Segera Renovasi Pelabuhan Dumai, Kemenhub Minta Pemko dan Pemprov Riau Percepat Serahkan Aset

Sabtu, 02 November 2019 - 21:50:29 WIB
Segera Renovasi Pelabuhan Dumai, Kemenhub Minta Pemko dan Pemprov Riau Percepat Serahkan Aset Dirjen Perhubungan Darat Budi setiyadi didampingi Penjabat Sekdaprov Riau H Ahmadsyah Harrofie dan Dirlantas Polda Riau Kombes Pol FX Bhirawa Braja Paksa ketika meninjau Pelabuhan Dumai
Madaniy.Com - Untuk mewujudkan realisasi penyeberangan Roro Dumai - Malaka, Kementerian Perhubungan RI berencana untuk segera merenovasi Gedung Pelabuhan Dumai secepatnya.
 
Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi usai meninjau langsung kondisi Pelabuhan Penyeberangan Roro Dumai, Sabtu (2/11/2019).
 
"Pelabuhan ini akan menjadi wajah Indonesia dimata negara tetangga kita, dengan kondisi yang ada saya meminta Direktur TSDP untuk mempersiapkan anggarannya,' kata Budi Setiyadi kepada awak media.
 
Namun, ditegaskan Budi Setiyadi pihaknya juga menunggu penyerahan aset pelabuhan tersebut dari Pemerintah Kota Dunai dan Pemerintah Provinsi Riau.
 
"Pelabuhan ini harus diserahkan oleh Pemko Dumai dan Pemprov Riau kepada Kementerian Perhubungan, agar anggaran yang disiapkan bisa dikucurkan, untuk itu kami meminta kedua pemerintah daerah ini untuk bergerak cepat," tegasnya.
 
Secara lisan, Budi Setiyadi mengakui telah menyampaikan langsung hal tersebut kepada Walikota Dumai Zulkifli AS dan Gubernur Riau Drs. Syamsuar, dan dijelaskan kedua pejabat tinggi daerah tersebut sudah menyanggupinya.
 
Saat ini, Pelabuhan Dumai dikelola bersama oleh Dinas Perhubungan Kota Dumai dan Provinsi Riau, termasuk kepemilikan asetnya juga berdua.
 
"Saat ini kita fokus untuk merenovasi gedung terminal Pelabuhan Dumai ini, juga untuk merevitalisasi Kementerian harus menguasai pelabuhan tersebut terlebih dahulu," jelas Budi Setiyadi.
 
Bagi Kementerian Perhubungan RI, realisasi penyeberangan Roro Duma - Malaka tinggal menunggu kesiapan pemerintah Indonesia terkait dengan kondisi pelabuhannya, karena jika renovasi tersebut dilakukan daerah, tentunya akan membenani APBD daerah.01

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Pembelian Heli AW-101, Diluar Kendali Panglima TNI

Jumat, 10 Februari 2017 - 08:43:45 WIB

Keluhan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo soal kewenangannya yang merasa dipangkas oleh Peraturan Menteri Pertahanan (Permenhan) Nomor 28 Tahun 2015 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Pertahan

Mahfud: Ketidakadilan dan Kesenjangan Munculkan Radikalisme

Selasa, 28 Februari 2017 - 07:44:36 WIB

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, menilai peristiwa teror bom di Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, menandakan bahwa deradikalisasi yang dijalankan saat ini belum maksimal. Pelaku teror yan

SK Menhut RI Nomor 673 /2014, Diduga Legalkan Kebun Sawit Ilegal

Kamis, 09 Februari 2017 - 14:40:19 WIB

Ratusan ribu hektare perkebunan sawit ilegal yang berada di wilayah Riau, telah dilegalkan Menteri Kehutanan Ri melalui SK Nomor 673 dan 878 Tahun 2014.

Sertijab Dan Satpom Lanud Roesmin Nurjadin

I Nyoman Swardita Resmi Gantikan Moendi Noegroho

Rabu, 19 Juni 2019 - 10:36:28 WIB

Bertempat di Aula Mako Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Pom I Nyoman Swardita resmi menerima tongkat komando Satpom TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin dari Letkol Pom Moendi Noegroho, Rabu (19/06/2019).

Aktif Gelar Donor Darah Lanud Rsn Dapat Penghargaan

Kamis, 06 April 2017 - 15:03:31 WIB

PMI Kota Pekanbaru memberi penghargaan kepada Lanud Roesmin Nurjadin terkait dengan partisipasi aktifnya dalam kegiatan donor darah.

Syamsuar, Gubernur Pertama Yang Peduli Dengan Normalisasi Kendaraan di Daerahnya

Ahad, 03 November 2019 - 08:25:27 WIB

Meski kehadiran Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar diwakili Penjabat Sekretaris Daerah H. Ahmadsyah Harrofie, namun Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi memuji komitmen Pemerintah Provinsi Ri