Di Pelabuhan Selat Panajng Riau

BP POM Sita 20 Truk Produk Pangan Ilegal

Kamis, 16 Maret 2017 - 18:25:28 WIB
BP POM Sita 20 Truk Produk Pangan Ilegal Ilustrasi

Selat Panjang, Madaniy.Com – Badan POM menemukan lebih dari 20 truk pangan ilegal yang antara lain terdiri dari makanan bayi, susu, minuman ringan, dan biskuit dengan nilai keekonomian diperkirakan mencapai lebih dari 5 miliar rupiah.

Temuan ini merupakan hasil kerja sama Balai Besar POM (BBPOM) di Pekanbaru, Kepolisian Daerah Riau, Kejaksaan Tinggi Riau, dan Direktorat Jenderal Bea Cukai.

“Badan POM berkomitmen untuk memberantas peredaran produk ilegal termasuk palsu dan tidak memenuhi syarat. Di mana pun produk ilegal beredar, Badan POM hadir untuk memberantasnya”, tegas Kepala Badan POM, Penny K. Lukito di Selat Panjang, Riau (16/3/2017).

Upaya pemberantasan pangan ilegal terus digalakkan Badan POM. Setelah minggu kemarin melakukan operasi tangkap tangan (OTT) produsen pangan ilegal di daerah Tangerang, Tim Penyidik Badan POM yang dipimpin langsung Kepala Badan POM.

“Berkat kerja sama dengan Polda, Bea Cukai dan Kejati Riau, kami berhasil mencegah peredaran pangan ilegal di Riau dan sekitarnya”, ujar Penny K. Lukito.

Pelaksanaan operasi Opson dilatarbelakangi oleh tindak pemalsuan, penyelundupan, dan penggelapan produk pangan yang masuk atau beredar di Indonesia.

“Penindakan yang didukung oleh Mabes POLRI, NCB Interpol serta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ini merupakan bagian dari partisipasi Indonesia dalam Operasi Opson VI tahun 2017 yang merupakan operasi serentak di dunia yang dikomandoi Interpol dan Europol dengan target makanan dan minuman ilegal, palsu, dan sub-standar serta kejahatan terorganisir di balik perdagangan gelap ini”, ungkap Penny K. Lukito.

Pelaku diduga melanggar Pasal 142 Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan sanksi berupa pidana penjara maksimal 2 tahun atau denda 4 miliar rupiah. Disamping itu Penyidik POLRI akan mendalami kemungkinan adanya pelanggaran penyelundupan barang dari luar negeri serta kemungkinan adanya dugaan pelanggaran pajak.

“Badan POM dan Kejaksaan Agung sepakat untuk memberikan hukuman yang maksimal bagi siapa saja yang melakukan kejahatan di bidang Obat dan Makanan”, tegas Penny K. Lukito.

“Kami tegaskan kepada pelaku usaha untuk selalu menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam menjalankan usahanya. Selain itu, masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi aktif dengan melaporkan apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan terkait peredaran Obat dan Makanan ilegal termasuk palsu”, lanjut Penny K. Lukito.

Masyarakat harus menjadi konsumen cerdas, ingat selalu "Cek KLIK". Pastikan Kemasan dalam kondisi baik, cek informasi produk pada Labelnya, pastikan memiliki Izin edar Badan POM, dan pastikan tidak melebihi masa Kedaluwarsa.

Yuki Chandra


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Waah..., Penafsiran Mendagri Soal Penonaktifan Ahok Sangat Menyesatkan

Ahad, 12 Februari 2017 - 10:18:58 WIB

Penafsiran Kementerian Dalam Negeri dalam kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang sudah berstatus terdakwa tidak dinonaktifkan sebagai Gubernur DKI karena menunggu penuntutan itu sangat menyesatkan.

Danrem 031/WB: TNI dan Polri Harus Saling Mengisi!

Rabu, 07 Maret 2018 - 09:29:20 WIB

TNI dan Polri haruslah saling mengisi, saling bahu membahu dalam melaksanakan tugas di lapangam." kata Danrem 031 Wirabima.

RS TNI AU Akan Menampung 150 Pasien Rawat Inap

Sabtu, 03 Februari 2018 - 20:04:20 WIB

“Rumah sakit ini nantinya akan dibangun tiga lantai dan diharapkan mampu menampung sampai 150 pasien rawat inap," kata Marsma TNi Age Wiraksono.

Hasyim Muzadi dalam Kenangan Mahfud MD

Jumat, 17 Maret 2017 - 07:31:20 WIB

Rabu, 15 Maret 2017, pukul 08.30, dua hari yang lalu itu, saya di Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu, menunggu penerbangan ke Jakarta. Teman seperjalanan saya, Imam Marsudi dan Mabrur MS, memberi ta

6,8 Juta Rakyatnya Terpapar Asap, Gubernur Riau Kumpulkan Pimpinan Media

Ahad, 22 September 2019 - 19:35:17 WIB

Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar mengundang seluruh pimpinan media di Provinsi Riau, Senin (23/9/2019) dalam pesan singkat yang disampaikan melalui media sosial.

Ini Dia Aturan Main Larangan Mudik Diterapkan Kamis Besok, Berlaku Secara Nasional

Rabu, 05 Mei 2021 - 22:05:57 WIB

Keputusan tersebut sesuai dengan Addendum Surat Edaran Satgas Covid-19 No 13/2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri 1442 H. yang berlaku mulai 6 - 17 Mei 2021.