Prospek Penerbitan Sukuk di Indonesia Besar

Senin, 27 Februari 2017 - 20:32:04 WIB
Prospek Penerbitan Sukuk di Indonesia Besar salah satu Sukuk yang ditawarkan di Indonesia

Jakarta, Madaniy.Com - Pemerintah telah membuka penawaran sukuk ritel SR 009, Senin (27/2). Prospek penerbitan sukuk di Indonesia dinilai besar karena masih banyaknya proyek infrastuktur yang harus dibiayai pemerintah.

Kepala Subdirektorat Peraturan Surat Berharga Syariah Negara dan Evaluasi Kinerja, Direktorat Pembiayaan Syariah DJPPR, Kementerian Keuangan, Dwi Irianti Hadiningdyah menjelaskan, pasar sukuk Indonesia saat ini merupakan yang terbesar di dunia.

Indonesia telah menerbitkan sukuk sebesar 10,5 miliar dolar AS di pasar internasional, terbesar pertama di dunia yang disusul kawasan Timur Tengah di urutan nomor dua, sedangkan Malaysia pada urutan nomor tiga.

"Prospek sukuk Indonesia lebih besar dari Malaysia dan Timur Tengah. Di Malaysia, proyek yang dibiayai sukuk sudah habis. Sedangkan proyek Indonesia masih besar," ujar Dwi Irianti di Jakarta, Senin (27/2).

Dwi menuturkan, adanya penerbitan sukuk sebagai salah satu sumber pembiayaan proyek-proyek di Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) menjadikan ekonomi Indonesia berkelanjutan. Hal itu terbukti pada saat krisis ekonomi global yang disebabkan oleh subprime mortgage di AS, saat itu ekonomi Indonesia lebih stabil menghadapi krisis karena telah menerbitkan sukuk dan SUN. Hal ini berbeda dengan saat krisis keuangan 1997-1998 yang pada saat itu pemerintah hanya bergantung pada utang luar negeri (ULN).

Dengan menerbitkan sukuk, pemerintah memiliki kewenangan untuk menentukan siapa yang akan mengerjakan proyek. Berbeda dengan melalui ULN, akan terjadi intervensi asing terhadap ekonomi Indonesia. "Jadi pemerintah bisa menciptakan lapangan kerja untuk negeri sendiri. Menjadi mandiri karena tidak ada yang intervensi karena term condition dari pemerintah," ujar Dwi.

Untuk sukuk ritel SR 009 yang baru dibuka penawaran Senin ini, memiliki tenor tiga tahun, dengan nilai minimum Rp 5 juta dan maksimum Rp 5 miliar. Adapun imbalan hasil yang ditawarkan 6,9 persen (fixed) yang dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulannya.

Keuntungan lainnya, pajak yang dikenakan yakni sebesar 15 persen, lebih rendah dibandingkan deposito dengan pajak yang sebesar 20 persen. Sukri SR 009 ini diyakini akan laris manis dan dengan target indikatif sekitar Rp 19 triliun yang akan digunakan untuk general financing.

Sejak diterbitkan 2008 sampai 24 Februari 2017 jumlah penerbitan sukuk mencapai Rp 592,21 triliun. Dengan outstanding (yang belum jatuh tempo) sebesar Rp 433,77 triliun. "Ini menunjukkan sukuk semakin diminati investor dalam dan luar negeri," kata Dwi.

Sumber: Republika


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Waspada..!!! Makanan tanpa Label Halal MUI Ditemukan di Toko Ritel

Selasa, 31 Januari 2017 - 20:04:11 WIB

Petugas Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun menemukan sejumlah makanan kemasan yang tidak berlabel halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Saatnya Perusahaan dari Jakarta Miliki NPWP Daerah

Senin, 13 Februari 2017 - 15:11:46 WIB

Perusahaan yang beroperasi di wilayah Riau, ternyata tak memiliki NPWP daerah, karena berkantor pusat di Jakarta atau daerah lain. Demikian dilaporkan Kanwil Pajak Riau-Kepri kepada rombongan Komite I

Pangkalan Tidak Menjual Sesuai Peruntukan

LPG 3Kg Langka di Pangkalan, Pertamina Investigasi Laporan

Kamis, 06 April 2017 - 10:59:02 WIB

Tiga hari sudah konsumen elpiji tabung 3kg, kesulitan mendapatkan gas di sejumlah pangkalan yang ada di wilayah Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Transmart ke-98 Diresmikan

Terima Kasih Pak CT, Kata Gubri

Jumat, 19 Mei 2017 - 21:28:12 WIB

Satu lagi icon di Pekanbaru, Riau, yakni Transmart Carrefour, yang telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman pada Jum'at (19/5) sore.

Karyawan Freeport Diminta Tunggu Keputusan Pemerintah

Sabtu, 18 Februari 2017 - 12:13:57 WIB

"Kita semua menunggu saja, mudah-mudahan ada solusi terbaik untuk perusahaan ini, karyawan dan juga pemerintah daerah di Mimika," kata Paulus di Timika, Sabtu (18/2).

Landasan Pacu Bandara SSK II Tak Layak Untuk Angkutan Haji

Ahad, 05 Februari 2017 - 19:41:21 WIB

Jika Menteri Agama menerima usulan Pekanbaru menjadi Embarkasi Haji pada tahun 2018, maka pengelola bandara Sultan Syarief Kasim II harus segera menyediakan anggaran untuk penambahan panjang dan keteb