Bangun Desa Sebagai Basis Ketahanan Wilayah

Sabtu, 21 Januari 2017 - 06:12:44 WIB
Bangun Desa Sebagai Basis Ketahanan Wilayah

Jakarta - Madaniy.Com - Kehadiran Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) disebut bukan sekedar menghadirkan bangunan fisik. Namun juga membangun semangat gotong royong, meningkatnya kepedulian sosial, dan yang terpenting,  membangun desa sebagai basis ketahanan wilayah menuju ketahanan nasional.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan program TMMD merupakan ciri dan budaya bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.

“Pelaksanaan TMMD harus dapat memberi nilai tambah dalam prestasi kerja dan terbangunnya kondisi sosial, wawasan kebangsaan, ketahanan masyarakat serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” ujarnya seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Republika.co.id, di Jakarta, Sabtu (21/1).

Menurutnya, diperlukan sistem komunikasi sosial dengan masyarakat desa, agar pembangunan di desa dapat terlaksana dengan cepat sesuai harapan rakyat.

Lebih lanjut, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, sejalan dengan meningkatnya keinginan Pemerintah Daerah (Pemda), Kabupaten dan Kota untuk dilaksanakan TMMD di wilayahnya, maka pelaksanaan TMMD yang selama ini dilaksanakan dua kali setahun di tingkatkan menjadi tiga kali setahun.

“Selama TMMD para prajurit saya perintahkan tidur di rumah penduduk, kemudian uang lauk pauknya dimasak dan dimakan bersama penduduk dimana prajurit tersebut tinggal,  dari situ diharapkan terjalin kekeluargaan dan persaudaraan dengan masyarakat,” ungkapnya.

Panglima juga mengatakan dalam pelaksanaan TMMD  tidak keluar dari tujuan dan semangatnya. Kedua, keberhasilan TMMD bukan bangunan fisik semata, tetapi yang lebih penting adalah dampak positif dari pelaksanaan itu. Ketiga, pelaksanaan TMMD dimaknai sebagai program yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Keempat,  evaluasi hasil TMMD sebelumnya untuk dapat meningkatkan dan mencapai hasil yang optimal pada pelaksanaan TMMD yang akan datang. Kelima, laksanakan TMMD dengan niat ingin untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Sumber: Republika.Com


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Danlanud Rsn Sambut Kedatangan Menko Kemaritiman di VIP Lancang Kuning

Rabu, 16 Januari 2019 - 10:32:54 WIB

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka turut menyambut kedatangan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarief Kasim II Pekanbaru, S

Danlanud Roesmin Nurjadin Irup Peringatan HUT TNI ke-73 di Riau

Jumat, 05 Oktober 2018 - 15:44:07 WIB

Dalam upacara yang dilaksanakan di Main Appron Base Ops Lanud Rsn, Jumat (5/9/2018) Danlanud membacakan Amanat Panglima TNI.

Aktif Gelar Donor Darah Lanud Rsn Dapat Penghargaan

Kamis, 06 April 2017 - 15:03:31 WIB

PMI Kota Pekanbaru memberi penghargaan kepada Lanud Roesmin Nurjadin terkait dengan partisipasi aktifnya dalam kegiatan donor darah.

Casis Bintara PK Lanud Roesmin Nurjadin Laksanakan Tes Psikologi

Selasa, 28 Agustus 2018 - 12:34:09 WIB

Sebanyak 56 Calon Siswa (Casis) Bintara Prajurit Karier (PK) TNI AU T.A. 2018 mengikuti Tes Psikologi bertempat di ruang kelas Sekolah Dasar (SD) Angkasa Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (28/8).

The "Gangster" Gantikan Kolonel Pnb Azhar Menjabat Danwing 6

Rabu, 15 Agustus 2018 - 18:23:10 WIB

Hanya berselang beberapa hari menyusul berakhirnya masa tugas Kolonel Pnb Azhar Aditama, Kolonel Pnb M Yani Amrullah resmi menjabat Dan Wing Udara 6.

Danlanud Rsn Turunkan Personil Pada Bakti Sosial Kesehatan HUT Bhayangkara

Jumat, 28 Juni 2019 - 11:26:47 WIB

Dipimpin langsung Komandan Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, puluhan personil TNI AU turut berpartisipasi pada Bhakti Sosial Kesehatan Polri menyambut HUT Bhayangkara ke