Puluhan Dosen USU Tolak Revisi UU KPK

Ahad, 08 September 2019 - 23:09:47 WIB
Puluhan Dosen USU Tolak Revisi UU KPK Bismar Nasution
Madaniy.Com - Rakyat Indonesia dikejutkan oleh sidang Paripurna DPR yang menyetujui Usulan Revisi UU KPK. Proses pembahasan RUU dilakukan tanpa mengindahkan aspek transparansi, aspirasi dan partisipasi publik. 
 
Atas hal itu, banyak elemen menolak revisi yang sudah di tangan Presiden Jokowi tersebut. Salah satu yang getol menyoroti revisi itu adalah sejumlah akademisi di Universitas Sumatera Utara. 
 
Salah seorang Guru Besar Hukum Ekonomi USU Prof Bismar Nasution menekankan pentingnya kajian lebih dalam terkait revisi tersebut. 
 
Menurut Ketua Pusat Studi Anti Korupsi-Anti Money Laundering USU itu, mendadaknya revisi Undang-Undang KPK itu mengakibatkan munculnya peraturan yang multitafsir dan tidak operasional di lapangan. 
 
"Karena pembuatan hukum yang kilat atau tergesa-gesa akan dapat mengakibatkan hukum menjadi tidak efektif, yang pada gilirannya membuat apa yang diinginkan hukum itu tidak tercapai," papar Prof Bismar, Minggu (8/9/2019). 
 
Dengan demikian, sambung dia, agenda nyata anti korupsi tanpa disertai hukum yang memadai dapat dipastikan merupakan resep bagi pelemahan anti korupsi dan dapat memicu bertambah maraknya korupsi di negeri tercinta ini. 
 
Prof Bismar dan sejumlah dosen USU pun menentang setiap usaha yang ingin melemahkan pemberantasan korupsi dan KPK. Di antara nama-nama yang menentang revisi UU KPK tersebut di antaranya:
1. Ningrum Sirait (Fak. Hukum)
2. Mahmud Mulyadi (Fak. Hukum)
3. Agusmidah (Fak. Hukum)
4. Mahmul Siregar (Fak. Hukum)
5. Hasyim Purba (Fak. Hukum)
6. Budiman Ginting (Fak. Hukum)
7. Edy Ikhsan (FH USU)
8. Mohammad Siddik (FH USU)
9. Chairul Bariah (FH USU)
10. Afrita (FH USU)
11. Suhaidi (FH USU) 
12. Maria (FH USU)
13. Bismar Nasution (FH USU)
14. Syafruddin Kalo (FH USU)
15. Rosnidar Sembiring (FH USU)
16. Robert (FH USU)
17. Jelly Leviza (FH USU)
18. Rosmalinda (FH USU) 
19. Boy Laksamana (FH USU)
20.Arif (FH USU)
21. Linda Elida (Fisip USU)
22.Syarifah Lisa Andriati (FH USU)
23 Vita Cita (FH USU) 
24.Tri Murti Lubis (FH USU) 
25. Raja Bongsu Hutagalung (FE USU)
 
Penulis: Diurnawan

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Jelang Pelantikan Presiden, Kapolda Riau Pastikan Kesiapan Jajarannya

Selasa, 15 Oktober 2019 - 06:26:50 WIB

Kesiagaan jajaran Polda Riau untuk melakukan pengamanan menjelang Pelantikan Presiden - Wakil Presiden Riau, memang tidak main-main.

Sidang Lanjutan Ahok Keluar dari Pokok Perkara

Rabu, 01 Februari 2017 - 17:28:23 WIB

Proses sidang lanjutan Basuki Tjahja Purnama dengan saksi Kiai Maruf Amin disesalkan banyak pihak. Pascakuasa hukumnya di persidangan menyebut Kiai Ma'ruf sebagai saksi palsu dan akan melaporkannya ke

Canggih!!! Tangani Karhutla, Polisi Gunakan Scientific Crime Investigation

Sabtu, 12 Oktober 2019 - 06:19:19 WIB

Proses penyidikan bersama dalam Satuan Tugas Penegakan Hukum Terpadu ini, Polda Riau bekerja sama dengan Direktorat Tipidter Bareskrim Polri dan Dirjen Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutana

Polda Pertama di Indonesia Miliki Mesin Khusus Pembayaran E-Tilang

Rabu, 28 Agustus 2019 - 18:44:20 WIB

Sat PJR Polda Riau bersama Bank BRI Kota Pekanbaru hari ini melakukan kegiatan sosialisasi kepada seluruh personel Sat PJR Polda Riau. Sosialisasi tersebut berupa mesin terbaru yang dikususkan oleh pi

Dikabarkan Meninggal Dipukul Polisi, Ternyata Masih Jalani Perawatan

Selasa, 13 Oktober 2020 - 07:23:11 WIB

Dody Wahyudi (24) mantan mahasiswa sebuah perguruan tinggi ini, sempat dikabarkan meninggal saat aksi penolakan UU Omnibus Law, di depan Gedung DPRD Provinsi Riau, Kamis (08/10/2020).

Nekat Mudik Ke Riau, Anda Akan Dikarantina di Gedung Bekas SPN Rumbai

Rabu, 21 April 2021 - 16:47:23 WIB

Kapolda Riau Irjen Agung Setia menaja acara Deklarasi Forkopimda Riau mensikapi meningkatnya angka Covid-19 menjelang hari raya dengan meniadakan mudik dan pembatasan moda transportasi serta ajakan un