Kampuspreneur Tantang Mahasiswa Berwirausaha di Tengah Corona

Rabu, 15 Juli 2020 - 12:11:05 WIB
Kampuspreneur Tantang Mahasiswa Berwirausaha di Tengah Corona Ilustrasi
adaniy.Com - Memulai wirausaha saat perlambatan ekonomi akibat pandemi, bagi kebanyakan orang bukan kondisi yang ideal. Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Prof. Rully Indrawan, memprediksi 70 persen UMKM di Indonesia menurun pendapatannya gegara pandemi.
 
Namun buat mereka yang kreatif melihat peluang, lincah beradaptasi, dan tak mudah patah arang, krisis tak jadi halangan dalam berwirausaha. Hal itu disampaikan Arya Dwi Paramita, Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), saat membuka ajang Kampuspreneur melalui aplikasi Zoom, Selasa (14/07).
 
"Pertamina punya perhatian besar pada pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM. Selama pandemi misalnya, kami memanfaatkan produk-produk UMKM mitra binaan untuk bantuan CSR senilai lebih dari tujuh milar rupiah. Kampuspreneur ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong kawan-kawan kampus khususnya di Universitas Islam Riau untuk berani berwirausaha, adaptif dan tahan banting," ujar Arya.
 
Lewat program kolaborasi Pertamina dengan Universitas Islam Riau (UIR) ini, lanjut Arya, mahasiswa dan mahasiswi UIR pertama diberi pembekalan mengenai kewirausahaan. Baik dari sisi motivasi, maupun dari sisi keilmuan berwirausaha. Selanjutnya, para entrepreneur kampus akan mendapat dukungan pendanaan dan mentoring untuk berwirausaha.
 
Senada dengan Arya, Wakil Rektor III UIR, Ir. H. Rosyadi, M.Si, dalam sambutannya mendorong mahasiswa dan mahasiswi UIR untuk berpartisipasi aktif dalam Kampuspreneur. "Mahasiswa mahasiswi mesti merubah pola pikir, menjadi pencipta lapangan kerja. Bukan lagi menjadi pencari lowongan kerja. Ini sudah dirintis UIR dengan mengadakan mata kuliah kewirausahaan bagi mahasiswa mahasiswi," kata Rosyadi.
 
Rangkaian Kampuspreneur dilaksanakan melalui pembekalan kelas webpreneur secara daring melalui aplikasi Zoom. Kemudian dilanjutkan kompetisi proposal bisnis wirausaha bagi mahasiswa mahasiswi. Proposal-proposal terbaik akan memperoleh bantuan pendanaan senilai 10 juta rupiah. Mereka juga akan mendapatkan mentoring selama dua bulan, untuk memastikan wirausahanya berjalan baik.
 
Pembekalan kelas webpreneur, diisi oleh narasumber pengusaha muda yang sukses merintis bisnis meski jatuh bangun, Danu Sofwan. Ia berbagi pengalaman merintis bisnis Raja Cendol dengan bermodalkan 300 ribu rupiah. Meski awalnya diremehkan, melalui berbagai tantangan, Danu sukses membangun bisnisnya hingga kini memiliki ratusan outlet.
 
Ari Pristiana Dewi, dosen Universitas Riau dan penulis buku, membagikan ilmu berwirausaha yang dapat diterapkan. Sehingga diharapkan para mahasiswa mahasiswi calon entrepreneur dapat membangun bisnis wirausaha dengan konsep yang matang.
 
Pembekalan kelas webpreneur diikuti hampir seratus peserta dari UIR. Para peserta antusias berinteraksi dengan narasumber. Mereka juga mendapat beragam hadiah berupa voucher produk Pertamax dari Pertamina.
 
Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I selama tahun 2020 ini telah memberikan dukungan permodalan dan pembinaan wirausaha kepada 37 pelaku UMKM di Riau. Dana permodalan bergulir yang disalurkan bagi pelaku UMKM Riau mencapai nilai 2,2 miliar rupiah.*
 
Sumber: Humas MOR I

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Pertamina Bekali Operator SPBU Dengan Pelatihan Keselamatan Kerja

Rabu, 11 September 2019 - 11:12:44 WIB

Faktor kesehatan dan keselamatan kerja (K3) menjadi fokus Pertamina dalam melaksanakan kegiatan operasi. Khusus di SPBU, penerapan standar operasi K3 menunjukkan tren positif dengan makin berkurangnya

Pasar Ffinansial Global Terimbas Kebijakan Trump

Rabu, 01 Februari 2017 - 18:00:32 WIB

Pasar finansial global melemah, salah satunya penyebabnya diyakini adalah kebijakan imigirasi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang juga membuat banyak pihak segera berpikir ulang terkait de

Cuaca Buruk, Kapal Motor Pengangkut BBM Tenggelam

Rabu, 11 September 2019 - 13:58:41 WIB

Malangnya, RP, kapten kapal PMB VI sempat terjebak di dalam kapal. Ketika ditemukan, kapten kapal telah meninggal dunia.

Terancam Dikriminalisasi AMB Tolak Kehadiran RRL

Senin, 30 Januari 2017 - 19:18:54 WIB

“Kehadiran PT RRL mempengaruhi psikologi masyarakat, kami menjadi tidak tenang saat berkebun, karena kebunlah satu-satunya sumber penghidupan kami,”kata Tarmizi, 45 tahun warga Desa Bantan Timur

Cost Recovery Migas Berakhir, Berganti Gross Split Katanya Lebih Baik

Jumat, 03 Februari 2017 - 07:03:53 WIB

Demi mewujudkan energi yang berkeadilan di Indonesia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerapkan skema Gross Split, untuk perhitungan bagi hasil kontrak pengelolaan wilayah kerja Min

Hadapi Bulan Ramadhan, Satgas Pertamina Siaga COVID-19

Selasa, 21 April 2020 - 19:59:17 WIB

Memasuki bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2020, Pertamina memastikan kebutuhan masyarakat termasuk Provinsi Riau akan energi tercukupi, meskipun di tengah mewabahnya COVID-19.