Tokoh PAN Riau Dukung Zulkifli Hasan Kembali Jadi Ketua Umum PAN

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 08:31:58 WIB
Tokoh PAN Riau Dukung Zulkifli Hasan Kembali Jadi Ketua Umum PAN Fendri jaswir dengan Zulkifli Hasan dalam sebuah kesempatan
Madaniy.Com - Tokoh Partai Amanat Nasional (PAN) Riau yang pernah duduk di DPRD Provinsi Riau, Ir. H. Fendri Jaswir, MP mendukung Zulkifli Hasan kembali memimpin PAN. Alasannya, sosok Ketua MPR RI itu relatif masih diterima semua kalangan di internal PAN.
 
Pernyataan Fendri Jaswir ini menanggapi ramainya bursa calon Ketua Umum PAN 2020-2025 menjelang  Kongres PAN, Januari tahun depan. 
 
"Bang Zul masih layak dan pantas untuk memimpin PAN lagi. Beliau relatif diterima semua pihak di internal PAN di semua tingkatan," ujarnya di Pekanbaru, Sabtu (31/8/2019).
 
Bang Zul -- begitu Zulkifli Hasan akrab dipanggil -- merintis karir politik di PAN sejak awal. Sebelum menjadi Ketua Umum, berbagai jabatan sudah pernah dipegangnya antara lain Sekjen dan Ketua DPP. Putra Lampung ini pernah di DPR dan menjadi Menteri. 
 
"Pengalaman itu yang menempa Bang Zul sehigga matang di politik," kata Fendri.
 
Anggota Dewan Pendudikan Provinsi Riau ini menilai Zulkifli pandai memainkan irama politik sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Dia tetap mengangkat yang isu-isu nasional dan mengkritisinya tanpa menyinggung dan menyudutkan pihak lain. 
 
"Di situ kepiawaian Bang Zul bermain politik," ujarnya.
 
Memang kursi PAN agak turun dibandingkan lima tahun lalu, namun kata Fendri, itu tidak terlepas dari sistem perhitungan kursi dan suara pada Pemilu 2019 yang menguntungkan partai besar dan merugikan partai tengah. Makanya PAN dari awal menolak sistem perhitungan suara dan kursi ini.
 
Fendri yakin di tangan Zulkifli Hasan, PAN akan kembali berjaya lima tahun mendatang. Dengan syarat tentu konsolidasi partai dilaksanakan dari sekarang. Himbauan Bang Zul kepada kader PAN untuk move on dan tidak baper, adalah himbauan yang tepat untuk kondisi sekarang. Sebab, partai lain sudah melangkah menuju 2024.
 
"Saya melihat Bang Zul sudah mulai turun ke daerah-daerah untuk konsolidasi dan berkomunikasi. Selama ini Bang Zul memang rajin turun ke bawah, apalagi sejak beliau Ketua MPR RI," kata Fendri Jaswir yang lima tahun lalu juga termasuk pendukung Zulkifli Hasan.
 
Selain Zulkifli Hasan, calon-calon Ketua Umum PAN yang ramai dibicarakan di internal PAN antara lain Drajat Wibowo, Hanafi Rais dan Asman Abnur. Dari luar kader muncul nama Anies Baswedan, Sandiaga S Uno, dan Jenderal (Pur) Gatot Nurmantyo.***

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Dugaan Keterlibatan ASN Tak Cukup Bukti

Senin, 27 Februari 2017 - 19:39:47 WIB

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pekanbaru tidak bisa menindaklanjuti laporan Antony Fitra dengan nomor surat 04.LP/Pilkada/RI/12-11-2017 terkait dugaan keterlibatan ASN di lingkungan Pemerinta

Firdaus-Rusli: 220ribu Pengangguran Butuh Solusi!

Jumat, 06 April 2018 - 15:36:19 WIB

"Tingginya angka pengangguran, ini berpeluang untuk menimbulkan permasalah sosial di Riau, kita harus segera temukan formulasi yang efektif," kata Rusli Effendi dalam kesempatan berkunjung ke Kuantan

Pilkada Kabupaten Kampar 2017

Kok Bisa 820 KK di Tanah Merah Tak Ikut Mencoblos?

Rabu, 22 Februari 2017 - 10:54:19 WIB

820 KK di Tanah Merah Tak Ikut Mencoblos

Terkait Gugatan Gemppur Soal Pilwako

Pj Walikota: Serahkan Pada Kewenangan Panwaslu

Selasa, 21 Februari 2017 - 08:45:17 WIB

Penjabat Walikota Pekanbaru Edward Sanger merespon positif tuntutan yang disampaikan Gerakan Masyarakat Peduli Pilwako Jujur (Gemppur) Senin (20/02/2017) kemarin.

Dinyatakan Unggul Berdasarkan Hasil Real Count PKS

Firdaus-Ayat Ajak Bersatu Bangun Pekanbaru Smartcity Madani

Kamis, 16 Februari 2017 - 10:30:49 WIB

Dinyatakan unggul berdasarkan hasil real count yang dikelola Tim Tabulasi Suara Pilwako 2017, DPD PKS Pekanbaru, pasangan Firdaus-Ayat ajak semua pihak untuk bersatu menyukseskan penyelenggaraan Pilwa

Bismillah, Petugas KPPS Laksanakan Pemungutan Suara Pilwako

Rabu, 15 Februari 2017 - 07:34:17 WIB

Petugas KPPS mulai melaksanakan kegiatan pencoblosan Pilkada Pekanbaru 2017, yang diawali dengan pengambilan sumpah petugs KPPS.