PGN Terus Ekspansi Tingkatkan Distribusi Gas Bumi

Selasa, 28 Februari 2017 - 06:04:11 WIB
PGN Terus Ekspansi Tingkatkan Distribusi Gas Bumi Petugas memeriksa tekanan gas di Pressure Reducing Station PT PGN di Semarang, 8 September 2016. PGN area Semarang telah menyalurkan ke delapan pelanggan industri di kawasan Tambak Aji. ANTARA FOTO

Jakarta, Madaniy.Com - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk terus melakukan ekspansi untuk meningkatkan distribusi gas bumi di Lampung. Pada tahun ini, PGN Lampung menargetkan untuk menambah 6 pelanggan industri dengan penjualan total 27 juta m3.

Sales Area Head PGN Lampung Wendi Purwanto mengatakan per 27 Februari 2017, jumlah pelanggan industri dan pembangkit listrik mencapai 22 pelanggan, diantaranya PLN, hotel, perusahaan pakan ternak, pabrik pengeringan jagung, produsen minuman ringan. “Besok akan ada penambahan satu pelanggan lagi, jadi 23 pelanggan,” kata Wendi saat ditemui, Senin 27 Februari 2017.

Menurut Wendi, penggunaan BBG pada industri akan menekan biaya produksi hingga mencapai 40 persen jika menggunakan perbandingan harga bahan bakar minyak saat ini. “Dari segi biaya, ada efisiensi, harga BBG hanya Rp 4.500 per m3, dan harganya cenderung stabil tidak seperti BBM yang fluktuatif,” ujarnya,

Keuntungan lainnya, tambah Wendi, BBG lebih ramah lingkungan karena pembakaran optimal, serta ada jaminan ketersediaan. “Berapapun kebutuhan industri, pasti akan kami pasok,” kata Wendi.

PGN Lampung memiliki pipa yang terpasang sepanjang Labuhan Maringgai hingga Bandar Lampung dengan tiga ujung pipa yang ada di Tarahan, Soekarno Hatta, dan Gatot Subroto. Sehingga pemasangan saluran untuk pelanggan baru lebih mudah.

Untuk mencapai target pelanggan baru, Wendi mengatakan akan terus menggencarkan sosialisasi penggunaan BBG kepada industri. “Pemasarannya ada dua cara, pertama kami mendatangi langsung perusahaan industri atau mereka datang sendiri setelah mendengar testimoni keuntungan yang diperoleh dari perusahaan lain,” ujar Wendi.

Mengenai pelanggan rumah tangga, setelah melakukan pengukuran dan survei di tahun 2016. Target yang semula hanya 12ribu pelanggan, ternyata peminat yang terdata mencapai 15ribu untuk wilayah Bandar Lampung.

Sekitar April atau Mei, Wendi mengatakan, konstruksi pipa BBG untuk pelanggan rumah tangga akan segera dibangun. Ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2017. Penggunaan BBG untuk pelanggan rumah tangga, kata Wendi, akan menghemat hingga 70 persen bagi yang sebelumnya menggunakan LPG 12 kilogram. sedangkan bagi pengguna LPG subsidi 3kg akan menghemat 30-40 persen. Harga BBG untuk rumah tangga hanya Rp 2950 per m3.

Sumber: Tempo
 


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Hati-hati Penipuan! Penggantian Meteran Listrik Gratis Lho!

Rabu, 07 Maret 2018 - 20:28:28 WIB

Hal ini disampaikan Humas PLN Cabang Pekanbaru, Komang kepada Madaniy, bahwa selama ini diduga banyak oknum yang membebani pelanggan yang akan mengganti kWh.

Industri Kehutanan Jangan Cari Alasan Lagi

Rabu, 26 April 2017 - 19:22:17 WIB

EoF menangkap adanya indikasi keberatan dari industri kehutanan dan kelapa sawit untuk segera mematuhi Peraturan terkait pengelolaan dan perlindungan gambut.

SPBU Tidak Utamakan Pelayanan Konsumen, Akan Ditindak

Jumat, 02 Februari 2018 - 19:01:27 WIB

PT Pertamina (Persero) akan menindak tegas SPBU yang terbukti tidak menjalankan kebijakan perusahaan untuk mengutamakan pelayanan kepada konsumen.

Proyeksi OJK

Kuartal I 2017 Pertumbuhan Kredit di Atas 8,5 persen

Senin, 27 Februari 2017 - 20:25:05 WIB

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi pertumbuhan kredit perbankan pada kuartal I 2017 melebihi 8,5 persen year on year (yoy). Sebelumnya pada kuartal I tahun lalu pertumbuhan kredit sebesar 8,71 p

KNPI Riau: Tindakan Pemerintah Sudah Tepat

Jumat, 27 Oktober 2017 - 06:00:57 WIB

Tindakan pemerintah sudah tepat, untuk meredam dan mencegah meluasnya polemik operasional RAPP saat ini, artinya pemerintah merespon positif aspirasi para tenaga kerja di perusahaan tersebut,” kata

Optimalkan Pengawasan, KPPU Kumpulkan Dinas Peternakan Se-Sumatera Utara

Selasa, 24 September 2019 - 11:32:27 WIB

“Sumut akan kita jadikan pilot project untuk pembentukan Satgas Kemitraan dan diharapkan dapat mengoptimalisasikan terkumpulnya data pelaku kemitraan serta terlaksananya pembinaan dan pengawasan ter