Ingat! Kendaraan Angkutan Penumpang Wajib Lolos Uji Kelaikan Keselamatan

Kamis, 08 Desember 2022 - 08:11:49 WIB
Ingat! Kendaraan Angkutan Penumpang Wajib Lolos Uji Kelaikan Keselamatan Ilustrasi
Madaniy.Com - Menjelang Penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 Masehi, BPTD IV Riau- Kepri melaksanakan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) pada 6-17 Desember 2022.
 
Ramp check akan dilakukan terhadap semua unsur moda transportasi yang berpengaruh terhadap keselamatan perjalanan masyarakat sesuai dengan ketentuan.
 
Ramp check terhadap sarana transportasi dilaksanakan di Terminal BRPS Pekanbaru dan Terminal Dumai yang dianggap strategis untuk melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan.
 
Ramp check difokuskan pada tiga unsur penting, yaitu administrasi, teknis, dan penunjang. Unsur administrasi meliputi SIM umum, STNK, surat tanda uji kelayakan (STUK), dan kartu pengawasan. 
 
 
Kemudian unsur teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, serta kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan. 
 
Untuk unsur penunjang, yang akan diperiksa adalah pengukur kecepatan (spidometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson. 
 
Apabila ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, sanksi berupa tindakan tilang dan dilarang beroperasi sudah menanti para pelanggar. 
 
Sedangkan jika ditemukan pelanggaran pada unsur penunjang, akan diberikan catatan untuk segera melengkapi dan memenuhi persyaratan yang kurang, baru boleh beroperasi.
 
Sementara Ramp Check terhadap angkutan kapal penyeberangan, jajaran BPTD IV Riau Kepri telah melaksanakannya pada bulan November 2022.
 
Kementerian Perhubungan melaksanakan ramp check kepada semua transportasi, baik darat, laut, udara, maupun kereta api, agar masyarakat dapat menggunakan moda transportasi dengan aman.***

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Danwing 6 Turut Donorkan Darah Pada Baksos Lanud Rsn di Desa Gema

Sabtu, 27 Juli 2019 - 11:39:17 WIB

Dan Wing 6 mengatakan, bahwa sekarang kita lihat sangat banyak pasien sangat yang membutuhkan darah akibat kecelakaan dan penyakit yang dideritanya, fenomena ini terlihat di rumah sakit-rumah sakit, b

Menhub RI Apresiasi Kinerja Penyidik BPTD IV Riau-KepriĀ 

Sabtu, 09 Februari 2019 - 09:27:09 WIB

Keberhasilan pemberkasan perkara tindak pidana modifikasi kendaraan hingga melahirkan yurisprudensi dari UU Nomor 22 Tahun 2009, Menteri Perhubungan memberikan penghargaaan khusus kepada penyidik BPTD

Suara Tembakan Terdengar Dari Lanud Roesmin Nurjadin, Rupanya Ini Penyebabnya!

Jumat, 28 Juni 2019 - 14:57:37 WIB

Suara desingan peluru melesat dari mulut senjata laras pendek, terdengar membahana dari Lanud Roesmin Nurjadin seakan berpacu dengan dentingan suara besi yang menyusulnya.

Astaghfirullah, Dalam Dua Hari Bertambah 1.666 Kasus Positif Covid-19

Kamis, 21 Mei 2020 - 20:01:34 WIB

Dalam dua hari terakhir Rabu-Kamis (20-21/05/2020) Pemerintah Indonesia mencatat peningkatan luar biasa kasus positif Covid-19 menjadi 1.666 kasus.

Waspadai Timbulnya Kebakaran

F-16 Lanud Rsn Terus Pantau Karhutla

Jumat, 27 Oktober 2017 - 06:18:29 WIB

Sebagai bagian dari Satgas Karhutla provinsi Riau, Lanud Roesmin Nurjadin terus melakukan upaya-upaya untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan di provinsi Riau, salah satunya adalah dengan

Antasari Sebut Hary Tanoe Diutus SBY Minta Aulia Pohan Tak Ditahan

Selasa, 14 Februari 2017 - 15:43:07 WIB

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar mengaku bahwa sekitar Maret 2009, dia pernah didatangi oleh CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo.