Kemenhub Hanya Siapkan Regulasi Keselamatan Pesepeda

Selasa, 30 Juni 2020 - 17:28:00 WIB
Kemenhub Hanya Siapkan Regulasi Keselamatan Pesepeda Kemenhubu siapkan regulasi pajak pesepeda, adalah berita tak benar
Madaniy.Com - Sehubungan dengan pemberitaan di beberapa media online yang menyebutkan bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda maka dengan ini disampaikan bahwa hal tersebut TIDAK BENAR.
 
“Tidak benar Kemenhub sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda. Yang benar adalah kami sedang menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan para pesepeda. Hal ini juga untuk menyikapi maraknya penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi oleh masyarakat,” demikian dijelaskan Adita Irawati, Juru  Bicara Kementerian Perhubungan. 
 
Lebih lanjut Adita juga menyampaikan bahwa regulasi ini akan mengatur dari sisi keselamatan para pesepeda. 
 
“Dalam masa transisi adaptasi kebiasaan baru memang ada peningkatan jumlah pesepeda terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Oleh karenanya regulasi ini nanti akan mengatur hal-hal seperti alat pemantul cahaya bagi para pesepeda, jalur sepeda serta penggunaan alat keselamatan lainnya oleh  pesepeda,” demikian disampaikan Adita. 
 
Adita juga menyampaikan bahwa di dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sepeda di kategorikan sebagai kendaran tidak bermotor oleh karenanya pengaturannya dapat dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 
 
“Pada prinsipnya kami sangat setuju adanya aturan penggunaan sepeda mengingat animo masyarakat yang sangat tinggi  harus dibarengi dengan perlindungan terhadap keselamatan pesepeda. Kami akan  mendorong pemerintah daerah untuk mengatur penggunaan sepeda ini minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan maupun ketentuan lain yang mengatur khusus para peseda ini di wilayahnya masing-masing,” pungkasnya.
 
Sumber: Humas Ditjen Hubdat

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
FK-GMP Provinsi Riau Sambut Hari Sumpah Pemuda

Yudi Latif Dipastikan Hadiri Dialog Kebangsaan

Sabtu, 28 Oktober 2017 - 14:03:54 WIB

Insya Allah, Pak Yudi Latif akan hadir pada Dialog Kebangsaan tentang Pancasila, hari Senin (30/10/2017) besok di Dedung Daerah," kata Taufik Hidayat, Ketua Forum Komunikasi Generasi Muda Pancasila di

Perpisahan Penuh Keakraban Pada Malam Wira Club

Melepas 17 Perwira Lanud Rsn Pindah Tugas

Kamis, 18 April 2019 - 09:08:50 WIB

Adanya pertemuan selalu diikuti dengan adanya perpisahan, datang dan pergi selalu adalah dinamika kehidupan rutin di lingkungan kedinasan seperti TNI Angkatan Udara.

Perpres Sawit Berkelanjutan Bakal Legalisasi Perkebunan Ilegal

Jumat, 05 Mei 2017 - 10:19:42 WIB

Rencana Presiden untuk menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonedia berpotensi melegaliasi perusahaan ilegal.

Pastikan Kesiapan Alutsista, Komisi I DPR RI Tinjau Lanud Rsn

Kamis, 30 Maret 2017 - 22:32:17 WIB

Jalankan fungsi pengawasan, Komisi I DPR RI diketuai Abdul Kharis Almasyhari, lakukan kunjungan kerja di Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (30/3/2017).

Saatnya Administrasi Pelayanan PKB Seragam di Seluruh Riau Dan Kepri

Rabu, 20 November 2019 - 11:11:19 WIB

Sudah saatnya administrasi pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor di seluruh wilayah Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau, seragam dengan sistem yang diterapkan secara nasional oleh kementerian P

Selasa Besok, Insan Perhubungan dan Polri Gelar Aksi SIPANTAS JALAN

Senin, 12 Agustus 2019 - 12:06:27 WIB

Aksi Bersih-bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jalan secara nasional akan dilaksanakan pada hari Selasa (13/8/2019) serentak di seluruh tanah air.