Rendahnya Partisipasi Pilwako Pekanbaru Ancam Keberlangsungan Bangsa

Jumat, 17 Februari 2017 - 09:49:13 WIB
Rendahnya Partisipasi Pilwako Pekanbaru Ancam Keberlangsungan Bangsa Prof Alaidin Koto

Pekanbaru, Madaniy.Com - Tingkat partisipasi Pilwako Pekanbaru yang hanya mencapai 49,9 persen, menurut Prof Alaidin Koto, sebuah ancaman bagi keberlangsungan bangsa, khususnya warga Pekanbaru.

"Secara nyata angka 50,1 persen hak pilih yang tak digunakan, merupakan sebuah fenomena yang mengancam keberlangsungan negeri ini," kata Alaidin Koto kepada Madaniy melalui seluler.

Pertama Alaidin mensyukuri, kenyataan masih ada 49,9 persen warga kota yang masih memiliki kepedulian terhadap daerah. Jumlah ini menjadi modal dasar bagi pemimpin terpilih, bahwa masih ada warga kota yang akan turut berperan serta membangun kota.

"Selebihnya, bisa dikategorikan masyarakat yang sudah tidak mau tahu lagi dengan persoalan kota ini. banyak hal yang menyebabkan sikap ini. Namun saya melihat angka ini menunjukkan masyarakat sudah sampai pada tingkat kejenuhan yang memuncak, sangat mengkhawatirkan," kata Alaidin.

Ditambahkan Alaidin situasi ini sangat mencemaskan bagi kelangsungan negeri, mengingat kondisi ini membuka peluang bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk memainkan kepentingannya dengan memanfaatkan kondisi psikologis warga kota, yang sudah tak peduli lagi dengan proses kepemimpinan di negerinya.

"Kondisi ini bakal menjadi momentum bagi pihak-pihak tertentu untuk memanfaatkan situasi, dengan mensuplai kepentingan warga kota yang sudah tak mempedulikan lagi kepemimpinan di daerahnya," jelas Alaidin.

Hal ini menjadi peringatan bagi pemimpin Pekanbaru ke depan, untuk menunjukkan kepemimpinan yang mampu menjadi panutan bagi masyarakat, tidak terlalu banyak beretorika.

"Akhlak pemimpin menjadi kunci dari semua persoalan ini,agar masyarakat benar-benar merasakan dan membutuhkan kehadiran seorang pemimpin yang menjadi contoh dalam kehidupan mereka,' tutup Alaidin Koto.

Yuki Chandra


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

TPS Masih Sepi, Warga Dihimbau melalui Masjid Tiap 20 Menit

Rabu, 15 Februari 2017 - 09:01:38 WIB

Sejumlah TPS terlihat masih sepi-sepi saja, dari pantauan Madaniy.Com di Kelurahan Tangkerang Tengah, sepertinya masih banyak warga yang berdiam di rumah.

DPRD Bersiap Agendakan Pelantikan Wako Terpilih

Selasa, 07 Maret 2017 - 16:46:51 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru telah menjadwalkan Pleno KPU dengan agenda Penetapan Walikota dan Wakil Walikota Terpilih pada Rabu 8 Maret 2017.

Bismillah, Petugas KPPS Laksanakan Pemungutan Suara Pilwako

Rabu, 15 Februari 2017 - 07:34:17 WIB

Petugas KPPS mulai melaksanakan kegiatan pencoblosan Pilkada Pekanbaru 2017, yang diawali dengan pengambilan sumpah petugs KPPS.

Para Srikandi Riau Yang Terabaikan

Kamis, 15 Februari 2018 - 21:45:34 WIB

Lalu, kemana para perempuan Riau yang selama ini banyak berkiprah dan bagi sebagian kalangan layak menjadi pendamping para calon Gubernur.

Fahmizal Sudah Berkomunikasi Dengan Ketua PAN Riau

Rabu, 03 Januari 2018 - 15:06:52 WIB

"Baru saja saya berkomunikasi dengan Ketua PAN Riau, mengenai peminjaman areal kompleks Purna MTQ, belum ada keputusan," kata Fahmizal kepada Madaniy.

Catatan Harian Syamsuar

Geronggang' Alternatif Masa Depan Ekonomi Riau

Senin, 29 Januari 2018 - 13:12:06 WIB

Ada satu hal yang menarik ketika mengunjungi Pulau Bengkalis tempo hari.... Seorang teman menceritakan sebuah potensi ekonomi yang cocok untuk masyarakat Riau