Pertamina Bekali Operator SPBU Dengan Pelatihan Keselamatan Kerja

Rabu, 11 September 2019 - 11:12:44 WIB
Pertamina Bekali Operator SPBU Dengan Pelatihan Keselamatan Kerja Suasana pelatihan
Madaniy.Com – Faktor kesehatan dan keselamatan kerja (K3) menjadi fokus Pertamina dalam melaksanakan kegiatan operasi. Khusus di SPBU, penerapan standar operasi K3 menunjukkan tren positif dengan makin berkurangnya insiden. 
 
Hingga September 2019, di SPBU wilayah Sumut tidak tercatat insiden keselamatan kerja. Jumlah ini menurun dari tahun lalu yaitu 2 insiden.
 
“Sesuai data kami, 50 persen penyebab insiden K3 di SPBU adalah akibat faktor manusia. Berupa perilaku konsumen yang tidak aman saat melakukan pengisian BBM di SPBU, maupun ketidakpatuhan pada prosedur standar” kata Roby Hervindo, Unit  Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I.
 
Untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola K3 di SPBU, Pertamina memberikan pelatihan Aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE) dan Penanggulangan Kebakaran. 
 
Pelatihan dilaksanakan di kantor Pertamina MOR I sejak 2 hingga 12 September 2019. Sebanyak 540 operator dan pengawas SPBU di wilayah Sumut mendapatkan pemahaman teori dan praktek.
 
Pelatihan yang dilaksanakan berkala setiap tahun ini, memberi materi tentang Keselamatan Operasi Penerimaan, Penimbunan dan Penyaluran BBM di SPBU, Sistem Ijin Kerja Aman di SPBU serta Pemeliharaan Sarfas SPBU. 
 
Peserta juga mempraktekkan pengetahuan yang didapat dalam penanggulangan kebakaran hingga penggunaan alat pemadam api ringan. Pada kesempatan sama, dilakukan juga sosialisasi standar pelayanan SPBU "Pertamina Way". 
 
 
Sales Executive Pertamina MOR I, Toni Pradana, menyampaikan materi pada para operator dan pengawas di SPBU untuk memastikan kualitas pelayanan dan fasilitas yang ada di SPBU sesuai dengan standar.
 
"Standar "Pertamina Way" memiliki lima elemen, yaitu pelayanan staf yang terlatih dan bermotivasi, jaminan kualitas dan kuantitas, peralatan yang terawat, format fisik yang konsisten. Terakhir ada penawaran produk dan pelayanan bernilai tambah dengan operator yang selalu menerapkan salam, senyum, sapa," jelas Toni.
 
"Melalui pelatihan berkala ini, kami harap para operator makin sadar, terampil dan konsisten mengelola aspek K3 di SPBU. Serta makin percaya diri dalam mengajak konsumen untuk menerapkan aspek K3," tutup Roby.(diur)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Kampanye Hidup Sehat di Era Kebiasaan Baru

Bicycle Day, HANI dan Berbagi Meriahkan Momentum 20 Tahun Lion Air

Ahad, 28 Juni 2020 - 18:38:32 WIB

Komunitas pehobi sepeda (gowes) Lion Air Group Bike Community memulai kembali aktivitas bersepeda dengan menerapkan tatanan kehidupan dan kebiasaan baru (new normal).

Kenali Cara Beli Tiket Pesawat yang Tepat Saat Musim Lebaran

Sabtu, 25 Maret 2023 - 20:20:32 WIB

PGN Terus Ekspansi Tingkatkan Distribusi Gas Bumi

Selasa, 28 Februari 2017 - 06:04:11 WIB

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk terus melakukan ekspansi untuk meningkatkan distribusi gas bumi di Lampung. Pada tahun ini, PGN Lampung menargetkan untuk menambah 6 pelanggan industri dengan penjua

Dua Anak Usaha BUMN akan Masuk Pasar Modal pada 2017

Selasa, 24 Januari 2017 - 15:30:23 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengatakan 2017 mendatang pihak kementerian akan menjual saham perdana ke publik atau IPO dua anak usaha dari BUMN yakni PT Garuda Maintenance Fa

Industri Kehutanan Jangan Cari Alasan Lagi

Rabu, 26 April 2017 - 19:22:17 WIB

EoF menangkap adanya indikasi keberatan dari industri kehutanan dan kelapa sawit untuk segera mematuhi Peraturan terkait pengelolaan dan perlindungan gambut.

Terungkap, Bahwa Bank Riau Kepri Syariah Termasuk Badan Publik Yang Bandel

Kamis, 13 April 2023 - 00:26:57 WIB