A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_ACCEPT

Filename: helpers/text_helper.php

Line Number: 137

Status Masjid Raya Senapelan Turun Menjadi Struktur Budaya

Status Masjid Raya Senapelan Turun Menjadi Struktur Budaya

Selasa, 06 Maret 2018 - 15:25:29 WIB
Status Masjid Raya Senapelan Turun Menjadi Struktur Budaya Nurmatias, Kepala BPCB batusangkar
Pekanbaru, Madaniy.Com - Karena hanya menyisakan 20 persen bangunan asli, akhirnya status cagar budaya Masjid Raya Senapelan diturunkan menjadi struktur budaya.
 
Kepastian ini disampaikan Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Batusangkar, Nurmatias kepada Madaniy, ketika menemui Plt Gubernur Riau,Selasa (6/3/2018).
 
"Bangunan kebanggaan warisan Kesultanan Siak itu hanya tersisa 20 persen saja, makanya statusnya kita turunkan," kata Nurmatias.
 
Pihak pelaksana revitalisasi bangunan cagar budaya ini diakui Nurmatias tidak pernah berkoordinasi dengan pihaknya selaku perwakilan pemerintah pusat.
 

Nurmatias, Kepala BPCB Batusangkar
 
"Memang ada pelanggaran dalam hal ini, namun kami tidak ingin membahas persoalan ini ke belakang, karena banyak sekali pelanggaran," katanya.
 
Penurunan status cagar budaya ini merupakan opsi yang diberikan pemerintah kepada masyarakat Riau, agar polemik ini tidak berkepanjangan.
 
"Kita masih menunggu keputusan menteri, terkait status terakhir masjid Raya Senapelan ini," kata Nurmatias.
 
Ke depan, Kepala BPCB Batusangkar berharap, Pemerintah Provinsi Riau agar benar-benar menjaga dan memelihara keutuhan seluruh cagar budaya yang masih tersisa.
 
"Ada seratus lebih cagar budaya yang diakui pusat, terdapat di wilayah Provinsi Riau ini," ungkapnya.
 
Yuki Chandra

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

AJI Sesalkan Regulasi Ancam Kerja Jurnalis

Sabtu, 21 Januari 2017 - 08:37:21 WIB

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menyebut 2016 sebagai tahun yang berbahaya bagi jurnalis di Indonesia. Selain masih banyaknya kasus kekerasan terhadap awak media, terdapat pula regulasi yang justru

Gempa Berkekuatan 4,9 SR Guncang Malang Hingga Bali

Rabu, 08 Februari 2017 - 07:08:37 WIB

Gempa bumi berkekuatan 4,9 Skala Richter (SR) mengguncang beberapa wilayah Jawa Timur bagian selatan. Situs resmi BMKG, Rabu (8/2), menyebutkan gempa terjadi pada Rabu pukul 00.21.49 WIB.

Pasir Pangaraian Titik Terjun Prajurit Yonko 462 Paskhas

Rabu, 01 Februari 2017 - 15:22:00 WIB

Ratusan prajurit Batalyon Komando 462 Paskhas “Pulanggeni” melaksanakan latihan Terjun Penyegaran (Jungar) Statik dan Free Fall di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pangaraian Kabupaten Rokan Hulu, Ra

Dewan Pers Targetkan Tahun 2018 Semua Media Massa Terverifikasi

Selasa, 07 Februari 2017 - 05:46:49 WIB

"Ini baru babak pertama. Awal Maret kita bergerak lagi, Dewan Pers lanjut untuk memverifikasi. Ada ribuan media massa yang semuanya harus terverifikasi. Targetnya 2018 selesai semua," tegas Hendry.

Berpikir Positif Tentang Kebijakan Trump

Sabtu, 21 Januari 2017 - 06:38:37 WIB

Banyak bankir Eropa mengantisipasi reaksi Trump yang akan menetapkan tarif hukuman pada impor Cina. Hal itu bisa memicu permasalahan dalam ekonomi dunia.

Penjarakan Pengusaha Perambah Hutan Kata Anggota DPRD Riau Ini

Selasa, 21 Maret 2017 - 19:05:33 WIB

"Dalam satu sampai dua tahun ini, saya yakin akan ada pengusaha perambah hutan yang akan masuk penjara," kata Asri Auzar Ketua Pansus RTRW DPRD Provinsi Riau dalam Diskusi Masa Depan Hutan Riau, yang