Pesawat F-16 Yang Terbakar di Halim, Menjadi Tugu Edukasi di Lanud Rsn

Senin, 28 Oktober 2019 - 17:47:24 WIB
Pesawat F-16 Yang Terbakar di Halim, Menjadi Tugu Edukasi di Lanud Rsn Foto bersama di depan Tugu F-16 Foghting Falcon
Madaniy.Com - Masih ingat dengan dengan musibah terbakarnya pesawat F-16 di ujung landasan pacu Lanud Halim Perdanakusumah,kami, 16 April 2015 lalu? Saat ini pesawat itu dapat dilihat di Taman Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin.
 
Demikian dijelaskan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, ketika meeresmikan tugu F-16 Fighting Falcon, di Taman Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (28/10/2019).
 
Pesawat dengan nomor lambung TS-1643 ini adalah salah satu pesawat di jajaran Skadron Udara 16, Lanud Roesmin Nurjadin, yang dikemudikan Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono, ketika itu menjabat Komandan Skadron Udara 16.
 
Pesawat ini adalah generasi pertama dari pembelian tahap II pesawat F-16, Block C/D ke Negeri Paman Sam. Setelah mengalami musibah, pesawat ini nyaris menjadi besi tua mengingat kondisinya cukup parah akibat terbakar.
 
Seiring peningkatan minat masyarakat Riau dan sekitarnya untuk menimba ilmu dan menambah wawasan kedirgantaraan di Lanud Roesmin Nurjadin, membuat jajaran Lanud Roesmin Nurjadin membutuhkan diorama sejarah Lanud Rsn untuk memberikan warna bagi pelajar dan masyarakat.
 
"Waktu Komandan Lanud Roesmin meminta pesawat untuk dijadikan ikon wisata dirgantara, saya teringat dengan pesawat F-16 tersebut. Alhamdulillah, Komandan Koharmatau bersedia memfasilitasi dan mengembalikan rancang bangun pesawat kembali ke bentuk semula," kata KSAU.
 
Disaksikan Gubernur Riau Drs Syamsuar dan Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny I Moningka, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna menandatangani prasasti tugu.
 
Dengan segala upaya dan kerja keras untuk mengembalikan wujud pesawat tersebu dari generasi Danlanud Rsn dijabat Marsma TNI Henri Alfiandi, diteruskan oleh Marsma TNI Age Wiraksono, akhirnya dituntaskan Marsma TNI Ronny Irianto Moningka.
 
KSAU sangat mengapresiasi kerja keras dan kesimbungan kerja, mulai persiapan hingga peresmian Tugu F-16 Fighting Falcon yang dijalankan ketiga Danlanud tersebut.
 
"Secara pribadi dan atas nama pimpinan TNI Angkatan Udara, saya ucapkan terima kasih atas berdirinya Tugu F-16 ini, semoga bisa dimaksimalkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat Riau tentang kedirgantaraan," kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna.
 
Hadir pada peresmian tugu tersebut Gubernur Riau Drs. Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung setya Imam Effendi, Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI M Fadjar, Pangkoops I Marsma TNI M Khairil Lubis, Danseskoau Marsda TNI Henri Alfiandi dan jajaran Pati TNI AU.01

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Tragedi Sialang Bungkuk Puncak Ketidakmampuan Yasonna

Senin, 08 Mei 2017 - 16:18:31 WIB

Memang, ketika datang ke Rutan Kelas IIB Sialang Bungkuk, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly menggebrak meja berkali-kali, Minggu (7/5).

Konferensi Kerja Nasional PWI di HPN 2017

Verifikasi Media Massa Menjadi Focus Disscusion

Selasa, 07 Februari 2017 - 21:50:43 WIB

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) yang diikuti seluruh pengurus PWI dari 34 provinsi se Indonesia.

Danlanud Rsn Bagikan Ratusan Paket Sembako Kepada Masyarakat Gema

Ahad, 28 Juli 2019 - 01:43:20 WIB

Danlanud Rsn Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, menyerahkan sebanyak 250 paket sembako bagi masyarakat tidak mampu pada Bakti Sosial di Desa Gema, Kampar Kiri Hulu, Kampar, Sabtu (27/7/19).

BPTD IV Dukung Penuh Pengembangan Sarana Transportasi Wisata di Bintan

Senin, 09 Maret 2020 - 18:45:24 WIB

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau - Provinsi Kepulauan Riau (BPTD IV Riau Kepri) - Ardono sangat mendukung optimalisasi sarana transportasi untuk mendukung pariwisata

Peningkatan Alutsista di Perbatasan Prioritas Panglima TNI

Kamis, 27 April 2017 - 12:33:24 WIB

Peningkatan alutsista dan kenyamanan kerja prajurit menjadi prioritas Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo, ketika kunjungan kerja ke Lanud Roesmin Nurjadin, Kamis (27/4/2017).

Ultimatum Bagi Pengusaha Sawit dan Perambah Hutan Teso Nilo

Selasa, 07 Februari 2017 - 11:06:56 WIB

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) RI mengultimatum para pengusaha dan perambah kawasan hutan Teso Nilo untuk meninggalkan kawasan nasional dalam waktu yang akan segera ditetapkan.