Sejarah Pelayaran Penyeberangan Di tanah Air

Peralihan Penerbitan SPB Di Kepri Disaksikan Kadishub Kepri

Selasa, 01 Juni 2021 - 11:12:29 WIB
Peralihan Penerbitan SPB Di Kepri Disaksikan Kadishub Kepri Muhammad Zita Syahbandar Pembantu PP Tanjung Uban serahkan dokumen SPB kepada Nakhoda KMP Swarna Bengawan
Madaniy.Com - Terhitung 1 Juni 2021, tugas dan fungsi keleamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai danau dan penyeberangan, resmi dibawah naungan Direktorat Jenederal Perhubungan Darat.
 
Di wilayah kerja Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau (BPTD IV Riau-Kepri) pelaksanaan peralihan ini berjalan dengan lancar.
 
Secara khusus Junaidi Kadishub Provinsi Kepri, hadir untuk menyaksikan langsung penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) perdana di Pelabuhan Penyeberangan (PP) Tanjung Uban.
 
Tepat menjelang keberangkatan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Swarna Bengawan yang melayani penyeberangan PP Tanjung Uban - PP Telaga Punggur, Kepala Unit Pelaksana Pelabuhan, Asdiman Sagala menyerahkan dokumen kapal kepada Korsatpel PP Tanjung Uban Muhammad Zita.
 
Kepala Unit Pelaksana Pelabuhan, Asdiman Sagala menyerahkan dokumen kapal kepada Korsatpel PP tanjung Uban Muhammad Zita.
 
Selanjutnya setelah melakukan pengecekan secara administrasi dan teknis, Muhammad Zita selaku pejabat Syahbandar Pembantu dari BPTD IV Riau-Kepri menandatangani dokumen SPB kepada Nakhoda KMP Swarna Bengawan.
 
"Dengan mengucapkan Bismillah, hari ini telah resmi pelaksanaan tugas dan fungsi keselamatan pelayaran TSDP, oleh BPTD IV Riau-Kepri," kata Junaidi.
 
Ditambahkan Junaidi, bahwa atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, berharap pelaksanaan tugas ini berjalan lancar, untuk optimalisasi pelayanan pelayaran yang berkeselamatan dan aman bagi masyarakat.
 
"Ini sejarah bagi insan perhubungan, sejarah pelayaran penyeberangan, yakni peran kesyahbandaran Transpotasi SDP menjadi kewenangan kawan-kawan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat," kata Junaidi.
 
Bagi BPTD IV Riau-Kepri, peralihan tugas dan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran TSDP, masih pada masa transisi. Seluruh jajaran mulai dari Syahbandar, Syahbandar Pembantu, Marine Inspector dan staf administrasi masih beradaptasi.
 
"Hari ini kami mulai menjalankan kepercayaan yang diberikan Bapak Dirjen Hubdat Budi Setiyadi, kami harus cepat beradaptasi dan belajar lebih banyak dengan kawan-kawan dari KSOP yang telah berpengalaman," kata Muhammad Zita, Syahbandar Pembantu PP Tanjung Uban.
 
Berikut Daftar Syahbandar Pembantu di wilayah kerja BPTD IV Riau-Kepri
Nama Wilayah kerja
1. Daramis  PP Dumai
2. Rori Diansyah  PP Rupat
3. Mangasi Siahaan PP Sei Selari
4. Supiandi, S.Sos PP Air Putih (Bengkalis)
5. Febrianto, SIP PP Kampung Balak, Pecah Buyung dan Alai Insit
6. Rusdi Afianto PP Tanjung Balai Karimun dan Selat Belia
7. Fauzi, ST PP Telaga Punggur
8. Muh. Zita PP Tanjung Uban
9. Divta A PP Tambelan
10.Nofriza, S.AP PP Dompak
11.Muh. Saleh PP Matak dan Penagi
12.Syaibul Alades PP Dabo/Jagoh dan Penarik
Sumber: Humas BTD IV

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Falcon Fighter Skadron Udara 16 kembali ke Pangkalan

Sabtu, 18 Februari 2017 - 14:58:28 WIB

Sabtu (18/02/17) pagi, tepat pukul 09.00 WIB, langit Pekanbaru kembali mendesing ketika dua jet tempur andalan Lanud Roesmin Nurjadin, melakukan flypass. Setelah beberapa minggu, suara tersebut menghi

Adakan Konsultasi Publik Penguatan ISPO di Pekanbaru

Kemenko Perekonomian RI Tak Butuh Masukan Media Daerah

Senin, 08 Mei 2017 - 15:17:53 WIB

Setidaknya demikian jawaban yang diberikan Siti Nurjanah kontak person dalam undangan kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Presiden tentang Penguatan ISPO, yang digelar Kementerian Koordinat

Amankan Wilayah Udara Aceh, 4 F-16 Ditugaskan Patroli

Selasa, 11 Juli 2017 - 17:43:25 WIB

Empat pesawat tempur F-16 dipimpin Komandan Skadron Udara 16 Letkol Pnb Nur Alimi saat ini telah berada di Lanud Sultan Iskandar Muda untuk menjalankan tugas patroli udara hingga 13 Juli mendatang.

56 Tahun Sudah, Perumus Naskah Sumpah Pemuda Itu Tinggalkan Kita

Rabu, 17 Oktober 2018 - 06:44:50 WIB

Kemudian disaat menjabat Menteri Pengajaran, Pendidikan, dan Kebudayaan, Yamin banyak mendorong pendirian univesitas-universitas negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Di antara perguruan tinggi yang

Libatkan Warga Tempatan, Padat Karya BPTD IV di Pandau Jaya Dihadiri Syahrul Aidi

Senin, 02 Agustus 2021 - 11:57:26 WIB

Dihadiri Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi Maazat, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dan Gubernur Riau yang diwakili Kadishub Andi Yanto, BPTD IV Riau-Kepri gelar kegiatan Padat Karya di Pandau Ja

Dipimpin Kapolda Riau, Prosesi Pemakaman Bripka Hendra Berlangsung Haru

Ahad, 22 Desember 2019 - 13:01:34 WIB

Ribuan warga Kota Pekanbaru di Jalan Sudirman turut melepas perjalanan jenazah almarhum Bripka (ANM) Hendra Saut Parulian Sibarani menuju tempat peristirahatan terakhirnya di Taman Makam Bahagia Kota