Sumbar Sudah Memulai Sejak 1980an, Sementara Riau Belum Juga Berbuat

Sabtu, 04 Maret 2023 - 13:05:08 WIB
Sumbar Sudah Memulai Sejak 1980an, Sementara Riau Belum Juga Berbuat AZ Fachryi Yasin (tengah)

Madaniy.Com - Infrastruktur jalan di Sumatera Barat yang sering dijadikan sebagai pembanding dalam setiap diskusi kondisi infrastruktur jalan di Riau, dijawab AZ Fachri Yasin.

"Sumbar sudah mempersiapkan infrastruktur jalannya sejak tahun 1980an, kebetulan saya mengetahuinya kebijakan tersebut dari staf Bappeda Sumbar," kata Fachri Yasin.

Ditambahkan Fachri, makanya saat ini Sumbar memiliki infrastruktur jalan yang bagus hingga ke pedesaan, sementara pemerintah daerah di Riau sama sekali belum berbuat sama sekali.

"Kalau diamati dari data yang ada, pemerintah daerah dan legislatif di Riau tak peduli dengan infrastruktur jalan sejak dulu, hal ini terungkap nyata dalam alokasi anggaran pada APBD," kata Fachri.

Sejalan dengan itu, masyarakat juga tak punya rasa tanggung jawab untuk menuntut haknya, agar pemerintah daerah memperhatikan hal ini.

Tanggapan ini disampaikan Fachri Yasin pada Diskusi Ngopi Malam yang diinisiasi SIJARI, dengan mengangkat topik Jalan Kita Rusak Sampai Kapan? bertempat di Wareh Kupie, Pekanbaru, Jumat (03/30/2023).

Bahkan ditambahkan Fachri, bahwa setiap tahunnya Pemerintah Provinsi Riau hanya menganggarkan biaya perawatan jalan yang hanya cukup bagi puluhan kilometer saja.

"Kalau dihitung, akan dibutuhkan waktu selama 38 tahun hanya untuk memperbaikin 2.799 km jalan provinsi yang ada," ungkapnya.

Fachri menjelaskan, sangat disayangkan jika membandingkan infrastruktur jalan di Riau dengan Sumbar, karena kita tidak mengetahui latar belakangnya.

"Jika ingin membenahi hal ini, kita masyarakat harus bersama mendorong pemerintah daerah dan legislatif untuk menerbitkan kebijakan yang berpihak kepada kebutuhan kita bersama ini," tegasnya.***
 


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Soal Sengketa Lahan Masyarakat-Perusahaan

DPD RI Siap Fasilitasi Bupati Bengkalis ke Menteri LHK

Senin, 20 Februari 2017 - 11:24:07 WIB

Anggota DPD RI asal Riau Intsiawati Ayus menyanggupi untuk memfasilitasi pertemuan anatra Bupati Bengkalis dengan Menteri LHK untuk membicarakan Rekomendasi Hasil Temuan Pansus Monitoring Lahan DPRD B

Penting Penanaman Kesadaran Lingkungan Sejak Dini

Rabu, 01 Februari 2017 - 16:41:27 WIB

Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau sejak tahun 1998, telah menimbulkan banyak kerugian bagi masyarakat. Tidak hanya dari aspek ekonomi, kesehatan dan pemerintahan, bahkan telah merusak tatanan

Sulfiana: Ketersediaan Pangan Penting Untuk Perempuan dan Anak

Jumat, 18 Oktober 2019 - 14:10:35 WIB

"Ketersediaan pangan bagi perempuan dan anak menempati posisi penting. Sebab, ketersediaan pangan berpengaruh pada kesehatan dan masalah gizi," kata Endang Sulfiana.

90 Dosen dan Pegawai UIR Ikuti Workshp Pembinaan Keislaman LDIK

Selasa, 06 Maret 2018 - 15:37:13 WIB

0 dosen dan pegawai Universitas Islam Riau mengikuti Workshop Pembinaan Keislaman yang diselenggarakan Lembaga Dakwah Islam Kampus (LDIK).

Cegah Penularan Covid-19, Terhitung 3 April Angkutan Umum Wajib Masuk Terminal Dumai

Rabu, 01 April 2020 - 13:56:57 WIB

Pemerintah Kota Dumai mewajibkan seluruh angkutan penumpang umum di Kota Pelabuhan ini untuk masuk Terminal Tipe A (TTA) Dumai, terhitung tanggal 3 April 2020.

Lulusan UIN Suska Hendaknya Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Kamis, 02 Maret 2017 - 01:47:21 WIB

Lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau diharapkan mampu menjadi para wiraswastawan atau wiraswastawati.