Sejarah Pelayaran Penyeberangan Di tanah Air

Peralihan Penerbitan SPB Di Kepri Disaksikan Kadishub Kepri

Selasa, 01 Juni 2021 - 11:12:29 WIB
Peralihan Penerbitan SPB Di Kepri Disaksikan Kadishub Kepri Muhammad Zita Syahbandar Pembantu PP Tanjung Uban serahkan dokumen SPB kepada Nakhoda KMP Swarna Bengawan
Madaniy.Com - Terhitung 1 Juni 2021, tugas dan fungsi keleamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai danau dan penyeberangan, resmi dibawah naungan Direktorat Jenederal Perhubungan Darat.
 
Di wilayah kerja Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau (BPTD IV Riau-Kepri) pelaksanaan peralihan ini berjalan dengan lancar.
 
Secara khusus Junaidi Kadishub Provinsi Kepri, hadir untuk menyaksikan langsung penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) perdana di Pelabuhan Penyeberangan (PP) Tanjung Uban.
 
Tepat menjelang keberangkatan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Swarna Bengawan yang melayani penyeberangan PP Tanjung Uban - PP Telaga Punggur, Kepala Unit Pelaksana Pelabuhan, Asdiman Sagala menyerahkan dokumen kapal kepada Korsatpel PP Tanjung Uban Muhammad Zita.
 
Kepala Unit Pelaksana Pelabuhan, Asdiman Sagala menyerahkan dokumen kapal kepada Korsatpel PP tanjung Uban Muhammad Zita.
 
Selanjutnya setelah melakukan pengecekan secara administrasi dan teknis, Muhammad Zita selaku pejabat Syahbandar Pembantu dari BPTD IV Riau-Kepri menandatangani dokumen SPB kepada Nakhoda KMP Swarna Bengawan.
 
"Dengan mengucapkan Bismillah, hari ini telah resmi pelaksanaan tugas dan fungsi keselamatan pelayaran TSDP, oleh BPTD IV Riau-Kepri," kata Junaidi.
 
Ditambahkan Junaidi, bahwa atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, berharap pelaksanaan tugas ini berjalan lancar, untuk optimalisasi pelayanan pelayaran yang berkeselamatan dan aman bagi masyarakat.
 
"Ini sejarah bagi insan perhubungan, sejarah pelayaran penyeberangan, yakni peran kesyahbandaran Transpotasi SDP menjadi kewenangan kawan-kawan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat," kata Junaidi.
 
Bagi BPTD IV Riau-Kepri, peralihan tugas dan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran TSDP, masih pada masa transisi. Seluruh jajaran mulai dari Syahbandar, Syahbandar Pembantu, Marine Inspector dan staf administrasi masih beradaptasi.
 
"Hari ini kami mulai menjalankan kepercayaan yang diberikan Bapak Dirjen Hubdat Budi Setiyadi, kami harus cepat beradaptasi dan belajar lebih banyak dengan kawan-kawan dari KSOP yang telah berpengalaman," kata Muhammad Zita, Syahbandar Pembantu PP Tanjung Uban.
 
Berikut Daftar Syahbandar Pembantu di wilayah kerja BPTD IV Riau-Kepri
Nama Wilayah kerja
1. Daramis  PP Dumai
2. Rori Diansyah  PP Rupat
3. Mangasi Siahaan PP Sei Selari
4. Supiandi, S.Sos PP Air Putih (Bengkalis)
5. Febrianto, SIP PP Kampung Balak, Pecah Buyung dan Alai Insit
6. Rusdi Afianto PP Tanjung Balai Karimun dan Selat Belia
7. Fauzi, ST PP Telaga Punggur
8. Muh. Zita PP Tanjung Uban
9. Divta A PP Tambelan
10.Nofriza, S.AP PP Dompak
11.Muh. Saleh PP Matak dan Penagi
12.Syaibul Alades PP Dabo/Jagoh dan Penarik
Sumber: Humas BTD IV

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Ledakan di Rambah, Wadan Korpaskhas Bertanggungjawab

Kamis, 20 Juli 2017 - 18:07:27 WIB

Wadan Korpaskhas Marsma TNI Yudi Bustami menegaskan pihaknya bertanggung jawab atas musibah yang menimpa keluarga korban meninggal dan luka berat.

Polemik Pengesahan RTRW Riau Jadi Atensi MenLHK

Kamis, 30 Maret 2017 - 10:29:15 WIB

Desakan sejumlah unsur masyarakat Riau kepada DPRD Riau terkait persoalan Raperda RTRW mendapat atensi Menteri Lingkungan Hdup dan Kehutanan RI (MenLHK).

Ketua PB HMI Jawab Panggilan Polri

Surat Panggilan Polisi Terkesan Janggal

Ahad, 22 Januari 2017 - 19:34:18 WIB

Ketua Umum PB HMI Mulyadi P Tamsir menemukan kejanggalan dalam surat panggilan Polisi terkait permintaan Klarifikasi dari Polda Metro Jaya.

Kenalkan TNI AU, Ratusan Murid TK Kunjungi Lanud Roesmin Nurjadin

Jumat, 26 Oktober 2018 - 09:06:01 WIB

Tak kurang dari 248 murid dan 24 guru pendamping dari Al-Abudiyah yang beralamat di Jl. Gang Delima Kecamatan Tampan Pekanbaru melihat langsung Lanud Rsn serta pesawat tempurnya

Konsumen Jasa Angkutan Penumpang Agar Selektif Memilih Bus Pariwisata

Selasa, 31 Desember 2019 - 13:50:17 WIB

"Tak ada yang perlu ditutupi, tanyakan kelayakan jasa angkutan pariwisata tersebut ataupun angkutan penumpang, utamakan keselamatan dalam perjalanan," tegasnya

Tolak Sholatkan Jenazah Pembela Penista Agama?

Senin, 27 Februari 2017 - 14:00:53 WIB

Pasca aksi ummat Islam Indonesia yang berlangsung dalam empat fase, terkait dengan kasus penistaan agama yang diduga dilakukan terdakwa Basuki Tjahaya Purnama dipanggil Ahok, ketika berkunjung ke Kepu