Pertama di Riau, Ketua RT Gelar Penyuluhan Pencegahan Narkoba Buat Warganya

Sabtu, 09 November 2019 - 08:38:19 WIB
Pertama di Riau, Ketua RT Gelar Penyuluhan Pencegahan Narkoba Buat Warganya Remaja Masjid RT 01 menjadi garda terdepan pencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungannya.
Madaniy.Com - Keprihatinan terhadap bahaya penyalahgunaan yang semakin mengancam kehidupan masyarakat, Ketua RT 01 RW VI, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Tampan, Pekanbaru berinisiatif  mengadakan penyuluhan cegah narkoba bagi seluruh warganya.
 
"Penyalahgunaan narkoba mengancam masa depan generasi kita, sebagai RT yang diberi amanah oleh warga, saya tak mau jika ada warga kami yang terjebak dengan perilaku itu," kata Jeni Pranando kepada Madaniy.
 
Ketua RT 01 yang akrab disapa Ajo Jen ini mengakui, bahwa cara terbaik untuk melakukan pencegahan tersebut adalah dengan memberikan pemahaman yang cukup kepada seluruh warganya, agar ke depan bisa mengantisipasi dan mengawasi lingkungannya.
 
"Beruntung sekali, pihak BNN Kota Pekanbaru sangat mendukung keinginan warga tersebut, dan mengirimkan anggota BNN untuk memberikan penyuluhan kepada warga," kata Ajo Jen.
 
Warga RT 01 antusias mengikuti penyuluhan 
 
Tepatnya pada Minggu 8 September 2019, bertempat di lapangan terbuka RT 01, Indriadi Toper tenaga Penyuluh BNN Kota Pekanbaru memberikan penyuluhan kepada warga, dihadiri tokoh masyarakat, majelis taklim dan remaja masjid.
 
"Sebuah pengalaman berharga, pertama kalinya lingkungan terkecil di masyarakat begitu antusias untuk mendapatkan penyuluhan tentang bahaya narkoba, semangat ini yang sangat kami harapkan," kata Indriadi Toper.
 
Semangat yang dimaksud sangat positif, karena datang dari kesadaran masyarakat itu sendiri, dan disitulah peran seorang Ketua RT. Mengajak warganya untuk mengenal terlebih dahulu ancaman dari narkoba itu sendiri, ciri-ciri pengguna dan bandar, serta dampaknya.
 
"Warga sangat antusias sekali, kami dari BNN pun menjadi bersemangat, karena kesadaran adalah kunci dari upaya pencegahan dan penyelamatan korban narkoba, seperti di RT 01 ini. Baru pertama di Riau, penyuluhan diinisiasi Ketua RT," kata Toper memberikan apresiasi.
 
Warga RT 01 berfoto bersama usai penyuluhan
 
Terlebih pada sesi tanya jawab, banyak pertanyaan yang datang dari peserta penyuluhan, begitu antusiasnya masyarakat ingin mengetahui lebih dalam tentang informasi tindak penyalahgunaan narkoba yang umumnya dilakukan masyarakat.
 
"Antusias inilah yang terpenting, karena untuk selanjutnya warga mempunyai bekal yang cukup untuk melakukan deteksi dini di lingkungannya, dan bisa berkoordinasi dengan BNN untuk melakukan tindak pencegahan," kata Toper menambahkan.
 
Bagi BNN Kota Pekanbaru, kepedulian masyarakat seperti yang ditunjukkan warga RT 01 inilah yang harus disupport, agar diikuti RT-RT lainnya di Kota Pekanbaru.
 
"Kami berterima kasi kepada BNN Kota Pekanbaru yang bersedia meluangkan waktu ke tempat kami, untuk memberikan pencerahan tentang narkoba kepada warga," kata Ajo Jeni.
 
Jeni Pranando Ketua RT 01 bersama Penyuluh BNN Pekanbaru Indriadi Toper
 
Ketua RT yang menghibahkan seluruh insentif Ketua RT yang diterimanya dari Pemko Pekanbaru, untuk kegiatan sosial di lingkungannya ini mengakui ancaman penyalahgunaan narkoba sudah merasuki sendiri terkecil kehidupan masyarakat.
 
"Untuk mengantisipasinya, harus dimulai dari diri kita dan dukungan lingkungan yang sudah paham terhadap bahaya narkoba tersebut," katanya.01

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Komisi I DPRD Inhil Kunjungi Biro Humas Riau

Jumat, 24 Maret 2017 - 06:08:08 WIB

Komisi I DPRD Indragiri Hilir (Inhil) menyambangi Biro Humas, Protokol dan Kerjasama Setdaprov Riau, Kamis (23/3/2017).

Dimeriahkan Atraksi Tambua Tasa

Dua Gubernur Bakal Hadiri Pelantikan Pengurus IKLA Pekanbaru

Senin, 05 Februari 2018 - 13:07:31 WIB

HUT IKLA Riau dan pelantikan IKLA Pekanbaru dijadwalkan akan dihadiri Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar, Gubernur dan Ketua DPRD Riau.

Kerusakan Lahan Gambut Riau Telah Mencapai 50 Persen!!

Ahad, 12 Februari 2017 - 12:05:14 WIB

"Salah satu faktor utama yang menyebabkan hal itu ialah kebakaran lahan dan hutan yang sudah terjadi selama 18 tahun terakhir," kata Asisten III Setda Provinsi Riau Kasiaruddin di Pekanbaru, Sabtu kem

Kunjungan Kerja Gubri di Indragiri Hulu

Realisasi 41M bagi Fisik RS Indrasari Rengat

Selasa, 11 April 2017 - 11:25:52 WIB

Tahun anggaran 2016 lalau,Pemerintah Provinsi Riau telah mengucurkan dana sebesar Rp41 miliar, bagi pembangunan fisik RS Indrasari Rengat.

PWI Pusat Akui Kualitas Wartawan di Riau Cukup Baik

Rabu, 05 April 2017 - 18:15:06 WIB

Berdasarkan hasil uji kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan PWI Riau di Dumai dan Pekanbaru, kualitas wartawan Riau dinilai cukup baik.

Dapat Nilai B dari Menpan, Gubri Serahkan LKj-IP

Jumat, 24 Maret 2017 - 06:15:48 WIB

Setelah tujuh tahun Provinsi Riau mendapat nilai rendah (kategori CC) untuk Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), yang sekarang disebut Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKj-IP