Tidak Seperti Dulu Sebelum Pemekaran

Gubri: Kembalikan Kejayaan Kampar!

Senin, 06 Februari 2017 - 19:12:55 WIB
Gubri: Kembalikan Kejayaan Kampar! Gubri memberikan sambutan saat hadiri Sidang Paripurna HUT Kabupaten Kampar ke 67 Tahun 2017 di Bangkinang.

Bangkinang, Madaniy.Com – Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman menyentil kondisi Kabupaten Kampar yang kini tidak sejaya dulu lagi. Sejak Kampar dimekarkan menjadi tiga kabupaten (ditambah Kabupaten Rohul dan Kabupaten Pelalawan), kondisi Kampar sebagai kabupaten induk justru semakin merosot.

“Saya sampaikan apa adanya. Kampar dulu jadi barometer dari berbagai sisi. Tapi sejak dimekarkan, Kampar tidak seperti dulu lagi (tidak sejaya dulu lagi),” ucap Gubri saat menyampaikan  pidato di sidang paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kabupaten Kampar, di Gedung DPRD Kabupaten Kampar, Bangkinang (6/2/2017).

Gubri menyebut, saat ini angka kemiskinan dan pengangguran terbuka di Kabupaten Kampar masuk lima besar se-Riau. Harapan hidup juga termasuk rendah. “Ini artinya ada yang salah,” ucap pria yang akrab disapa Andi Rachman itu.

Ke depan, Gubri mengajak Pemkab Kampar bersinergi dalam membangun. Gubri juga meminta pengelolaan tata pemerintahan dilakukan dengan baik dan transparan. “Saya juga akan meminta KPK untuk melakukan pendampingan di Kabupaten Kampar. Ini baik agar kita tidak punya keragu-raguan dalam menjalankan anggaran,” katanya.

Gubri mengungkap bahwa tahun anggaran 2016, Pemprov Riau mengucurkan anggaran ke Kampar hampir setengah triliun. “Tahun 2017 ini memang agak turun. Jadi sebesar Rp324 miliar. Ini karena Pemprov harus bayar hutang,” ungkapnya lagi.

Gubri optimis, pembangunan Kampar ke depan akan lebih baik. Apalagi kekayaan SDA Kampar luar biasa. Termasuk destinasi wisata, seperti Candi Muara Takus, air terjun dan sejumlah destinasi lainnya. Pembangunan di sektor pertanian dan perikanan juga harus menjadi prioritas.(adv/hms)


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Kemko PMK Minta Pengembangan Pendidikan Sesuai Karakter Bangsa

Rabu, 15 Februari 2017 - 06:25:11 WIB

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemko PMK) meminta pengembangan pendidikan di Indonesia sesuai dengan karakter bangsa.

Orang Tak Dikenal Buang Sampah Serampangan, Warga Mulai Geram

Selasa, 06 Agustus 2019 - 06:44:26 WIB

Nisa juga mengakui sudah sering melihat oknum-oknum tersebut membuang sampah di tepi jalan. Dan bahkan, sudah berulang kali diingatkan supaya jangan buang sampah lagi di tempat itu, ternyata tak digu

Sulfiana: Ketersediaan Pangan Penting Untuk Perempuan dan Anak

Jumat, 18 Oktober 2019 - 14:10:35 WIB

"Ketersediaan pangan bagi perempuan dan anak menempati posisi penting. Sebab, ketersediaan pangan berpengaruh pada kesehatan dan masalah gizi," kata Endang Sulfiana.

Haul Jama’ Sekampung ke 2 Desa Mumpa

Jalan Provinsi di Inhil Dianggarkan 2018

Jumat, 27 Januari 2017 - 06:18:44 WIB

"Kondisi jalan provinsi saat ini sangat memprihatinkan, Insya Allah kita anggarkan tahun 2018. Pak Gubernur sudah setuju," kata Sekda Provinsi Riau H Ahmad Hijazi saat menghadiri Haul Jama' Sekampung

Kunjungan Kerja Gubri di Indragiri Hulu

Realisasi 41M bagi Fisik RS Indrasari Rengat

Selasa, 11 April 2017 - 11:25:52 WIB

Tahun anggaran 2016 lalau,Pemerintah Provinsi Riau telah mengucurkan dana sebesar Rp41 miliar, bagi pembangunan fisik RS Indrasari Rengat.

Lantik Pengurus PMRJ

Gubri: Buka Rekening Bank Riaukepri

Jumat, 20 Januari 2017 - 21:47:47 WIB

Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman secara resmi melantik pengurus Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ) periode 2016-2019 di Anjungan Riau, TMII, Jakarta, pada Minggu (15/1). PMRJ kini