Gunakan Kendaraan ODOL di Jalan Raya Adalah Tindak Kejahatan

Senin, 04 November 2019 - 08:42:43 WIB
Gunakan Kendaraan ODOL di Jalan Raya Adalah Tindak Kejahatan Kepala BPTD IV S Ajie Panatagama menerima amanah Gubernur Riau yang diserahkan Pj Sekdaprov Riau H. AHmadsyah Harrofie
Madaniy.Com - Telah bertahun lamanya, pembiaran terhadap kendaraan angkutan barang yang over dimensi dan over muatan disebut ODOL, telah menimbulkan kerusakan infrastruktur dan negara alami kerugian triliunan rupiah setiap tahunnya.
 
Kerusakan infrastruktur ini berdampak pada jalur distribusi yang tidak lancar dan secara umum mengganggu produktifitas sektor ekonomi mikro yang selama ini menjadi pondasi dasar ekonomi negara.
 
"Tindakan menggunakan kendaraan angkutan barang dan penumpang yang melebihi dimensi dan tonase yang diperuntukkan, adalah tindak kejahatan ekonomi," kata S Ajie Panatagama, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau - Provinsi Kepri (BPTD IV Riau-Kepri).
 
 
Hal ini disampaikan Ajie Panatagama, dalam rangka menindaklanjuti perintah Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) pada saat Launching Finalisasi Normalisasi Kendaraan Angkutan, di Dumai, Sabtu (2/11/2019) lalu.
 
"Kami dari jajaran BPTD IV, Dinas Perhubungan se-Provinsi Riau bersama dengan jajaran Direktorat Lalulintas Polda Riau akan bersinerji untuk menindak kendaraan yang melanggar UU LLAJ tersebut," kata Ajie.
 
Tindakan tersebut menurut AJie, bisa mengenai pemilik kendaraan, pemilik karoseri yang melakukan perubahan terhadap spesifikasi kendaraan tersebut, dan pihak yang menggunakan jasa kendaraan ODOL.
 
"Terlebih, dengan adanya amanah langsung dari Bapak Gubernur Riau, kami akan bersungguh-sungguh untuk menjadikan Riau sebagai provinsi pertama Zero Over Dimensi dan Over Loading," kata Ajie tegas.01
 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Apel Kesiapan Siaga Darurat Karhutla

Gubri: Kita Tidak Akan Main-main Lagi!

Jumat, 03 Februari 2017 - 11:50:25 WIB

Kita siap tempur, kita tidak akan main-main lagi (dalam pencegahan karhutla-red)," kata Andi Rachman, sapaan akrab Gubri di halaman kantor Gubernur Riau, Jumat (3/2).

SK Menhut RI Nomor 673 /2014, Diduga Legalkan Kebun Sawit Ilegal

Kamis, 09 Februari 2017 - 14:40:19 WIB

Ratusan ribu hektare perkebunan sawit ilegal yang berada di wilayah Riau, telah dilegalkan Menteri Kehutanan Ri melalui SK Nomor 673 dan 878 Tahun 2014.

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019

Danlanud Rsn: Pancasila Sumber Inspirasi Politik Harapan

Sabtu, 01 Juni 2019 - 10:28:42 WIB

"Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka.

Dilakukan Tahun Ini

Kawasan Pantai Kuta Kembali Ditata

Jumat, 20 Januari 2017 - 22:41:20 WIB

Komisaris PT Indonesia Tourism Development Corporation (Persero) atau ITDC Lalu Gita Aryadi mengatakan, tim percepatan pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NTB, telah mel

Wow...!! Prajurit Lanud Rsn Ramai Turun ke Sawah

Jumat, 10 Maret 2017 - 20:06:33 WIB

Warga Lanud Roesmin Nurjadin dan anggota kelompok tani Mustang melaksanakan tanam padi perdana di lahan persawahan Lanud Rsn, Jum’at (10/3), dipimpin Danlanud Marsma TNI Henri Alfiandi bersama Ketua

Danlanud Rsn Hadiri Buka Bersama Forkopimda Riau

Senin, 27 Mei 2019 - 14:27:36 WIB

Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, hadiri buka puasa bersama Forkopimda Provinsi Riau bersama Forkopimda dan tokoh masyarakat Riau bertempat di Gedung Daerah Balai Serindit G