Terima Upah Rp19Juta Untuk Bakar Mobil Kabul

Ahad, 11 Oktober 2020 - 12:41:07 WIB
Terima Upah Rp19Juta Untuk Bakar Mobil Kabul Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi dengan pelaku pembakar mobil
Madaniy.Com - Pelaku pembakaran terhadap mobil milik Kabul Situmorang di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, Senin (14/09/2020) lalu, ternyata diberi upah sebesar Rp.19juta.
 
Hal ini disampaikan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi dalam jumpa pers yang dilangsungkan di halaman Mapolda Riau, Pekanbaru, Minggu (11/10/2020).
 
Keberhasilan jajaran Ditreskrim Polda Riau dalam mengungkap pelaku pembakaran terhadap mobil milik Kabul Situmorang  ini tak terlepas dari rekaman CCTV dan identifikasi yang dilakukan.
 
Dijelaskan Kapolda kepada awak media, si pemberi perintah membakar saat ini masih didalami penyidik, disebabkan keterangan yang diberikan para pelaku masih membutuhkan pendalaman.
 
"Dari pengakuan para pelaku yang berjumlah enam orang ini, mereka menerima upah sebesar Rp.19juta, yang diserahkan dalam dua tahap,' kata Irjen Agung setia.
 
Saat ini petugas telah mengamankan tiga pelaku,masing-masing - MI (sopir), IS (eksekutor) dan JH, yang ditangkap pada 23 September 2020. Sementara APR (penghubung), IR dan FIR masih dalam pengejaran.
 
Irjen Pol Agung setia menegaskan, Polda Riau senantiasa akan terus menjaga keamanan bagi seluruh masyarakat, khususnya dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah tahun 2020. 
 
"Guna menjamin stabilitas kemanan dan ketertiban masyarakat, akan terus dilakukan upaya penegakan hukum terhadap para pelaku tindak pidana yang melakukan aksinya di wilayah hukum Polda Riau," katanya.
 
Juga ditambahkan Kapolda, "Saat ini telah disiapkan tim pemburu kejahatan dengan kemampuan IT dan tehnis modern penyelidikan dan penyidikan yang akan mampu mengungkap berbagai macam kejahatan trans nasional, kejahatan kontijensi, dan kejahatan yang akan terus mengganggu situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Riau."
 
Para Pelaku dipersangkakan telah melakukan tindak pidana dengan sengaja menimbulkan kebakaran (pembakaran) sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 187 KUHP Jo Pasal 55, 56 KUHP dengan ancaman pidana hukuman penjara selama 12 (dua belas) tahun.
 
Kapolda Riau menghimbau agar APR, IR dan FIR (DPO) dan pelaku yang memberi perintah (mendanai) segera menyerahkan diri secara baik-baik atau akan dikejar dan tangkap dimanapun mereka bersembunyi, untuk mempertanggungjawabkan perbuatan pidana yang telah dilakukan.***
 
Sumber: Bidhumas Polda Riau
 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Terkait Kasus Suap Pesawat

KPK Cegah Lima Nama ke Luar Negeri

Jumat, 20 Januari 2017 - 22:49:39 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah lima orang ke luar negeri untuk diperiksa dalam kasus suap pengadaan pesawat Airbus dan mesin pesawat di PT Garuda Indonesia periode 2005-2014. Dua yang dic

Sidang Lanjutan Ahok Keluar dari Pokok Perkara

Rabu, 01 Februari 2017 - 17:28:23 WIB

Proses sidang lanjutan Basuki Tjahja Purnama dengan saksi Kiai Maruf Amin disesalkan banyak pihak. Pascakuasa hukumnya di persidangan menyebut Kiai Ma'ruf sebagai saksi palsu dan akan melaporkannya ke

Warga Panik, 200an Tahanan Kabur dari Lapas Sialang Bungkuk

Jumat, 05 Mei 2017 - 14:23:01 WIB

200an tahanan Lapas Sialang Bungkuk Pekanbaru kabur dari penjagaan, kejadian ini membuat panik masyarakat yang berdomisili di sekitar Rumah tahanan tersebut.

Dalami dugaan Kekerasan, Polisi Tanyai Anak-Anak Panti Asuhan Tunas Bangsa

Rabu, 01 Februari 2017 - 16:59:36 WIB

Satuan Resor Kriminal Kepolisian Resor Kota Pekanbaru akan melakukan pemeriksaan kepada belasan anak Panti Asuhan Tunas Bangsa terkait dugaan kekerasan oleh pemiliknya Lili Nurhayati (49) yang menyeba

Dari 101 Pilkada, Hanya Ahok yang Singgung Agama

Selasa, 21 Februari 2017 - 16:17:28 WIB

Ahli agama Islam dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Miftachul Akhyar menyatakan, polemik terkait ucapan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menyinggung surah al-Maidah ayat 51 hanya terjadi di

Polres Kampar Sentuh Hati Masyarakat Melalui Jumat Barokah

Sabtu, 08 April 2017 - 11:36:12 WIB

Tuntutan tugas jajaran Kepolisian Republk Indonesia, semakin hari semakin meningkat. Peran ini harus disiasati sepenuh hati oleh setiap jajaran di wilayah.