Optimalisasi Pelayanan, Kepala BPTD IV Riau-Kepri terima Kunjungan Ombudsman RI Perwakilan Riau

Jumat, 10 Februari 2023 - 12:28:30 WIB
Optimalisasi Pelayanan, Kepala BPTD IV Riau-Kepri terima Kunjungan Ombudsman RI Perwakilan Riau Suasana silaturahim Ombudsman RI Perwakilan Riau dengan Kepala BPTD IV Riau - Kepri

Madaniy.Com - Standar penyelenggaraan pelayanan kepada pengguna jasa pelabuhan penyeberangan menjadi topik utama pada pertemuan Kepala BPTD IV Riau-Kepri dengan Ombudsman RI Perwakilan Riau.

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat BPTD IV Riau-Kepri tersebut, merupakan tugas Ombudsman RI dalam memastikan penyelenggaraan pelayanan yang dilaksanakan instansi pemerintah, Kamis (09/02/2023).

"Ini kedatangan pertama kami dari Ombudsman Perwakilan Riau kekantor BPTD IV, mudah-mudahan relasi ini akan tetap terjalin, untuk bersinerji meningkatkan pelayan publik," kata Agung Aprianto.

Dijelaskan Agung, salah satu tugas Ombudsman adalah menerima aduan masyarakat dan pencegahan maladministrasi pelayanan publik, momentum ini kesempatan bagi Ombudsman mendapatkan penjelasan langsung dari BPTD IV, mengenai penyelenggaraan pelayanan publiknya.

Pada kesempatan ini, Kepala BPTD IV Riau-Kepri - Yugo Antoro menjelaskan tugas dan fungsi BPTD IV, khususnya dalam menyelenggarakan pelayanan di satuan pelayanan pelabuhan penyeberangan.

"Di setiap Pelabuhan Penyeberangan, dalam kapasitas sebagai Syahbandar BPTD IV berwenang penerbitan persetujuan berlayar, bagi setiap kapal penyeberangan," kata Yugo.

DIjelaskan, selain tugas sebagai syahbandar, ada peran penting lainnya yang terintegrasi dalam sistem pelayanan, yakni operator pelabuhan, operator kapal dan regulator sebagai pengawas.

"Fungsi pengawasan inilah yang melekat pada staf BPTD, dan semuanya mengacu pada standar pelayanan minimum  angkutan penyeberangan," katanya.

Peran-peran yang dimiliki masing-masing pihak inilah yang menyatu dalam sistem penyelenggaraan pelayanan, dalam hal ini BPTD tentunya menyesuaikan pada situasi di masing-masing pelabuhan.

"Seperti di pelabuhan penyeberangan Sei Selari, tugas dan fungsi jajaran BPTD IV hanyalah sebagai regulator, sementara Operator Pelabuhan dan Kapal, berbeda," jelas Yugo.

Usai pertemuan Kepala BPTD IV Riau-Kepri - Yugo Antoro mengungkapkan kegembiraannya beserta jajaran ketika menerima kunjungan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Riau yang dipimpin Bapak Agung Aprianto dan rombongan.

"Banyak masukan dan supporting yang kita terima dari Ombudsman RI Perwakilan Riau, kami dari BPTD IV semakin termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," kata Yugo Antoro,

Rls


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Apel Kesiapan Siaga Darurat Karhutla

Gubri: Kita Tidak Akan Main-main Lagi!

Jumat, 03 Februari 2017 - 11:50:25 WIB

Kita siap tempur, kita tidak akan main-main lagi (dalam pencegahan karhutla-red)," kata Andi Rachman, sapaan akrab Gubri di halaman kantor Gubernur Riau, Jumat (3/2).

Status Masjid Raya Senapelan Turun Menjadi Struktur Budaya

Selasa, 06 Maret 2018 - 15:25:29 WIB

Karena hanya menyisakan 20 persen bangunan asli, akhirnya status cagar budaya Masjid Raya Senapelan diturunkan menjadi struktur budaya.

Komandan Skadron Udara 12 dan 16 Berganti Sekaligus

Jumat, 06 April 2018 - 15:04:30 WIB

Jabatan Danskadron Udara 12 diserahterimakan dari Letkol Pnb Adhi Safarul “Saffron” Akbar kepada Letkol Pnb Asri Efendi “Flogger” Rangkuti, sedangkan jabatan Danskadron Udara 16 diserahterimak

Jelang Puncak HUT TNI AU, Lanud Rsn Gelar Doa Bersama

Jumat, 05 April 2019 - 16:19:59 WIB

Lanud Roesmin Nurjadin gelar doa bersama dalam rangka peringatan HUT ke-73 TNI Angkatan Udara yang diperingati pada tanggal 9 April 2019. Kamis (4/4/19).

Wow...!! Prajurit Lanud Rsn Ramai Turun ke Sawah

Jumat, 10 Maret 2017 - 20:06:33 WIB

Warga Lanud Roesmin Nurjadin dan anggota kelompok tani Mustang melaksanakan tanam padi perdana di lahan persawahan Lanud Rsn, Jum’at (10/3), dipimpin Danlanud Marsma TNI Henri Alfiandi bersama Ketua

Integrasi Perencanaan dan Penganggaran Optimalkan Hasil Pembangunan

Jokowi: Jangan Hanya Sebatas Label!

Selasa, 31 Januari 2017 - 20:15:37 WIB

"Jangan hanya sebatas label, diberi label money follow program, tetapi dalam praktiknya tetap money follow function," tegas Presiden Joko Widodo.