Disambut Camat Sail, Siswa SD Juara Pekanbaru Belajar di Kebun Cemara

Rabu, 26 Oktober 2022 - 06:50:34 WIB
Disambut Camat Sail, Siswa SD Juara Pekanbaru Belajar di Kebun Cemara Siswa SD Juara belajar berkebun
Madaniy.Com - Peserta didik kelas 3 SD Juara Pekanbaru mengadakan Outing Class ke kebun sayur yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Cemara, Kamis, (20/10/2022). 
 
Kebun Cemara ini merupakan kebun sayur Kelompok Wanita Tani terbaik di kota Pekanbaru. Kebun KWT Cemara terletak di Jalan Tamrin Kecamatan Sail Kota Pekanbaru.
 
Tepat pukul 09.00 Wib peserta didik tiba di lokasi Kebun KWT Cemara. Rombongan disambut ramah dan hangat oleh ketua dan tim KWT Cemara. 
 
Kegiatan ini diikuti oleh 24 orang peserta didik dan 3 orang guru pendamping. Selain itu hadir pula Camat Sail dan penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian kota Pekanbaru.
 
 
Sebelum menjelajahi kebun, terlebih dahulu peserta didik mendengarkan sambutan dan arahan yang disampaikan Emi selaku penanggung jawab KWT Cemara. Dalam penyampaiannya bu Emi menyampaikan tentang bagaimana menanam dan memanen sayur yang baik.
 
Selanjutnya peserta didik berkeliling untuk melihat sayur - sayuran yang di budidayakan. Ada beragam tanaman sayur diantaranya, bayam, kangkung, kacang panjang, terong, mentimun, daun sop dan kemangi. 
 
Puas melihat semua tanaman yang ada di kebun KWT Cemara selanjutnya peserta didik begitu antusias mempraktikkan langsung cara memanen sayur yang tepat. 
 
Selain itu, peserta didik diberi kesempatan menanam bawang merah di lokasi perkebunan. Di akhir kegiatan peserta didik dihadiahkan sayuran yang telah mereka panen untuk dibawa pulang. 
 
 
Banyak pengalaman berharga yang diperoleh peserta didik dari kegiatan ini. Peserta didik melihat langsung kebun sayur, cara petani menanam dan memanen sayur sehingga diharapkan peserta didik menjadi lebih cinta sayur dan sayang ketika sayur dibuang atau tidak dimakan. 
 
Dalam sambutan yang diberikan oleh Pak Camat juga memberikan motivasi kepada peserta didik untuk memanfaatkan area pekarangan sebagai tempat untuk bercocok tanam. 
 
Neal salah seorang peserta Outing menyatakan, " Senang sekali  bisa panen sayur langsung di kebunya. Nanti bisa dimasak oleh ummi di rumah".
 
Kontributor : Rusmiati 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Dua Tahun Tersandera Permen, 12 Ribu Keluarga Nelayan Terlantar

Kamis, 09 Februari 2017 - 22:37:28 WIB

Larangan penggunaan alat penangkapan ikan tersebut, berimbas pada perekonomian masyarakat nelayan di pesisir pantai Sumatera Barat yang hanya mengharapkan sumber perekonomiannya dari laut.

Tradisi Makan 'Bajambau' Suguhan Bagi Bikers Asean

Kamis, 06 April 2017 - 00:16:58 WIB

Sebelum sampai di Candi Muara Takus,para biker Asean peserta Riau Bike Week 2017 bakal disuguhi Tradisi Makan 'Bajambau'.

Persiapan Embarkasi Haji Terus Dimatangkan

Ahad, 22 Januari 2017 - 21:34:58 WIB

Komitmen Pemerintah Provinsi Riau untuk meningkatkan pelayanan dalam penyelenggaraan ibadah haji, ditunjukkan dengan kesungguhan mempersiapkan embarkasi haji,

Petik Gambus, Gubri Buka Riau Art Camp Festival

Selasa, 07 Maret 2017 - 11:27:41 WIB

Petikan jemari tangan kanan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pada gambus, tandai dibukanya rangkaian Rapat Koordinasi Teknis Dinas Pariwisata se-Provinsi Riau, di Rupat Utara, Bengkalis, pada Seni

Akhirnya Pejabat Pemko Pekanbaru Insyaf, Jika Kualitas Udara Memburuk

Ahad, 25 Agustus 2019 - 23:24:10 WIB

setelah berminggu lamanya kabut asap menyelimuti Kota Pekanbaru dan membuat kualitas udara terus memburuk, bahkan dalam beberapa hari terakhir masuk level tidak sehat bagi kesehatan.

Fasilitas Tak mencukupi, Pasien RSUD Dumai Antri

Senin, 06 Maret 2017 - 22:28:11 WIB

Fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai sangat terbatas, pasien harus mengantri untuk mendapatkan pelayanan. Inilah keluhan Walikota Dumai Zulkifli AS kepada Gubernur Riau (Gubri) di Dumai, Sen