Berlaku Hingga 30 April 2017

Riau Tetapkan Siaga Darurat Karhutla

Selasa, 24 Januari 2017 - 11:51:22 WIB
Riau Tetapkan Siaga Darurat Karhutla Pemadaman Karhutla
Pekanbaru, Madaniy.Com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman  menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2017 yang berlaku hari ini selama 96 hari hingga 30 April mendatang.
 
"Status siaga darurat ini ditetapkan setelah Kabupaten Rohul dan Kota Dumai sudah lebih dahulu menetapkan status, dan agar bisa melaksanakan pencegahan sedini mungkin" ujar Arsyadjuliandi Rachman dalam Rapat Koordinasi Penetapan Status Siaga Darurat Karhutla 2017 di Kantor Gubernur Pekanbaru, Selasa (24/1).
 
Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa prestasi bebas asap yang di raih Riau 2016 lalu diapresiasi oleh Presiden Jokowi yang saat itu mengundang gubernur dan kepala daerah lain yang rentan terjadi karhutla.
 
"Riau di tahun 2016 berhasil menekan 83,2 persen jumlah lahan yang terbakar, dimana tahun 2015 ada 2,6 juta hektare lahan yang terbakar sedangkan di tahun 2016 hanya 438 ribu hektare," tambahnya.
 
Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa titik panas di tahun 2016 juga mengalami penurunan sebanyak 82,14 persen menurut data satelit NOA dan penurunan 94,58 persen menurut satelit Terra dan Aqua.
 
Saat ini status siaga darurat Karhutla menurutnya mulai ditetapkan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran titik panas yang lebih banyak, sehingga akan segera dilakukan langkah-langkah strategis lanjutan untuk tindakan pencegahan.
 
"Salah satu tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah memperkuat sistem deteksi dini seperti penggunaan CCTV di lapangan, serta meneruskan pembentukan kanal blocking serta sumur bor, dan juga memberikan edukasi sosialisasi kepada masyarakat," ujarnya.
 
Gubri H Arsyadjuliandi Rachman menetapkan status Siaga Darurat Karhutla saat Rakor penetapan Status Siaga Darurat Karhutla di provinsi Riau bertempat di Ruang Melati Kantor Gubri Selasa (24/1/2017)
 
Usai penetapan status, gubernur bersama instansi terkait lainnya termasuk komandan korem, kapolda, komandan lanud, kepala dan kejati segera menyusun struktur tim satgas siaga karhutla yang mulai dikukuhkan hari ini.
 
Selain penyusunan struktur tim satgas, gubenur juga kembali mengaktifkan posko-posko siaga karhutla agar satgas bisa segera mulai tugasnya secara resmi.
 
Ia juga meneruskan imbauan Presiden agar semua unsur dari provinsi, kabupaten, hingga jajaran terbawah untuk berada di lapangan memantau karhutla.
 
Sehari sebelumnya, Senin, 23 Januari 2017 Andi bersama kepala daerah lainnya yang memiliki daerah rawan karhutla dipanggil oleh Presiden Joko Widodo dengan kementerian terkait seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian Agraria, dan Menko Polhukam membahas tentang Karhutla.
 
Danrem 031 WB, Ka BPBD Prov Riau Pimpin Rapat Kordinasi Satgas Siaga Darurat KARHUTLA  di Lanud Roesmin Nurjadin
 
Fokus
Gubri meminta dengan ditetapkannya status siaga Karlahut ini semua pihak terkait bahu membahu mengoptimalisasi kemampuannya melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana asap.Selain itu, orang nomor satu ini juga menegaskan semuanya tidak ada yang bekerja di belakang meja. Semua pihak harus turun ke lapangan.
 
"Saya minta Karlahut tak terjadi lagi. Sebagaimana arahan Presiden meminta seluruhnya berada di lapangan. Tidak ada lagi di belakang meja," kata Andi Rachman (sapaan akrab Gubri, Selasa (24/1/17).
 
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman telah mengumumkan status siaga darurat bencana asap akibat Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Pengumuman ini dilakukan setelah sepekan lalu dua kabupaten mengumumkan status yang sama yakni Rohul dan Dumai.
 
Hadir pada kesempatan ini, Kapolda Riau Irjend Pol Zulkarnain, Kepala Staf Korem 031/WB Kol CZI I Nyoman Parwata, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger serta berbagai undangan lainnya baik di tingkat provinsi mau pun kabupaten kota.
 
Kemudian dunia usaha diinstruksikan juga meneruskan kanal bloking ditambah denga media lain, yakni pembuatan sumur bor yang sudah ada sejak 2016. "Masyarakat juga diminta untuk terus diberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Karlahut," ujar Andi.(adv/hms)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Aktif Gelar Donor Darah Lanud Rsn Dapat Penghargaan

Kamis, 06 April 2017 - 15:03:31 WIB

PMI Kota Pekanbaru memberi penghargaan kepada Lanud Roesmin Nurjadin terkait dengan partisipasi aktifnya dalam kegiatan donor darah.

Terobosan SALUD Riau, Bikin Kemenhub RI Bergairah

Rabu, 21 November 2018 - 23:10:58 WIB

Kementerian Perhubungan kian bergairah upayakan percepatan pembudayaan kesadaran akan keselamatan lalulintas sejak usia dini.

Kunker 2 Jam Panglima TNI di Riau, Tanpa Wawancara

Kamis, 27 April 2017 - 12:22:49 WIB

Dengan alasan waktu yang mepet, Kadispen TNI menolak adanya sesi wawancara dengan wartawan yang telah menunggu kehadiran Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo, sejak pukul 08.00 WIB di Lanud Roesmin Nu

Istighosah dan Doa Bersama Keluarga Besar Lanud Rsn

Rabu, 03 Januari 2018 - 14:40:36 WIB

Seusai shalat Zuhur berjamaah, keluarga besar Lanud Roesmin Nurjadin dan Yonko 462 Paskhas bersama-sama mengikuti kegiatan Istighosah dan do’a bersama di Masjid Amrulah Lanud Rsn, Selasa (2/1).

29 September, Kirab Bendera Akan Singgah di Pekanbaru Selama Dua Jam

Rabu, 26 September 2018 - 22:24:43 WIB

Rombongan Kirab Bendera Merah Putih akan singgah selama dua jam di Pekanbaru, pada Sabtu (29/9/2018).

KPK Siap Bantu TNI Usut Polemik Pembelian Heli AW-101

Jumat, 10 Februari 2017 - 08:37:15 WIB

Sengkarut pengadaan Helikopter AgustaWestland AW-101 masih berlanjut. Tak hanya TNI yang siap melakukan investigasi, Komisi Pemberantasan Korupsi juga siap mendukung pengusutan kasus ini.