Jabat Danlanud Rsn, Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka Bicara Lanud Strategis dan Pantun

Selasa, 31 Juli 2018 - 11:40:31 WIB
Jabat Danlanud Rsn, Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka Bicara Lanud Strategis dan Pantun Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka, Danlanud Roesmin Nurjadin menggantikan Marsma TNI TBH Age Wiraksosno
Lanud Roesmin Nurjadin dimata Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka, adalah Lanud strategis bagi TNI AU, dan di Riau dirinya berkesempatan belajar tentang 'pantun', apa komentar peraih Adhi Makayasa 1992 ini? Berikut petikan wawancaranya. 
 
Hari Selasa (31/7/2018) Anda resmi menjabat sebagai Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, bagaimana perasaannya?
Pertama saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan TNI AU, yang telah mempercayakan kepada saya untuk memimpin Lanud Roesmin Nurjadin. 
 
Apa pendapat Anda tentang Lanud Roesmin Nurjadin?
Lanud Roesmin Nurjadin adalah Lanud yang sangat strategis bagi TNI Angkatan Udara. Pangkalan ini memiliki beberapa skadron tempur, yakni Skadron 12 pesawat Hawk 100/200 dan Skadron 16 pesawat F-16, dengan support dari Skadron Teknik 45 dan dukungan Batalyon 462 Paskhas.
 
Bisa dijelaskan nilai strategis tersebut?
Dikatakan strategis, selain mengoperasikan alutsista yang cukup canggih, posisi Lanud ini secara geografis berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Singapura. 
 
Maksud Anda?
Dengan kondisi itu, Lanud ini memiliki tugas-tugas yang khusus selain dari tugas rutin sebagai prajurit angkatan udara, dan tentunya siap menjalankan tugas-tugas khusus dari pimpinan TNI.
 
Apa konsekwensi dari tugas khusus tersebut?
Kita sebagai prajurit tentunya harus siap dengan segala kemungkinan yang ada, tentunya dengan kepercayaan pimpinan kami akan mempersiapkan kemampuan prajurit untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, baik itu tugas-tugas lintas negara dan terutama tugas-tugas dalam menjaga kedaulatan NKRI.
 
Selain dengan penguatan ketugasan, apa yang akan Anda lakukan ke depan?
Saya akan meneruskan garis kebijakan pimpinan sebelumnya, menyelesaikan hal dan kegiatan yang masih berjalan hingga tuntas. 
 
Bisa dijelaskan?
Tentunya sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan di Lanud, kami akan berusaha meneruskan kebijakan tersebut hingga mencapai tujuannya.
 
 
Seberapa optimisnya Anda?
Tentunya dengan motto Lanud Roesmin Nurjadin yakni Lanud Andalan, Unggul, Berhasil dan Terus Maju, kami akan bersama-sama untuk mencapai tujuan tersebut.
 
Kalau rencana eksternal, khususnya masyarakat Riau?
Selain dari fungsi pertahanan udara, Lanud juga mempuyai fungsi untuk mengembangkan pembinaan potensi olahraga dirgantara, atau disebut juga pembinaan teritorial. Dimana sebagai Danlanud secara otomatis menjabat Ketua FASI daerah, ex officio.
 
Apa rencana Anda?
Kita akan optimalkan pembinaan terhadap bibit-bibit dan generasi muda yang memiliki minat pada olahraga dirgantara. Kita wadahi mereka untuk kita kembangkan kemampuannya. Kita berharap dari Riau akan lahir atlet-atlet dirgantara nasional, yang akan mengharumkan nama Riau ke depan.
 
Apa yang Anda ketahui tentang Riau?
Baru beberapa kali saya berkesempatan berkunjung ke Riau, namun satu hal yang pasti adalah 'pantun', saya masih harus banyak belajar tentang 'pantun", karena di setiap acara disini selalu dibuka dan ditutup dengan 'pantun'.
 
Ditulis oleh Yuki Chandra

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Jokowi Tetapkan Tanggal 15 Februari Sebagai Libur Nasional

Sabtu, 11 Februari 2017 - 06:24:28 WIB

emerintah mengeluarkan Peraturan Presiden yang menetapkan tanggal 15 Februari yang bertepatan dengan Pilkada Serentak sebagai hari libur nasional.

Dari Latsarpur "Bido Gesit 2017"

Korban Pertempuran Udara Berhasil Dievakuasi Tim SAR

Rabu, 03 Mei 2017 - 21:35:52 WIB

Pada pertempuran udara yang berlangsung di wilayah operasi Yonko 462 Paskhas, telah jatuh korban yang harus segera dievakuasi dari medan operasi.

Pemda Punya Kewajiban Bina Kesehatan Calon Jamaah Haji

Selasa, 07 Februari 2017 - 06:55:58 WIB

Pemerintah Daerah (Pemda), menurut dia, mempunyai kewajiban melakukan pembinaan istitaah kesehatan jamaah haji.

Relawan SALUD Riau: Trotoar Jembatan Siak IV Bahayakan Anak-anak!

Senin, 01 April 2019 - 09:18:19 WIB

Kondisi trotoar jembatan Siak IV dinilai sangat tidak aman terutama bagi anak-anak usia dini, demikian disampaikan Relawan Sadar Lalulintas Usia Dini (SALUD) Provinsi Riau kepada Madaniy.

Kolonel Pnb Radar Soeharsono Jabat Danwing 6

Senin, 23 Januari 2017 - 17:29:48 WIB

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Henri Alfiandi memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Wing 6 Lanud Rsn dari Kolonel Pnb Deni Hasoloan Simanjuntak kepada Kolonel Pnb Radar Soeharsono

Ketua MPR-RI: Tanpa Ideologi Negara Akan Kacau

Kamis, 08 Agustus 2019 - 06:51:09 WIB

Tanpa ideologi kita semua akan tercerai berai dan negara akan kacau, ibarat hidup tanpa arah," kata Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang pada Seminar Narasi Kebangsaan, di kampus FKIP Universitas Riau, Rab