Peminat Bersepeda Melonjak Selama Pandemi, Ini Kata Budi Setiyadi

Jumat, 26 Juni 2020 - 21:55:51 WIB
Peminat Bersepeda Melonjak Selama Pandemi, Ini Kata Budi Setiyadi Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi
Madaniy.Com - Belakangan ini, terjadi tren lonjakan pengguna sepeda yang mulai menjamur selama pandemi di kota-kota besar. Kondisi faktual ini menjadi perhatian khusus Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi.
 
Bahkan pembahasan regulasi seputar penggunaan sepeda juga sempat diangkat dalam konferensi pers Dirjen Hubdat yang berlangsung secara daring, Jumat (26/06/2020).
 
“Kecenderungan penggunaan sepeda di Indonesia lebih digunakan sebagai olahraga dan untuk gaya hidup kemudian berkumpul dengan komunitasnya dan sebagainya," kata Dire
 
Ditambahkan Budi, dirinya belum melihat dalam jumlah besar di Indonesia bahwa sepeda digunakan untuk pergerakan dari satu tempat ke tempat lain atau sepeda rutin dipakai untuk kegiatan sehari-hari, meski sudah ada namun masih termasuk sedikit. 
 
"Kalau di wilayah DKI Jakarta kita lihat kini sudah ada infrastrukturnya, makanya kalau dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat akan menyiapkan infrastruktur untuk sepeda, saya bersyukur sekali. Kita akan terus mendorong penggunaan sepeda,” jelas Dirjen Budi.
 
Dirjen Budi membahas bahwa klasifikasi sepeda dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, termasuk dalam kategori kendaraan tidak bermotor. 
“Biasanya seperti ini diatur oleh peraturan daerah, jadi saya akan mendorong kepada pemerintah daerah untuk mengatur penggunaan sepeda ini minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan,” kata Dirjen Budi.
 
Terlepas dari adanya rencana untuk merevisi UU 22/2009 tersebut, menurut Dirjen Budi, ia sangat setuju untuk mengatur penggunaan sepeda. 
 
“Apakah nanti dengan Peraturan Menteri atau dengan Peraturan Daerah di bawah Bupati/Walikota atau Gubernur, yang terpenting penggunaan sepeda ini akan ada regulasi yang mengatur ke depannya,” ujarnya.***
 
Sumber: Humas Hubdat

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Kita Rayakan Pelantikan Presiden Dengan Sukacita Kata Kapolda Sumut

Selasa, 15 Oktober 2019 - 19:06:13 WIB

“Pelantikan (Presiden-red) nanti harus kita rayakan dengan penuh suka cita. Hilangkan rasa perbedaan mari kita kuatkan rasa persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Buktikan Komitmen Kepada Masyarakat, DPD BAPERA Riau Taja Vaksinasi Tahap Dua

Jumat, 17 Desember 2021 - 17:12:50 WIB

Dewan Pengurus Daerah Barisan Pemuda Nusantara (DPD BAPERA) Provinsi Riau kembali membuktikan komitmennya kepada masyarakat dengan menaja Vaksi Kedua di Sekretariat Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru.

Hawk 100/200 dan F16 Kembali Latihan Terbang Malam

Selasa, 25 September 2018 - 12:42:12 WIB

Desingan suara Hawk 100/200 dan F16 kembali mewarnai langit Pekanbaru, pada malam hari, sejak Senin (24/9/2018) hingga Rabu (26/9/2018).

Lima Institusi Siap Saling Bersinerji dengan Pengda IOF Riau

Jumat, 30 Agustus 2019 - 11:29:39 WIB

Menjelang pelantikan pengurus baru Pengda Indonesia Offroad Federasi (IOF) menunjukkan keseriusannya dengan melakukan roadshow ke Pelindung dan Pembinanya.

Gubri Ajak Gebu Minang Membangun Ekonomi Riau Bersama

Selasa, 28 Maret 2017 - 06:05:01 WIB

Di tengah kesibukannya, Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman masih menyempatkan hadir pada pembukaan “Gebu Minang” atau Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang sekaligus Hut ke-17 Ikatan Kelua

Dominasi Ego Daerah

Perilaku ASN Berpotensi Hancurkan Negara (2)

Jumat, 10 Maret 2017 - 14:26:22 WIB

Pembangunan di Provinsi Riau sudah menjadi tanggungjawab bersama, antara pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota dan masyarakat.