Gunakan Kendaraan ODOL di Jalan Raya Adalah Tindak Kejahatan

Senin, 04 November 2019 - 08:42:43 WIB
Gunakan Kendaraan ODOL di Jalan Raya Adalah Tindak Kejahatan Kepala BPTD IV S Ajie Panatagama menerima amanah Gubernur Riau yang diserahkan Pj Sekdaprov Riau H. AHmadsyah Harrofie
Madaniy.Com - Telah bertahun lamanya, pembiaran terhadap kendaraan angkutan barang yang over dimensi dan over muatan disebut ODOL, telah menimbulkan kerusakan infrastruktur dan negara alami kerugian triliunan rupiah setiap tahunnya.
 
Kerusakan infrastruktur ini berdampak pada jalur distribusi yang tidak lancar dan secara umum mengganggu produktifitas sektor ekonomi mikro yang selama ini menjadi pondasi dasar ekonomi negara.
 
"Tindakan menggunakan kendaraan angkutan barang dan penumpang yang melebihi dimensi dan tonase yang diperuntukkan, adalah tindak kejahatan ekonomi," kata S Ajie Panatagama, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau - Provinsi Kepri (BPTD IV Riau-Kepri).
 
 
Hal ini disampaikan Ajie Panatagama, dalam rangka menindaklanjuti perintah Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) pada saat Launching Finalisasi Normalisasi Kendaraan Angkutan, di Dumai, Sabtu (2/11/2019) lalu.
 
"Kami dari jajaran BPTD IV, Dinas Perhubungan se-Provinsi Riau bersama dengan jajaran Direktorat Lalulintas Polda Riau akan bersinerji untuk menindak kendaraan yang melanggar UU LLAJ tersebut," kata Ajie.
 
Tindakan tersebut menurut AJie, bisa mengenai pemilik kendaraan, pemilik karoseri yang melakukan perubahan terhadap spesifikasi kendaraan tersebut, dan pihak yang menggunakan jasa kendaraan ODOL.
 
"Terlebih, dengan adanya amanah langsung dari Bapak Gubernur Riau, kami akan bersungguh-sungguh untuk menjadikan Riau sebagai provinsi pertama Zero Over Dimensi dan Over Loading," kata Ajie tegas.01
 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Selasa Besok, Insan Perhubungan dan Polri Gelar Aksi SIPANTAS JALAN

Senin, 12 Agustus 2019 - 12:06:27 WIB

Aksi Bersih-bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jalan secara nasional akan dilaksanakan pada hari Selasa (13/8/2019) serentak di seluruh tanah air.

Perpisahan Penuh Keakraban Pada Malam Wira Club

Melepas 17 Perwira Lanud Rsn Pindah Tugas

Kamis, 18 April 2019 - 09:08:50 WIB

Adanya pertemuan selalu diikuti dengan adanya perpisahan, datang dan pergi selalu adalah dinamika kehidupan rutin di lingkungan kedinasan seperti TNI Angkatan Udara.

Tiga Hawk 100/220 Jemput dan Kawal Anggota Keluarga Besar Jupiter

Jumat, 22 Maret 2019 - 21:18:19 WIB

Ada fenomena unik ketika ke-7 unit pesawat latih jenis KT-1B Wong Bee, melintasi langit Pekanbaru, Kamis (21/03/2019)

Dari Latsarpur "Bido Gesit 2017"

Korban Pertempuran Udara Berhasil Dievakuasi Tim SAR

Rabu, 03 Mei 2017 - 21:35:52 WIB

Pada pertempuran udara yang berlangsung di wilayah operasi Yonko 462 Paskhas, telah jatuh korban yang harus segera dievakuasi dari medan operasi.

Massa Tuntut Pemilu 2019 Diulang

Lanud Rsn Turunkan PHH Hentikan Demo Anarkhis di Bandara

Jumat, 23 November 2018 - 10:14:36 WIB

Upaya sekelompok masyarakat melumpuhkan aktifitas di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, berhasil dihentikan jajaran Lanud Roesmin Nurjadin.

Penjarakan Pengusaha Perambah Hutan Kata Anggota DPRD Riau Ini

Selasa, 21 Maret 2017 - 19:05:33 WIB

"Dalam satu sampai dua tahun ini, saya yakin akan ada pengusaha perambah hutan yang akan masuk penjara," kata Asri Auzar Ketua Pansus RTRW DPRD Provinsi Riau dalam Diskusi Masa Depan Hutan Riau, yang