Jabat Danlanud Rsn, Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka Bicara Lanud Strategis dan Pantun

Selasa, 31 Juli 2018 - 11:40:31 WIB
Jabat Danlanud Rsn, Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka Bicara Lanud Strategis dan Pantun Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka, Danlanud Roesmin Nurjadin menggantikan Marsma TNI TBH Age Wiraksosno
Lanud Roesmin Nurjadin dimata Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka, adalah Lanud strategis bagi TNI AU, dan di Riau dirinya berkesempatan belajar tentang 'pantun', apa komentar peraih Adhi Makayasa 1992 ini? Berikut petikan wawancaranya. 
 
Hari Selasa (31/7/2018) Anda resmi menjabat sebagai Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, bagaimana perasaannya?
Pertama saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan TNI AU, yang telah mempercayakan kepada saya untuk memimpin Lanud Roesmin Nurjadin. 
 
Apa pendapat Anda tentang Lanud Roesmin Nurjadin?
Lanud Roesmin Nurjadin adalah Lanud yang sangat strategis bagi TNI Angkatan Udara. Pangkalan ini memiliki beberapa skadron tempur, yakni Skadron 12 pesawat Hawk 100/200 dan Skadron 16 pesawat F-16, dengan support dari Skadron Teknik 45 dan dukungan Batalyon 462 Paskhas.
 
Bisa dijelaskan nilai strategis tersebut?
Dikatakan strategis, selain mengoperasikan alutsista yang cukup canggih, posisi Lanud ini secara geografis berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Singapura. 
 
Maksud Anda?
Dengan kondisi itu, Lanud ini memiliki tugas-tugas yang khusus selain dari tugas rutin sebagai prajurit angkatan udara, dan tentunya siap menjalankan tugas-tugas khusus dari pimpinan TNI.
 
Apa konsekwensi dari tugas khusus tersebut?
Kita sebagai prajurit tentunya harus siap dengan segala kemungkinan yang ada, tentunya dengan kepercayaan pimpinan kami akan mempersiapkan kemampuan prajurit untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, baik itu tugas-tugas lintas negara dan terutama tugas-tugas dalam menjaga kedaulatan NKRI.
 
Selain dengan penguatan ketugasan, apa yang akan Anda lakukan ke depan?
Saya akan meneruskan garis kebijakan pimpinan sebelumnya, menyelesaikan hal dan kegiatan yang masih berjalan hingga tuntas. 
 
Bisa dijelaskan?
Tentunya sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan di Lanud, kami akan berusaha meneruskan kebijakan tersebut hingga mencapai tujuannya.
 
 
Seberapa optimisnya Anda?
Tentunya dengan motto Lanud Roesmin Nurjadin yakni Lanud Andalan, Unggul, Berhasil dan Terus Maju, kami akan bersama-sama untuk mencapai tujuan tersebut.
 
Kalau rencana eksternal, khususnya masyarakat Riau?
Selain dari fungsi pertahanan udara, Lanud juga mempuyai fungsi untuk mengembangkan pembinaan potensi olahraga dirgantara, atau disebut juga pembinaan teritorial. Dimana sebagai Danlanud secara otomatis menjabat Ketua FASI daerah, ex officio.
 
Apa rencana Anda?
Kita akan optimalkan pembinaan terhadap bibit-bibit dan generasi muda yang memiliki minat pada olahraga dirgantara. Kita wadahi mereka untuk kita kembangkan kemampuannya. Kita berharap dari Riau akan lahir atlet-atlet dirgantara nasional, yang akan mengharumkan nama Riau ke depan.
 
Apa yang Anda ketahui tentang Riau?
Baru beberapa kali saya berkesempatan berkunjung ke Riau, namun satu hal yang pasti adalah 'pantun', saya masih harus banyak belajar tentang 'pantun", karena di setiap acara disini selalu dibuka dan ditutup dengan 'pantun'.
 
Ditulis oleh Yuki Chandra

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Karumkit Lanud Rsn: Calon Prajurit TNI AU Harus Miliki Kesehatan Ideal

Rabu, 03 Juli 2019 - 12:24:03 WIB

"Prajurit TNI Angkatan Udara harus memiliki kesehatan yang ideal, agar ketika menjalani pendidikan maupun melaksanakan tugas dinas berjalan dengan baik," kata Mayor Kes Agus Sukamto.

Kenaikan Pangkat, Sebuah Prestasi dan Kesuksesan

Ahad, 02 April 2017 - 17:39:10 WIB

”Kenaikan pangkat serta golongan janganlah dianggap sebuah rutinitas belaka, melainkan harus dimaknai sebagai sebuah pencapaian prestasi serta kesuksesan bagi diri pribadi”,

Gladi Pemecahan Rekor Gemu Famire di Lanud Rsn

Selasa, 28 Agustus 2018 - 18:54:29 WIB

Mendukung usaha memecahkan rekor MURI Tari Gemu Famire dan dalam rangka HUT ke-73 TNI, Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan Gladi bertempat di Baseops Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (28/8).

Kunjungi Posko Satgas Karhutla di Lanud Rsn

Tim Kemenpolhukam Kumpulkan Bahan Rekomendasi Hannas

Sabtu, 26 Agustus 2017 - 07:40:33 WIB

Sebagai bagian dari kunjungannya di provinsi Riau, tim dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) mengunjungi Posko Satgas Karhutla Riau yang berlokasi di Lanud

Presiden Jokowi Dirisak, Netizen Bela dengan Petisi

Senin, 27 Februari 2017 - 14:47:20 WIB

Sindiran seorang pengguna media sosial, alias netizen terhadap Presiden Joko Widodo yang sedang memakai pakaian adat khas Maluku, mengundang reaksi sejumlah pihak. Sebuah petisi pun muncul dari masyar

Warga Tanah Pencadangan Hibahkan Tanah ke TNI AU

Jumat, 24 Februari 2017 - 08:16:25 WIB

Lanud Roesmin Nurjadin terus berupaya melalui berbagai pendekatan agar masyarakat sadar dan dapat memahami pentingnya tanah pencadangan bagi kepentingan negara, khususnya TNI AU.