Peminat Bersepeda Melonjak Selama Pandemi, Ini Kata Budi Setiyadi

Jumat, 26 Juni 2020 - 21:55:51 WIB
Peminat Bersepeda Melonjak Selama Pandemi, Ini Kata Budi Setiyadi Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi
Madaniy.Com - Belakangan ini, terjadi tren lonjakan pengguna sepeda yang mulai menjamur selama pandemi di kota-kota besar. Kondisi faktual ini menjadi perhatian khusus Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi.
 
Bahkan pembahasan regulasi seputar penggunaan sepeda juga sempat diangkat dalam konferensi pers Dirjen Hubdat yang berlangsung secara daring, Jumat (26/06/2020).
 
“Kecenderungan penggunaan sepeda di Indonesia lebih digunakan sebagai olahraga dan untuk gaya hidup kemudian berkumpul dengan komunitasnya dan sebagainya," kata Dire
 
Ditambahkan Budi, dirinya belum melihat dalam jumlah besar di Indonesia bahwa sepeda digunakan untuk pergerakan dari satu tempat ke tempat lain atau sepeda rutin dipakai untuk kegiatan sehari-hari, meski sudah ada namun masih termasuk sedikit. 
 
"Kalau di wilayah DKI Jakarta kita lihat kini sudah ada infrastrukturnya, makanya kalau dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat akan menyiapkan infrastruktur untuk sepeda, saya bersyukur sekali. Kita akan terus mendorong penggunaan sepeda,” jelas Dirjen Budi.
 
Dirjen Budi membahas bahwa klasifikasi sepeda dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, termasuk dalam kategori kendaraan tidak bermotor. 
“Biasanya seperti ini diatur oleh peraturan daerah, jadi saya akan mendorong kepada pemerintah daerah untuk mengatur penggunaan sepeda ini minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan,” kata Dirjen Budi.
 
Terlepas dari adanya rencana untuk merevisi UU 22/2009 tersebut, menurut Dirjen Budi, ia sangat setuju untuk mengatur penggunaan sepeda. 
 
“Apakah nanti dengan Peraturan Menteri atau dengan Peraturan Daerah di bawah Bupati/Walikota atau Gubernur, yang terpenting penggunaan sepeda ini akan ada regulasi yang mengatur ke depannya,” ujarnya.***
 
Sumber: Humas Hubdat

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

DPR Minta Menkes Jelaskan Data Kebutuhan Vaksin Baru

Selasa, 31 Januari 2017 - 12:08:40 WIB

Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi menegaskan Indonesia jangan menjadi percontohan industri vaksin baru. Setiap tahun memang akan selalu ditemui virus baru yang tentu membutuhkan penang

Bupati Tak Memahami Rekomendasi DPRD Kabupaten Bengkalis

Kamis, 02 Februari 2017 - 17:40:55 WIB

Bupati Bengkalis menolak untuk mengeluarkan rekomendasi meminta MenLHK mencabut izin PT. Rimba Rokan Lestari.

Danlanud Rsn: Kami Sangat Senang Dikunjungi Oleh Bupati Siak

Rabu, 05 Desember 2018 - 12:46:30 WIB

Bupati Siak Drs.Syamsuar Gubernur Riau terpilih periode 2019-2024 mengunjungi Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin Selasa (4/12/18).

Dalam Dua Minggu Perkara Perubahan Dimensi Kendaraan Bakal Disidangkan

Jumat, 11 Januari 2019 - 16:51:46 WIB

Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) perkara modifikasi kendaraan bermotor, dari Kejaksaan Negeri Pekanbaru optimis akan bisa menyidangkan kedua tersangka dalam dua minggu.

Laksanakan Gakkum ODOL, BPTD IV Turunkan Peralatan Pengujian Kendaraan

Rabu, 04 Maret 2020 - 08:49:12 WIB

Memasuki hari kedua pelaksanaan Operasi Penegakan Hukum Over Dimensi dan Over Loading (Gakkum ODOL) Gabungan, jajaran BPTD IV menurunkan dukungan penuh peralatan pengujian.

Komisi I DPR Minta Masalah Pengadaan Heli tak Berkepanjangan

Selasa, 07 Februari 2017 - 22:18:15 WIB

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Panglima TNI berkonsolidasi untuk menyelesaikan masalah pengadaan helikopter Agusta Westland (AW) 101.