Targetkan Menjadi Pusat Pembenihan Bersertifikasi di Riau

Berburu Indukan Koi Hingga ke Bulakan Mungo

Kamis, 23 Mei 2019 - 21:16:35 WIB
Berburu Indukan Koi Hingga ke Bulakan Mungo Beberapa jenis Koi ini bakal menjadi andalan Pusat Pembenihan Ikan Ajie '88 milik Koperasi balai Insan Citra BPTD IV.
Madaniy.Com - Kolam Ajie'88 tidak ingin hanya sekedar menjadi tempat pembenihan ikan belaka, menjadi Pusat Pembenihan Ikan Bersertifikat di Riau menjadi target utama manajemen kolam ini.
 
"Kita tak ingin hanya sekedar menjadi tempat pembenihan, harus ada standarisasi yang kita miliki agar kualitas benih yang diproduksi bisa dipertanggungjawabkan," kata S. Ajie Panatagama Pembina Koperasi Balai Insan Citra.
 
Koperasi Balai Insan Citra milik pegawai BPTD IV Riau - Kepri yang mengelola Pusat Pembenihan Ajie '88 tersebut telah melakukan investasi besar-besaran untuk mewujudkan target besar ini.
 
Tim di salah satu kolam pemeliharaan benih ikan Koi di Mungo
 
Seperti upaya untuk mendapatkan bibit indukan ikan berkualitas tak henti dilakukan, seperti kegiatan Tim Survey Ajie '88 pada hari Rabu hingga Kamis (22-23/5/2019) di kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat.
 
kabupaten ini merupakan salah satu sentra pembenihan bibit ikan jenis Koi dan gurami terbesar di Sumatera Barat, tim menelusuri kolam demi kolam di Lurah Bulakan, tepatnya Kenagarian Mungo, Kecamatan Luak.
 
"Kita dapatkan beberapa ekor indukan ikan Koi, dan ratusan bibit ikan Koi hasil pembenihan di Mungo langsung dari tangan petani produsen," kata Ajie Panatagama.
 
Tim melihat langsung kondisi kolam pembesaran ikan Koi di Lurah Bulakan
 
Ditambahkan Ajie, bahkan timnya berhasil mendapatkan bahan indukan juara kontes Koi di daerah tersebut. "Bibit yang berkelas dan memiliki standar kontes," katanya.
 
Untuk mencapai daerah Lurah Bulakan ini, tim harus mengitari bukit dengan kondisi jalan tanah, yang dibatasi bukit dan jurang tersebut. Hingga sampai di kawasan perbatasan Kenagarian Mungo, yang berada tepat di kaki Gunung Sago.
 
"Alhamdulillah, setelah seharian penuh kita berkeliling menelusuri sumber pembenihan tingkat pertama, akhirnya ketemu juga dengan yang dicari, banyak ilmu yang kita dapatkan dari petani pembenih ikan KOi ini," kata menjelaskan.
 
Tetap semangat meski harus menelusuri naik dan turun bukit
 
.Dari perjalanan ini, Kolam Ajie '88 sementara telah memiliki indukan ikan dari jenis Lele, Nila, Patin, Mas dan Koi, minus Gurami  yang rencananya dalam waktu dekat segera dilengkapi.
 
"Dari sisi infrastruktur kita telah membuat kolam penampungan air, kolam perkawinan indukan, kolam penetasan telur dan pemijahan hingga kolam pembesaran benih," kata Ajie menjelaskan.
 
Saat ini ratusan ribu bibit gurami, patin, nila, koi dan lele telah dipelihara dalam kolam-kolam yang ada, sebagian diantara merupakan hasil pembenihan di beberapa tempat yang telah dikunjungi tim.
 
"Dalam beberapa hari ini kami akan melakukan perkawinan ikan Koi di kolam perkawinan. Insya Allah Koperasi sudah mulai menjual beberapa benih yang sudah ada di kolam," kata Ajie.***
 
Sumber: Humas BPTD IV
 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Bank Riaukepri Seharusnya Tampil di Level Nasional

Jumat, 07 April 2017 - 17:28:35 WIB

Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman telah meresmikan dibukanya Kantor Bank RiauKepri (BRK) Cabang Jakarta, di Jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2017) kemarin.

Pasar Ffinansial Global Terimbas Kebijakan Trump

Rabu, 01 Februari 2017 - 18:00:32 WIB

Pasar finansial global melemah, salah satunya penyebabnya diyakini adalah kebijakan imigirasi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang juga membuat banyak pihak segera berpikir ulang terkait de

Dirut Pertamina Resmi Dicopot, Posisi Wadirut Dihilangkan

Jumat, 03 Februari 2017 - 14:29:48 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Pertamina Persero resmi mencopot Direktur Utama (Dirut) Dwi Sutjipto dan Wakil Dirut Ahmad Bambang, Jumat (3/2). Dalam rapat itu juga menunjuk Yenny Ha

1,6 Triliun Akan Terkumpul Setiap Tahunnya Jika Pelajar Riau Menabung

Kamis, 24 Oktober 2019 - 15:45:24 WIB

Sebanyak 567 siswa di kota Pekanbaru, mendapatkan mock up tabungan simpan pelajar (simpel) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Riau.

Proyeksi OJK

Kuartal I 2017 Pertumbuhan Kredit di Atas 8,5 persen

Senin, 27 Februari 2017 - 20:25:05 WIB

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi pertumbuhan kredit perbankan pada kuartal I 2017 melebihi 8,5 persen year on year (yoy). Sebelumnya pada kuartal I tahun lalu pertumbuhan kredit sebesar 8,71 p

Ini Penjelasan Pertamina Terkait Lempengan Besi di Tabung LPG 3Kg

Rabu, 07 Februari 2018 - 11:28:12 WIB

Sebelumnya beredar kekhawatiran di masyarakat akan dugaan praktik kecurangan terhadap penjualan tabung LPG 3 kg, dengan modus menambah lempengan besi untuk menambah berat.