Tanpa Bantuan Pemerintah, Warga BMP Berswadaya Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Ahad, 23 Mei 2021 - 10:59:31 WIB
Tanpa Bantuan Pemerintah, Warga BMP Berswadaya Lakukan Penyemprotan Disinfektan Warga RT 04 RW 14 melaksanakan penyemprotan disinfektan secara swadaya.
Madaniy.Com - Menyusul tiga orang warga RT 01 dan 02, RW 14 Kelurahan Sialang Sakti Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru terpapar Covid-19, warga RT 04 berinisiatif lakukan penyemprotan disinfektan.
 
Dijelaskan Ketua RT 04 Endang Muksin, meski saat ini nihil warganya yang terpapar Covid-19, namun baginya langkah pencegahan lebih penting demi menjaga warganya.
 
"Hari ini kami melaksanakan disinfektan ke seluruh rumah warga, untuk mencegah penyebaran Covid-19, kabar yang kami dapat ada tiga warga RT tetangga yang positif terpapar," kata Endang.
 
 
Penyemprotan disinfektan ke seluruh rumah warga diakui warga Perumahan Bumi Mutiara Permai (BMP) ini merupakan inisiatif dan hasil swadaya masyarakat dengan peralatan seadanya.
 
"Semuanya adalah swadaya masyarakat, lebih baik mencegah sebelum terjadi lagi, seperti beberapa waktu lalu," kata Endang menambahkan.
 
Selama pandemi, tercatat 14 warga RT 04 terpapar Covid-19, dan sudah dinyatakan sembuh secara medis. Berkaca dari pengalaman inilah, selaku aparat lingkungan bersama dengan RT-RT di lingkungan RW 14, terus bahu-membahu  melakukan sosialisasi dan upaya preventif.
 
Bertahan Di Lumbung Pangan
Beruntung bagi warga perumahan BMP, kebersamaan dan kekompakan warga untuk saling menopang satu sama lain berjalan dengan sangat baik.
 
Di perumahan yang terhimpun dalam RW 14, mampu bertahan dengan membentuk Lumbung Pangan Warga selama pandemi Covid-19 ini. Tidak hanya membantu warga yang terpapar, warga yang terdampak secara ekonomi pun menjadi sasaran.
 
"Untuk RT 04 terdapat 23 kepala keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 secara ekonomi, Alhamdulillah sampai hari ini warga kami tersebut masih mampu bertahan, berkat Lumbung Pangan," kata Endang Muksin.
 
Dijelaskan Endang, keberadaan Lumbung Pangan ini memang bertujuan untuk membantu meringankan beban warga yang terpapar dan menjalani isolasi mandiri dan warga yang terdampak ekonomi.
 
Bantuan dari Lumbung Pangan Warga RW 14, bagi warga yang menjalani isolasi mandiri.
 
"Lumbung Pangan ini menghimpun donasi dari warga yang memiliki rejeki berlebih dan yang ingin berbagi dengan sesama, lalu kami distribusikan kepada seluruh warga yang terdampak," katanya.
 
Khusus untuk warga yang terpapar, diberikan bantuan selama sepuluh hari. Sementara bagi warga yang terpapar, diberikan bantuan setiap bulannya.
 
"Kegiatan Lumbung Pangan terbentuk karena kami tak bisa berharap kepada pemerintah, dan karena untuk warga di lingkungan RW 14 saja, termasuk dengan penyemprotan ini," kata Endang menambahkan.01

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Saka Dirgantara Lanud Rsn Gelar Perkemahan

Ahad, 12 Februari 2017 - 18:26:08 WIB

Bertempat di Bumi Perkemahan Lanud Roesmin Nurjadin, Satuan Karya (Saka) Pramuka Dirgantara Lanud Rsn menggelar perkemahan bagi anggota barunya yang dimulai sejak Sabtu (11/2) hingga Minggu (12/2).

29 September, Kirab Bendera Akan Singgah di Pekanbaru Selama Dua Jam

Rabu, 26 September 2018 - 22:24:43 WIB

Rombongan Kirab Bendera Merah Putih akan singgah selama dua jam di Pekanbaru, pada Sabtu (29/9/2018).

BJ Habibie dimataku...

Jumat, 13 September 2019 - 09:04:55 WIB

Jika dunia sepak bola memiliki legenda seperti Pel dan Maradona, talenta yang belum tentu akan lahir setiap abad. Demikian juga di negeri ini, belum tentu akan lahir Habibie berikutnya dalam kurun wak

2017, Presiden Targetkan Restorasi 400 Ribu Hektare Lahan Gambut

Rabu, 26 April 2017 - 19:38:46 WIB

Presiden Joko Widodo menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk melindungi dan merestorasi lahan gambut. Setahun yang lalu, Presiden telah membentuk Badan Restorasi Gambut (BRG) yang akan mengawal

Tanpa Henti, Andi Rachman Terus Menjual Pariwisata Riau, Bahkan di Rakornas

Kamis, 30 Maret 2017 - 19:17:08 WIB

Sebuah kehormatan bagi Riau, ketika Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman menjadi pembicara pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta Kamis (29/03/2017).

Jelang Kedatangan Raja Salam As Saud

Santunan Musibah Crane masuk Agenda Dialog

Senin, 27 Februari 2017 - 18:27:18 WIB

Indonesia sudah berkali-kali menanyakan santunan bagi korban musibah crane yang terjadi pada pelaksanaan haji 2015 lalu. Kementerian Agama tidak bisa memastikan hal ini jadi pembicaraan dengan Raja Ar