Jelang Kedatangan Raja Salam As Saud

Santunan Musibah Crane masuk Agenda Dialog

Senin, 27 Februari 2017 - 18:27:18 WIB
Santunan Musibah Crane masuk Agenda Dialog Musibah crane di Masjidil Haram

Jakarta, Madaniy.Com - Indonesia sudah berkali-kali menanyakan santunan bagi korban musibah crane yang terjadi pada pelaksanaan haji 2015 lalu. Kementerian Agama tidak bisa memastikan hal ini jadi pembicaraan dengan Raja Arab Saudi saat berkunjung ke Indonesia.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, Saudi sudah menunjuk pejabat setingkat gubernur untuk menangani ini. Data korban dari Indonesia sudah siap sejak lama. "Kami sudah minta agar santunan diberikan bertahap kepada yang sudah siap. Tapi Saudi ingin pemberian santunan dilakukan sekaligus," kata Lukman dalam rapat bersama Komite III DPD di Senayan, Senin (27/2).

Ini memang bagian yang jadi isu. Namun apakah ini akan dibicarakan dengan Raja Salman saat berkunjung ke Indonesia, Lukman tak bisa memastikan. "Beliau dijadwalkan akan bertemu tokoh-tokoh agama, kita lihat perkembangannya seperti apa," kata Lukman.

Dalam kesempatan terpisah, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil mengatakan, klarifikasi sudah dilakukan tidak hanya oleh Kemenag, tapi juga oleh KJRI di Saudi. Sampai saat ini belum ada kabar.

"Alasannya mungkin masih dalam tahap verifikasi. Karena itu tidak hanya kepada Indonesia tapi juga warga negara lain," kata Djamil.

Kemenag berharap janji santunan bagi korban crane ini segera direalisasi. Karena keluarga jamaah sudah menunggu dan sudah diberi tahu sejak tahun lalu. Karena mereka selalu bertanya, Kemenag juga bertanya kepada Saudi.

Soal apakah santunan ini akan dibicarakan bersama Raja Salman, Djamil pun tak tahu. "Wah saya nggak tahu. Itu agendanya ada di Kementerian Luar Negeri," kata dia.

Sumber: Republika


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

SK Menhut RI Nomor 673 /2014, Diduga Legalkan Kebun Sawit Ilegal

Kamis, 09 Februari 2017 - 14:40:19 WIB

Ratusan ribu hektare perkebunan sawit ilegal yang berada di wilayah Riau, telah dilegalkan Menteri Kehutanan Ri melalui SK Nomor 673 dan 878 Tahun 2014.

Roy Suryo Dikatakan Victor Sudah Mati Rasa, Gara-gara Asian Games

Jumat, 31 Agustus 2018 - 14:46:41 WIB

"Apakah Roy Suryo tidak merasakan langsung seluruh rakyat Indonesia penuh kegembiraan? Jangan-jangan Roy Suryo sudah mati rasa karena tertutup dengan kebenciannya akan sukses menyelenggarakan Asian Ga

Dukung Zero ODOL 2023, Senator Intsiawati Ayus Bertandang Ke BPTD IV Riau-Kepri

Kamis, 22 April 2021 - 22:08:54 WIB

Untuk mendapatkan penjelasan seputar Over Dimensi dan Over Loading (ODOL), senator asal Riau Intsiawati Ayus berkunjung ke Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepu

Relawan SALUD Riau: Trotoar Jembatan Siak IV Bahayakan Anak-anak!

Senin, 01 April 2019 - 09:18:19 WIB

Kondisi trotoar jembatan Siak IV dinilai sangat tidak aman terutama bagi anak-anak usia dini, demikian disampaikan Relawan Sadar Lalulintas Usia Dini (SALUD) Provinsi Riau kepada Madaniy.

Ini Dia Aturan Main Larangan Mudik Diterapkan Kamis Besok, Berlaku Secara Nasional

Rabu, 05 Mei 2021 - 22:05:57 WIB

Keputusan tersebut sesuai dengan Addendum Surat Edaran Satgas Covid-19 No 13/2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri 1442 H. yang berlaku mulai 6 - 17 Mei 2021.

Diikuti 3 Skadron Udara

Tingkatkan Kesiagaan Melalui Latihan MOT di Lanud Rsn

Kamis, 05 Juli 2018 - 22:52:55 WIB

Untuk mempertahankan dan meningkatkan kesiapsiagaan guna menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Lanud Roesmin Nurjadin gelar latihan bertajuk Mission Oriented Training (MOT) yang diiku