2021 Indonesia Bebas ODOL, Tak Ada Kata Terlambat Bagi Dirjen Hubdat

Ahad, 03 November 2019 - 09:04:04 WIB
2021 Indonesia Bebas ODOL, Tak Ada Kata Terlambat Bagi Dirjen Hubdat Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi
Madaniy.Com - Kementerian Perhubungan RI menegaskan tahun 2021 jalan nasional di Indonesia harus bebas ODOL, demikian diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, ketika Launching Finalisasi Normalisasi Kendaraan, di Dumai, Sabtu (2/11/2019).
 
"Tak ada kata terlambat, tahun 2021 jalan nasional harus bebas ODOL," katanya tegas.
 
Menurut Budi Setiyadi, berdasarkan laporan Menteri PUPR negara alami kerugian sebesar Rp.43 triliun setiap tahunnya, akibat kerusakan jalan negara disebabkan kendaraan yang over dimensi dan over muatannya juga disebut ODOL.
 
"Penyebab utamanya adalah kita telah melakukan pembiaran terhadap pelanggaran muatan dan dimensi kendaraan selama ini, namun tak ada kata terlambat untuk merubah sikap," katanya.
 
Bahkan, Dirjen juga mengungkapkan bahwa tak jarang dari kendaraan angkutan barang dan penumpang yang termasuk ODOL ini menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalanan.
 
 
"Setiap kendaraan itu sudah memiliki rancang bangun yang standar dan aman untuk dikendarai, jadi perubahan yang dilakukan terhadap rancang bangun kendaraan akan sangat membahayakan tidak hanya bagi kendaraan tersebut, juga pengguna kendaraan lain," kata Budi.
 
Pemerintah telah menegaskan sikapnya untuk menerapkan dengan sungguh-sungguh regulasi bagi kendaraan angkutan penumpang dan barang. Dan sebagai langkah awal adalah dengan membenahi sektor yang memberikan sertifikat uji kelayakan kendaran, di UPUBKB.
 
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menerbitkan sertifikasi terhadap seluruh unit pelaksana teknis penguji kendaraan yang ada di kabupaten kota di seluruh Indonesia, berdasarkan kualifikasi kemampuan uji di setiap unit.
 
Khusus di wilayah Riau, telah diserahkan sertifikat bagi delapan kabupaten/kota, masing-masing Dumai, Pelalawan, Rohul, Pekanbatu, Bengkalis, Rohil, Kampar, Kuansing. Sementara Provinsi Kepri diberikan kepada Dishub Kota Batam.01

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Amankan Wilayah Udara Aceh, 4 F-16 Ditugaskan Patroli

Selasa, 11 Juli 2017 - 17:43:25 WIB

Empat pesawat tempur F-16 dipimpin Komandan Skadron Udara 16 Letkol Pnb Nur Alimi saat ini telah berada di Lanud Sultan Iskandar Muda untuk menjalankan tugas patroli udara hingga 13 Juli mendatang.

Bantuan APBN Melalui Intsiawati Ayus

75 Rumah Layak Huni Terealisasi

Selasa, 24 Januari 2017 - 06:12:13 WIB

Intsiawati Ayus tak dapat menutup rasa bahabahagianya begitu melihat senyum dan tawa terpancar dari keluarga-keluarga yang sudah mendapatkan bantuan rumah layak huni (RLH) dari Kementerian PU Pera.

Kinerja Pengelolaan APBN Terbaik, Danlanud Rsn Terima Penghargaan

Senin, 20 Agustus 2018 - 17:01:08 WIB

Prestasi membanggakan tingkat nasional kembali di ukir oleh Lanud Roesmin Nurjadin. Kali ini bidang pengelolaan keuangan Lanud Roesmin Nurjadin dinilai Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI layak mendapat

Tugas Lemhanas, Azhar Aditama Serahkan Jabatan Danwing 6

Selasa, 31 Juli 2018 - 08:47:16 WIB

Usai upacara penyerahan jabatan Dan Wing 6, Danlanud mengatakan bahwa sosok atau figur Kolonel Pnb Azhar Aditama merupakan seseorang yang dapat diteladani dan dapat dijadikan sebagai contoh dalam selu

Falcon Skadud 16 Laksanakan Latihan Terbang Malam

Selasa, 06 Maret 2018 - 15:49:30 WIB

eningkatan kemampuan dan keahlian harus terus dilakukan. Hal ini juga dilaksanakan oleh Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin yang menggelar latihan terbang malam sejak Senin (5/3).

Bangun Desa Sebagai Basis Ketahanan Wilayah

Sabtu, 21 Januari 2017 - 06:12:44 WIB

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan program TMMD merupakan ciri dan budaya bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.