Pesawat F-16 Yang Terbakar di Halim, Menjadi Tugu Edukasi di Lanud Rsn

Senin, 28 Oktober 2019 - 17:47:24 WIB
Pesawat F-16 Yang Terbakar di Halim, Menjadi Tugu Edukasi di Lanud Rsn Foto bersama di depan Tugu F-16 Foghting Falcon
Madaniy.Com - Masih ingat dengan dengan musibah terbakarnya pesawat F-16 di ujung landasan pacu Lanud Halim Perdanakusumah,kami, 16 April 2015 lalu? Saat ini pesawat itu dapat dilihat di Taman Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin.
 
Demikian dijelaskan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, ketika meeresmikan tugu F-16 Fighting Falcon, di Taman Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (28/10/2019).
 
Pesawat dengan nomor lambung TS-1643 ini adalah salah satu pesawat di jajaran Skadron Udara 16, Lanud Roesmin Nurjadin, yang dikemudikan Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono, ketika itu menjabat Komandan Skadron Udara 16.
 
Pesawat ini adalah generasi pertama dari pembelian tahap II pesawat F-16, Block C/D ke Negeri Paman Sam. Setelah mengalami musibah, pesawat ini nyaris menjadi besi tua mengingat kondisinya cukup parah akibat terbakar.
 
Seiring peningkatan minat masyarakat Riau dan sekitarnya untuk menimba ilmu dan menambah wawasan kedirgantaraan di Lanud Roesmin Nurjadin, membuat jajaran Lanud Roesmin Nurjadin membutuhkan diorama sejarah Lanud Rsn untuk memberikan warna bagi pelajar dan masyarakat.
 
"Waktu Komandan Lanud Roesmin meminta pesawat untuk dijadikan ikon wisata dirgantara, saya teringat dengan pesawat F-16 tersebut. Alhamdulillah, Komandan Koharmatau bersedia memfasilitasi dan mengembalikan rancang bangun pesawat kembali ke bentuk semula," kata KSAU.
 
Disaksikan Gubernur Riau Drs Syamsuar dan Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny I Moningka, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna menandatangani prasasti tugu.
 
Dengan segala upaya dan kerja keras untuk mengembalikan wujud pesawat tersebu dari generasi Danlanud Rsn dijabat Marsma TNI Henri Alfiandi, diteruskan oleh Marsma TNI Age Wiraksono, akhirnya dituntaskan Marsma TNI Ronny Irianto Moningka.
 
KSAU sangat mengapresiasi kerja keras dan kesimbungan kerja, mulai persiapan hingga peresmian Tugu F-16 Fighting Falcon yang dijalankan ketiga Danlanud tersebut.
 
"Secara pribadi dan atas nama pimpinan TNI Angkatan Udara, saya ucapkan terima kasih atas berdirinya Tugu F-16 ini, semoga bisa dimaksimalkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat Riau tentang kedirgantaraan," kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna.
 
Hadir pada peresmian tugu tersebut Gubernur Riau Drs. Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung setya Imam Effendi, Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI M Fadjar, Pangkoops I Marsma TNI M Khairil Lubis, Danseskoau Marsda TNI Henri Alfiandi dan jajaran Pati TNI AU.01

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Hadiri Renungan Suci, Danlanud Rsn Serasa Diingatkan Pengorbanan Pejuang

Senin, 20 Agustus 2018 - 16:37:44 WIB

Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) yang dihadiri Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma, Pekanbaru, Kamis (16/8/2018) lalu ternyata masih meninggalkan pesan terse

Sertifikasi Ulama adalah Aspirasi, Pemerintah Hanya Memfasilitasi

Jumat, 03 Februari 2017 - 08:37:44 WIB

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengungkapkan adanya aspirasi dari publik untuk melakukan sertifikasi terhadap ulama. Namun Menag juga ingin ormas-ormas Islam duduk bersama membicarakan hal ini

Antisipasi Karhutla, Lanud Rsn Patroli Udara

Selasa, 31 Januari 2017 - 21:17:04 WIB

Mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Lanud Roesmin Nurjadin mengerahkan pesawat tempur serta helikopternya melaksanakan patroli udara untuk memantau hotspot.

Dewan Pers Targetkan Tahun 2018 Semua Media Massa Terverifikasi

Selasa, 07 Februari 2017 - 05:46:49 WIB

"Ini baru babak pertama. Awal Maret kita bergerak lagi, Dewan Pers lanjut untuk memverifikasi. Ada ribuan media massa yang semuanya harus terverifikasi. Targetnya 2018 selesai semua," tegas Hendry.

Peluru Tajam Nyaris Lewati Bandara Merauke, Satgas Yonko 462 Paskhas Bergerak Cepat

Selasa, 12 November 2019 - 14:03:04 WIB

Letkol Pas Yoseph M. Purba, selaku Dansatgas Pamrahwan Papua menyampaikan, ini merupakan usaha dari personil Satgas untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya perederan Senjata Api dan amunisi tajam

Jokowi Tetapkan Tanggal 15 Februari Sebagai Libur Nasional

Sabtu, 11 Februari 2017 - 06:24:28 WIB

emerintah mengeluarkan Peraturan Presiden yang menetapkan tanggal 15 Februari yang bertepatan dengan Pilkada Serentak sebagai hari libur nasional.