Jabat Danlanud Rsn, Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka Bicara Lanud Strategis dan Pantun

Selasa, 31 Juli 2018 - 11:40:31 WIB
Jabat Danlanud Rsn, Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka Bicara Lanud Strategis dan Pantun Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka, Danlanud Roesmin Nurjadin menggantikan Marsma TNI TBH Age Wiraksosno
Lanud Roesmin Nurjadin dimata Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka, adalah Lanud strategis bagi TNI AU, dan di Riau dirinya berkesempatan belajar tentang 'pantun', apa komentar peraih Adhi Makayasa 1992 ini? Berikut petikan wawancaranya. 
 
Hari Selasa (31/7/2018) Anda resmi menjabat sebagai Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, bagaimana perasaannya?
Pertama saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan TNI AU, yang telah mempercayakan kepada saya untuk memimpin Lanud Roesmin Nurjadin. 
 
Apa pendapat Anda tentang Lanud Roesmin Nurjadin?
Lanud Roesmin Nurjadin adalah Lanud yang sangat strategis bagi TNI Angkatan Udara. Pangkalan ini memiliki beberapa skadron tempur, yakni Skadron 12 pesawat Hawk 100/200 dan Skadron 16 pesawat F-16, dengan support dari Skadron Teknik 45 dan dukungan Batalyon 462 Paskhas.
 
Bisa dijelaskan nilai strategis tersebut?
Dikatakan strategis, selain mengoperasikan alutsista yang cukup canggih, posisi Lanud ini secara geografis berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Singapura. 
 
Maksud Anda?
Dengan kondisi itu, Lanud ini memiliki tugas-tugas yang khusus selain dari tugas rutin sebagai prajurit angkatan udara, dan tentunya siap menjalankan tugas-tugas khusus dari pimpinan TNI.
 
Apa konsekwensi dari tugas khusus tersebut?
Kita sebagai prajurit tentunya harus siap dengan segala kemungkinan yang ada, tentunya dengan kepercayaan pimpinan kami akan mempersiapkan kemampuan prajurit untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, baik itu tugas-tugas lintas negara dan terutama tugas-tugas dalam menjaga kedaulatan NKRI.
 
Selain dengan penguatan ketugasan, apa yang akan Anda lakukan ke depan?
Saya akan meneruskan garis kebijakan pimpinan sebelumnya, menyelesaikan hal dan kegiatan yang masih berjalan hingga tuntas. 
 
Bisa dijelaskan?
Tentunya sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan di Lanud, kami akan berusaha meneruskan kebijakan tersebut hingga mencapai tujuannya.
 
 
Seberapa optimisnya Anda?
Tentunya dengan motto Lanud Roesmin Nurjadin yakni Lanud Andalan, Unggul, Berhasil dan Terus Maju, kami akan bersama-sama untuk mencapai tujuan tersebut.
 
Kalau rencana eksternal, khususnya masyarakat Riau?
Selain dari fungsi pertahanan udara, Lanud juga mempuyai fungsi untuk mengembangkan pembinaan potensi olahraga dirgantara, atau disebut juga pembinaan teritorial. Dimana sebagai Danlanud secara otomatis menjabat Ketua FASI daerah, ex officio.
 
Apa rencana Anda?
Kita akan optimalkan pembinaan terhadap bibit-bibit dan generasi muda yang memiliki minat pada olahraga dirgantara. Kita wadahi mereka untuk kita kembangkan kemampuannya. Kita berharap dari Riau akan lahir atlet-atlet dirgantara nasional, yang akan mengharumkan nama Riau ke depan.
 
Apa yang Anda ketahui tentang Riau?
Baru beberapa kali saya berkesempatan berkunjung ke Riau, namun satu hal yang pasti adalah 'pantun', saya masih harus banyak belajar tentang 'pantun", karena di setiap acara disini selalu dibuka dan ditutup dengan 'pantun'.
 
Ditulis oleh Yuki Chandra

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Innalillahi, Mantan Sekjen PKS Taufik Ridho Meninggal Dunia

Senin, 06 Februari 2017 - 06:37:18 WIB

Mantan Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Taufik Ridho meninggal dunia pada usia 52 tahun pada Senin (6/2) dini hari di Jakarta.

Lanud Rsn Terus Tingkatkan Patroli Udara Demi Menjaga Wilayah NKRI

Ahad, 13 Oktober 2019 - 07:03:00 WIB

"Terpantau seluruhnya. Justru pertahanan udara sangat penting. Dalam penanganan wilayah teritorial dan pemantauan arah laut Indonesia," jelasnya.

Gubri Sambut Kedatangan Panglima TNI di Riau

Rabu, 05 April 2017 - 10:43:56 WIB

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau. Sekitar pukul 07.00 WIB dengan menggunakan pesawat TNI AU, jenderal berbintang empat itu mendarat di Lanud Roesmin Nu

Alhamdulillah..!! Aksi Doa Keselamatan untuk Negeri Berlangsung Tertib

Sabtu, 11 Februari 2017 - 18:55:19 WIB

Ratusan ribu jamaah membanjiri masjid istiqlal untuk menghadiri Doa zikir dan tausiyah dengan tema ”Doa untuk keselamatan negeri”, Sabtu (11/02/2017).

Doa Menggema Dari Seluruh Rumah Ibadah di Lanud Rsn

Senin, 10 September 2018 - 10:36:28 WIB

Hari ini, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk melaksanakan doa bersama di rumah ibadah masing-masing personel.

8,9 Ton Bantuan Untuk Palu Dikirimkan Melalui Lanud Roesmin Nurjadin

Ahad, 28 Oktober 2018 - 08:45:34 WIB

Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto, menyampaikan bahwa bantuan ini nantinya akan dikumpulkan di Lanud Halim Perdana Kusuma, dan selanjutknya akan dikirmkan ke Palu sesuai mekanisme yan