Pemerintah sedang Mengkaji Kebijakan Industri Impor Gas

Rabu, 08 Februari 2017 - 07:19:01 WIB
Pemerintah sedang Mengkaji Kebijakan Industri Impor Gas Pekerja memeriksa pipa gas untuk proyek infrastruktur energi di gudang penyimpanan Pertamina Gas (Pertagas) di Kawasan Industri Medan 3 (KIM 3), Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara, Rabu (24/6).

Jakarta, Madaniy.Com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan pemerintah sedang mengkaji potensi industri pengimpor gas. Tentu saja, kata dia, hal tersebut bertujuan mendapatkan harga yang kompetitif.

"Kita mengutamakan yang di dalam. Kalau di dalam, gas tidak memenuhi, kita buka impor. Dan ini butuh waktu," kata Arcandra saat ditemui di Forum The Indonesian Gas Society (IGS) bersama Pertamina di Jakarta Convention Center, Selasa (7/2).

Namun yang paling utama, infrastruktur penunjang harus dibangun terlebih dahulu. Ia menerangkan pembangunan tersebut membutuhkan waktu lama.

"Ada rencana kayak gitu, infrastruktur bangun dulu. LNG (gas alam cair) gimana masuknya. Kecuali FSRU (kapal yang dilengkapi dengan peralatan merubah LNG ke Gas)," ujar Arcandra.

Untuk FSRU saja perlu dua hingga tiga tahun. "Belum melihat daerahnya seperti apa, harus bangun jetty dan lain-lain, dan ini butuh waktu," tutur Arcandra.

Ia membantah wacana impor gas untuk industri karena Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2016 sulit diimplementasikan. Ia mencontohkan bagaimana realisasi aturan ini untuk tiga industri yakni baja, pupuk, dan petrokimia.

"Empat lain sedang dievaluasi. Caranya, industri tersebut berapa kontribusi ke GDP. Kayak makanan, misalnya kontribusi ke GDP Rp 10 triliun. Dari Rp 10 triliun berapa komponen gasnya," ujar Arcandra.

Sumber: Republika

 


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Kunci Bagi Kemajuan Koperasi Syariah 212

Senin, 23 Januari 2017 - 07:00:00 WIB

Koperasi Syariah 212 dinilai memiliki prospek yang bagus karena lahir dari idealisme dan spirit 212. Peneliti Ekonomi Syariah menyarankan agar Koperasi Syariah 212 tetap mengikuti kaidah hukum organi

Bantu Masyarakat, PLN UIW Riau dan Kepri Kirim Tim Relawan Medis

Selasa, 24 September 2019 - 18:09:09 WIB

Dampak dari kabut asap yang melanda Provinsi Riau salah satunya adalah menurunnya kondisi kesehatan warga.

Telaah Kritis BRK Syariah yang Kritis?

Jumat, 26 Mei 2023 - 20:08:07 WIB

Jamin Pasokan Energi, Kapal Pertamina Tembus Pekatnya Kabut Asap

Selasa, 24 September 2019 - 11:13:07 WIB

Di tengah asap yang memadati, pekerja Pertamina berjuang menjaga kelancaran pasokan BBM dan elpiji. Serbuan asap membuat jarak pandang hanya 300 sampai 500 meter. Paparan asap berpotensi sebabkan infe

PGN Terus Ekspansi Tingkatkan Distribusi Gas Bumi

Selasa, 28 Februari 2017 - 06:04:11 WIB

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk terus melakukan ekspansi untuk meningkatkan distribusi gas bumi di Lampung. Pada tahun ini, PGN Lampung menargetkan untuk menambah 6 pelanggan industri dengan penjua

Industri Kehutanan Jangan Cari Alasan Lagi

Rabu, 26 April 2017 - 19:22:17 WIB

EoF menangkap adanya indikasi keberatan dari industri kehutanan dan kelapa sawit untuk segera mematuhi Peraturan terkait pengelolaan dan perlindungan gambut.