Pengabdian Mahasiswa KKN Unri 2022 di Tobekgodang

Literasi dan Numerasi Sebagai Agent of Change

Kamis, 28 Juli 2022 - 06:59:10 WIB
Literasi dan Numerasi Sebagai Agent of Change
Madaniy.Com - Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengerti dan memahami. Bicara mengenai Pendidikan tidak terlepas dengan masalah yang timbul seiring berjalannya proses pembelajaran. 
 
Masalah yang paling dominan terjadi pada siswa  yaitu kurangnya minat belajar, situasi ini hampir dialami oleh beberapa siswa di seluruh sekolah yang ada di Indonesia, minat belajar ini dapat disebabkan karena kurang tepatnya metode belajar. 
 
Dalam hal mengatasi masalah kurangnya minat belajar siswa tersebut, Tim Kukerta Balek Kampung UNRI 2022 dibawah bimbingan Dr. Davit Rahmadan yang beranggotakan sepuluh orang yang diketuai oleh Siti Haviza berkontribusi dalam upaya meningkatkan literasi dan numerasi. 
 
 
Adapun SDN 165 Pekanbaru menjadi sasaran dalam pelaksanaan kegiatan yang berlangsung pada 18 hingga 20 Juli 2022. 
 
Mahasiswa KKN memilih sasaran mengajar di kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6. Mereka menggunakan media pembelajaran dan alat peraga untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh Mahasiswa. 
 
Cara mengajar dengan bermain menjadi hal yang menarik sehingga banyak anak yang senang dan bahagia selama pembelajaran berlangsung.
 
Mahasiswa melakukan kegiatan Mengajar dimana pembelajaran yang dilakukan  dengan menerapkan beberapa metode yang inovatif. 
 
Kegiatan ini dapat membuat siswa lebih tertarik dan lebih memahami materi yang di berikan oleh mahasiswa.  
 
“Metode  yang kami lakukan yaitu, menyediakan media pembelajaran dan alat peraga, belajar sambil bermain, menghafal dengan bernyanyi dan memberikan reward pada anak-anak yang aktif.” Kata Siti Haviza Ketua Kelompok KKN, Rabu (20/07/22).
 
Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari pihak sekolah baik itu Kepala Sekolah SDN 165 Pekanbaru Raffles, M.Pd. dan seluruh tenaga pendidik di sekolah tersebut. 
 
“Dengan adanya kehadiran mahasiswa KKN Unri di Sekolah kami dapat memberi sebuah inovasi dalam strategi pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa-siswi”, kata Rafles.
 
 
Bentuk kemampuan dalam menganalisis, memahami, dan juga kemampuan menyelesaikan masalah dari situlah dapat terlihat bahwa anak mempunyai daya tangkap berbeda dalam setiap pembelajaran yang diterima, dengan menggunakan metode lain yang sesuai dengan karakter anak tersebut, dapat memudahkan anak un=tuk belajar sesuai dengan kemampuannya. 
 
Kepada media ini, Annisa dan Aura siswa dari kelas 4B di SDN 165 Pekanbaru mengatakan cara belajarnya seru, mudah dipahami dan maunya ketemu tiap hari.
 
Mereka juga turut mempraktekkan lagu yang berisikan materi belajar yang diciptakan oleh Mahasiswa KKN tentang Metamorfosis. 
 
Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan Cendramata berupa Pigura Foto bersama dan Ucapan Terimakasih serta penyerahan media belajar berupa pamflet dari Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau kepada Kepala Sekolah SDN 162 Pekanbaru.
 
Tim KKN Unri 2022 di Tobek Godang
 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Tak Ada Hari Libur Bagi Seluruh Personel Polda Riau Dua Minggu Ke Depan

Senin, 24 Mei 2021 - 13:08:20 WIB

Dua minggu ke depan, seluruh personel Polda Riau dipastikan akan bekerja nonstop tanpa hari libur. Semuanya diperintahkan untuk melaksanakan dukungan bagi percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayah Prov

Doakan Kesembuhan Gubri, Pontren Fataha Siak Gelar Istighosah

Kamis, 03 Desember 2020 - 21:09:13 WIB

Ratusan santri Pondok Pesantren Modern Fataha, menggelar Istighosah Kebangsaan mendoakan kesembuhan Gubenur Riau, Drs Syamsuar yang dinyatakan positif Covid-19.

Manajemen Hotel Labersa Dimintai Klarifikasi Terkait Pengaduan Karyawan

Rabu, 19 Januari 2022 - 10:34:28 WIB

Mediator Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau, Rinda Situmorang membenarkan pihaknya meminta klarifikasi manajemen Hotel Labersa, terkait dengan pengaduan karyawannya.

Kejar APBN, Gubri ke Bappenas

Kamis, 09 Februari 2017 - 06:48:14 WIB

Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman secara intensif melakukan kunjungan kerja ke berbagai instansi di tingkat pusat. Pada Rabu (8/2/2017), Gubri menemui Direktur Perencanaan dan Pengembang

Kami Sudah Lelah Menunggu Siak IV, Pak Gubernur!

Senin, 20 Maret 2017 - 17:07:35 WIB

"Pak Gubernur, kami sudah lelah menunggu jembatan Siak IV selesai. Kami ini orang kecil, ndak ngerti masalah politik. Yang kami butuhkan jembatan itu cepat selesai," kata Sugito (45) warga Tanjung Rhu

Dijamin Tak Ada Lagi Proyek Titipan di Pemprov Riau

Selasa, 28 Maret 2017 - 17:05:04 WIB

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang akrab disapa Andi Rachman, menjamin tak ada lagi proyek atau kegiatan titipan di Pemprov Riau.