Syukurlah, Pekanbaru Tak Masuk Daerah Potensi Gugatan Pilkada

Selasa, 21 Februari 2017 - 17:13:38 WIB
Syukurlah, Pekanbaru Tak Masuk Daerah Potensi Gugatan Pilkada Paslo Pilwako Pekanbaru Frdaus Ayat

Jakarta, Madaniy.Com - Komisioner Komisi Pemillihan Umum (KPU), Ferry Kurnia Riskiansyah, mengatakan ada enam daerah yang berpotensi mengajukan gugatan hasil Pilkada Serentak 2017 kepada Mahkamah Konstitusi (MK). Pengajuan hasil sengketa Pilkada dijadwalkan pada tiga hari setelah penetapan hasil Pilkada Serentak 2017.

"Catatan kami, ada lima daerah yang berpotensi mengajukan gugatan sengketa pilkada, yakni Sulawesi barat, Yogyakarta, Kota Salatiga, Kabupaten Takalar (Sulawesi Selatan) dan Kabupaten Bombana (Sulawesi Tenggara). Satu daerah lain, yakni Aceh juga berpotensi mengajukan gugatan," ujar Ferry di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (21/2).

Pengajuan sengketa hasil pilkada ini dapat dilakukan dalam waktu tiga kali 24 jam setelah penetapan hasil. KPU pun mengingatkan jika anggaran sengketa telah disiapkan oleh penyelenggara pilkada setempat.

Secara terpisah, Komisioner KPU, Arief Budiman, mengatakan jika anggaran sengketa telah masuk dalam anggaran pelaksanaan Pilkada di masing-masing KPU. "Peruntukan anggaran sengketa itu untuk pengumpulan alat bukti, akomodasi dan transportasi sidang di Jakarta serta membayar penasehat hukum," jelas Arief.

Sebelumnya, pengamat politik dari Lingkar Madani, Ray Rangkuti, menilai gugatan ke MK terkait hasil Pilkada serentak kemungkinan akan sedikit jumlahnya. Hal ini disebabkan jarak kemenangan antar pasangan calon (Paslon) di atas rata-rata ketentuan sengketa di MK.

Menurut dia, Paslon akan berpikir ulang mengajukan sengketa Pilkada ke MK jika melihat jarak kemenangan antara paslon. Meskipun ada yang mengajukan sengketa Pilkada, diprediksi tak akan disidangkan.

Sumber: Republika


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Hasil Survey Elektabilitas Calon Walikota Pekanbaru Menuai Kritik

Sabtu, 04 Februari 2017 - 14:49:41 WIB

Hasil survey elektabilitas pasangan calon Walikota Pekanbaru yang disebar Timses salah satu paslon Wako/Wawako Pekanbaru di medsos menuai kritikan.

Ketika PKB Terpaksa Harus Menentukan Sikap Politik

Sabtu, 06 Januari 2018 - 16:10:49 WIB

Tak sampai dalam hitungan 2 kali 24jam, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau akan membuka pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Tokoh PAN Riau Dukung Zulkifli Hasan Kembali Jadi Ketua Umum PAN

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 08:31:58 WIB

Tokoh Partai Amanat Nasional (PAN) Riau yang pernah duduk di DPRD Provinsi Riau, Ir. H. Fendri Jaswir, MP mendukung Zulkifli Hasan kembali memimpin PAN. Alasannya, sosok Ketua MPR RI itu relatif masih

Amankan Debat Pilkada Kampar, 350 Personel Diturunkan

Kamis, 09 Februari 2017 - 10:37:27 WIB

Sebanyak 350 personil gabungan Polres Kampar dan Polsek Jajaran, diperkuat personil BKO Brimob Polda Riau dan anggota TNI dari jajaran Kodim 0313 KPR, mengamankan kegiatan Debat Publik Paslon Bupati d

Dipastikan Maju di Dapil Riau 1, Supirman Pilih Nomor Urut 7

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:56:54 WIB

Mantan Ketua Kadin Kota Pekanbaru, Supirman, dipastikan maju bakal bersaing pada Pemilu Legislatif 2019 dari Partai Golkar.

Datangi KPU Pusat, Ini Kata Asri Auzar

Senin, 29 Agustus 2022 - 10:47:50 WIB

"Terlalu banyak pelanggaran AD/ART partai yang telah dilakukan oleh DPP dengan menggunakan tangan-tangan kawan-kawan DPD, kebenaran itu telah terbukti di PN Pekanbaru," ungkapnya.