Gubri Sempatkan Hadir

Menjemput Manik-Manik Peradaban Melayu

Senin, 06 Maret 2017 - 06:09:56 WIB
Menjemput Manik-Manik Peradaban Melayu (Kiri-Kanan) Buadayawan Riau Taufik Ikram Jamil, Plt Ka Disbud Riau Yoserizal Zen, Gubri H Arsyadjuliandi Rachman, Ketua DPH LAM Riau Al Azhar dan Ketua MKA LAM Riau OK Nizami Jamil berbincang di Kantor Disbud Riau, Musium Sang Nila Utama, Pekanbaru, Ahad

Pekanbaru, Madaniy.Com – Dinas Kebudayaan Provinsi Riau  gelar rapat koordinasi dengan budayawan dan seninan dengan tema diskusi terpumpun ‘menghulu sungai-sangai menjemput manik-manik peradaban Melayu’.
 
Sebagai pembicara pada kegiatan diskusi yang diikuti para budayawan dan seniman ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan Riau Raja Yoserizal Zein, Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau OK Nizami Jamil, Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) LAM Riau Al Azhar.

“Tujuan diskusi yang kita laksanakan hari ini, kita ingin menghimpun pikiran dari para stake holder seperti budayawan, seniman terhadap keberadaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru bernama Dinas Kebudayaan,” kata Plt Kadis Kebudayaan Riau Raja Yoserizal Zein.

Menurutnya, usulan-usulan yang dihasilkan dari diskusi ini akan menjadi masukan kepada Dinas Kebudayaan dalam menjalankan program kerjanya, khususnya dalam pengembangan kebudayaan.

Sesuai yang diamanatkan, ada tiga program yang diamanatkan Dinas Kebudayaan. Pertama, pengelolaan kekayaan daerah, pengelolaan pengembagan daerah, pengembangan budaya daerah.

“Ketiga program itu menjadi payung yang akan diusulkan teman-teman seniman yang berhubungan dengan kebudayaan. Tapi intinya juga kita ingin memastikan mana yang menjadi tupoksi Dinas Pendidikan sebagai lembaga pendidikan dan mana yang menjadi tupoksi Dinas Kebudayaan yang juga banyak berbicara pendidikan soal kebudayaan,” papar Yoserizal.

Diskusi kebudayaan ini dilangsungkan dengan tempat terbuka, di Taman Gemala Bandar Serai Melayu yang ada di belakang Museum Sang Nila Utama. Dimana pembicara duduk lesehan di yang sudah disediakan.

Sementara itu Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman ditengah kesibukannya menyempatkan diri untuk hadir. Menjelang Magrib dan usai Rapat dikediaman, orang nomor satu di Riau ini, bergegas untuk hadir di acara pertemuan budayawan Riau ini,  setibanya di tempat acara, Gubri langsung berdiskusi dengan Ketua MKA LAM Riau OK, Ketua DPH LAM Riau Al Azhar, Kepala Dinas Kebudayaan Yoserizal Zein dan Budayawan Taufik Ikram Jamil. “Maaf ya, terlambat, tapi bagi saya kebudayaan ini penting, jadi bagaimanapun saya tetap mengusahakan hadir,” ujar Gubri sambil menyalami peserta.

Yuki Chandra


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Terpasungnya Nurani Wartawan Riau (Bagian I)

Semarak Pencalonan Jelang Konferensi Provinsi

Rabu, 12 Juli 2017 - 11:19:50 WIB

Empat nama dari 1.028 anggota PWI Riau dipastikan bakal bersaing meraih simpati dari hampir 300 suara anggota, pada Konferensi PWI Provinsi Riau di Pelalawan, 14-15 Juli 2017 mendatang.

Tanam Jagung Serentak di Kampar, Menuju Riau Swasembada

Kamis, 27 April 2017 - 06:26:16 WIB

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bersama Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang, tanam jagung secara serentak di Desa Bina Baru Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar.

Kejar APBN, Gubri ke Bappenas

Kamis, 09 Februari 2017 - 06:48:14 WIB

Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman secara intensif melakukan kunjungan kerja ke berbagai instansi di tingkat pusat. Pada Rabu (8/2/2017), Gubri menemui Direktur Perencanaan dan Pengembang

Haul Jama’ Sekampung ke 2 Desa Mumpa

Jalan Provinsi di Inhil Dianggarkan 2018

Jumat, 27 Januari 2017 - 06:18:44 WIB

"Kondisi jalan provinsi saat ini sangat memprihatinkan, Insya Allah kita anggarkan tahun 2018. Pak Gubernur sudah setuju," kata Sekda Provinsi Riau H Ahmad Hijazi saat menghadiri Haul Jama' Sekampung

Untuk Kali Ketiga, Riau Kembali Terima Piala WTN

Selasa, 31 Januari 2017 - 17:36:10 WIB

Untuk ketiga kalinya Pemerintah Provinsi Riau menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN). Penghargaan ini merupakan penghargaan untuk bidang transportasi darat.

Pejabat Eselon III dan IV Riau Mulai Meracau Program OPD

Selasa, 07 Maret 2017 - 13:32:34 WIB

Harapan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang tertumpang pada pejabat Eselon III dan IV, agar bisa bekerjasama dan mendukung program Kepala OPD, ternyata menemui tembok tebal.