aplikasi ini terdiri dari organisasi, pejabat daerah, Lokasi, masyarakat, emergecy call, laporan dan galeri. Untuk pengoperasiannya, Sabtu (8/4/2017) dilaksanakan pelatihan bagi operatornya.
 
Bertempat diruang Comand Centre/Media Centre Polres Kampar, dilaksanakan Pelatihan Operator Smart Data Base Polres Kampar yang diikuti personil yang ditugaskan sebagai operator Smart Data Base serta Tim Media Polres Kampar.
 
 
Sebagai tutor Edriansyah didampingi Wawan Kurniawan yang sekaligus juga Programmer Aplikasi Smart Data Base Polres Kampar ini. Pelatihan difokuskan untuk pengoperasian aplikasi dan sistem input datanya.
 
Dengan adanya aplikasi ini, seperti data semua personil jajaran Polres Kampar termasuk pemetaan lokasi tempat tinggalnya, beserta nomor telpon. 
 
Nantinya akan diconnect dengan emergency call, sehingga bila ada laporan tentang kejadian disekitar tempat tinggalnya akan dapat diketahui oleh personil terdekat untuk segera turun ke lokasi.
 
Data pejabat daerah juga akan diinput mulai dari pejabat tertinggi di daerah seperti Bupati, anggota DPRD hingga ke level terendah ditingkat RT dan RW secara lengkap termasuk nomor telepon dari masing-masing pejabat yang bisa dihubungi, setiap waktu.
 
Penggunaan aplikasi ini hanya untuk internal Polres Kampar saja, karena data yang dihimpun bersifat rahasia, namun terobosan ini akan sangat membantu untuk kemajuan institusi Polri khususnya Polres Kampar.
 
 
Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK saat dikonfirmasi terkait Smart Data Base ini menyampaikan, bahwa ini salah satu dari beberapa inovasi yang telah dilakukan Polres Kampar yang memanfaatkan kemajuan Teknogi Informasi. 
 
"Mau tidak mau kita dituntut untuk mengadopsi teknologi dalam menunjang tugas Kepolisian, agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Semoga kerja keras dan usaha kita ini mampu menyumbangkan kemajuan bagi Institusi Polri secara keseluruhan," kata Kapolres.
 
Yuki Chandra

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Sidang Lanjutan Perkara Korupsi Dispenda Riau

Kesaksian Yang Tak Terucapkah?

Jumat, 09 Februari 2018 - 10:16:28 WIB

Pengacara mantan Kasubag Keuangan Dispenda Riau ini, kembali harus mengulang pertanyaan yang sama atas keterangan kesaksian para saksi dalam persidangan.

Polda Pertama di Indonesia Miliki Mesin Khusus Pembayaran E-Tilang

Rabu, 28 Agustus 2019 - 18:44:20 WIB

Sat PJR Polda Riau bersama Bank BRI Kota Pekanbaru hari ini melakukan kegiatan sosialisasi kepada seluruh personel Sat PJR Polda Riau. Sosialisasi tersebut berupa mesin terbaru yang dikususkan oleh pi

Oalah...! Kuliah Nyambi Edarkan Ekstasi

Rabu, 19 Juli 2017 - 16:42:54 WIB

Dua mahasiswa dari dua kampus terkemuka di Riau, diamankankan Dit Res Narkoba Polda Riau,karena kedapatan nyambi sebagai pengedar narkoba jenis ekstasi.

Ops Cipkon Serentak Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Kampar

Ahad, 09 April 2017 - 11:45:04 WIB

Antisipasi gangguan kamtibmas dan tindak kejahatan akhir pekan, Polres Kampar dan Polsek Jajarannya menggelar Operasi Cipkon (Cipta Kondusif) serentak pada Sabtu malam (8/4/2017).

Kebocoran Tabung Gas Penyebab Ledakan di Rumah Walikota Kendari

Sabtu, 11 Februari 2017 - 19:16:11 WIB

Polda Sultra, Pasca penyelidikan dan investigasi oleh tim Jibom Polda Sultra, yang hasilnya ledakan dirumah pribadi Walikota Kendari DR Ir H Asrun M.Eng Jalan Syekh Yusuf ll K No 17 Kelurahan Korumba

Dit Lantas Polda Riau Juara 3 Program Penanganan Laka Lantas

Selasa, 31 Juli 2018 - 13:18:27 WIB

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Royke Lumowa di gedung NTMC Polri, Jakarta, Selasa (31/07/2018) pagi.