Gerakan SALUD Tanggung Jawab Seluruh Pemangku Kepentingan

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:09:21 WIB
Gerakan SALUD Tanggung Jawab Seluruh Pemangku Kepentingan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka Seminar Nasional SALUD, Kamis (19/05/2022).
Madaniy.Com - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi Gerakan Sadar Lalu Lintas Usia Dini merupakan tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan.
 
Hal ini disampaikan Menhub saat membuka Seminar Nasional SALUD di Ruang Mataram Kemnehub RI, Kamis (19/05/2022) yang diselenggarakan BPSDM Kemenhub pada Dies Natalis PKTJ.
 
Gerakan melalui kurikulum pendidikan, merupakan salah satu upaya strategis untuk menanamkan nilai-nilai kesadaran tersebut mulai dari usia PAUD.
 
"Diharapkan dalam beberapa dekade ke depan, masyarakat Indonesia adalah generasi yang paham dan sadar lalu lintas," kata Budi Karya dalam sambutannya.
 
Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit dalam sambutannya yang dibacakan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman, mengungkapkan bahwa saat ini angka kecelakaan lalu lintas sangat tinggi secara nasional.
 
"Untuk itu, kita perlu bersinergi dengan lembaga pendidikan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang pentingnya displin dalam berlalu lintas," kata Kapolri.
 
Polri sangat mendukung Gerakan SALUD ini, untuk itu, pendidik terutama di kelompok usia PAUD/TK dan SD diharapkan bisa mengoptimalkan taman lalu lintas yang dikelola Polri di daerah masing-masing.
 
"Jadikan taman lalu lintas yang ada di daerah sebagai laboratorium pembelajaran bagi anak-anak kita," kata Kapolri.
 
 
Di Pekanbaru Riau
 
Seminar nasional SALUD yang dihelat PKTJ ini juga dihadiri perwakilan Relawan SALUD Provinsi Riau binaan BPTD IV Riau-Kepri, komunitas pertama yang terbentuk di Indonesia, sekaligus tempat lahirnya istilah SALUD.
 
Disebutkan komunitas relawan yang berbadan hukum resmi ini, lahir pada 26 April 2018 di Pekanbaru, atas inisiatif dan inovasi S Ajie Panatagama, ketika itu menjabat Kepala BPTD IV Riau-Kepri.
 
Pasca kelahiran SALUD Riau, kemudian bermunculan komunitas relawan SALUD di sejumlah provinsi di tanah air, yang semuanya diinisiasi BPTD masing-masing.
 
Akhirnya ketika itu, Direktur Prasarana Kemenhub RI - Risal Wasal, menetapkan penggunaan istilah SALUD untuk kegiatan kampanye dan edukasi keselamatan lalu lintas, sebagai istilah resmi, pada bulan Desember 2019. 01

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Lanud Rsn Terus Tingkatkan Patroli Udara Demi Menjaga Wilayah NKRI

Ahad, 13 Oktober 2019 - 07:03:00 WIB

"Terpantau seluruhnya. Justru pertahanan udara sangat penting. Dalam penanganan wilayah teritorial dan pemantauan arah laut Indonesia," jelasnya.

Pembelian Heli AW-101, Diluar Kendali Panglima TNI

Jumat, 10 Februari 2017 - 08:43:45 WIB

Keluhan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo soal kewenangannya yang merasa dipangkas oleh Peraturan Menteri Pertahanan (Permenhan) Nomor 28 Tahun 2015 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Pertahan

Danlanud Rsn, "Siswa Mengenal Nusantara" Inisiasi Positif Bagi Generasi Muda

Senin, 20 Agustus 2018 - 17:22:09 WIB

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka, membuka pelatihan Bela Negara bertajuk "Siswa Mengenal Nusantara", di Gedung Serba Guna Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (20/8).

Jangan Terburu-buru Sahkan Ranperda RTRW

Kamis, 30 Maret 2017 - 06:27:16 WIB

DPRD Provinsi Riau diminta untuk tidak terburu-buru mengesahkan Ranperda RTRW yang diajukan Pemprov Riau. Karena dinilai akan memicu konflik baru di tengah masyarakat.

Proses Demokrasi Berjalan Aman, Ketua MUI Riau Berterima kasih Kepada TNI-Polri

Senin, 21 Oktober 2019 - 23:18:01 WIB

Selain itu, dengan kondisi umur negara Indonesia yang sudah dewasa. Ia berharap seluruh elemen masyarakat, baik elemen pemerintahan dapat saling bersinergi menciptakan suasana yang soft.***

Babinkamtibmas Ini Bangun Karakter Bangsa Lewat Sepakbola

Senin, 29 Juli 2019 - 00:51:30 WIB

Hal inilah yang dirasakan dan dilakukan Bintara Senior yang bertugas sebagai Babinkamtibmas di Lipat Kain ini, hobi sepakbola yang begitu mendarah daging pada dirinya, justru menjadi salah satu sarana