Menhub RI Apresiasi Kinerja Penyidik BPTD IV Riau-Kepri 

Sabtu, 09 Februari 2019 - 09:27:09 WIB
Menhub RI Apresiasi Kinerja Penyidik BPTD IV Riau-Kepri  Dirjen Hubdat Budi Setiyadi berfoto bersama penerima penghargaan dari Menteri Perhubungan RI

Madani.Com - Keberhasilan pemberkasan perkara tindak pidana modifikasi kendaraan hingga melahirkan yurisprudensi dari UU Nomor 22 Tahun 2009, Menteri Perhubungan memberikan penghargaaan khusus kepada penyidik BPTD IV. 

Penghargaan ini diserahkan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi kepada Kepala BPTD IV Syaifudin Ajie Panatagama, PPNS BPTD IV Henry Tambunan dan Direktur Kriminal Khusus Polda Riau sebagai supervisi pemberkasan perkara. 

Penyerahan Penghargaan ini dilaksanakan di Jakarta, Jumat (8/2/2019) bersamaan dengan kegiatan Pengarahan Direktur Jenderal Perhubungan Darat kepada seluruh PPNS di lingkungan Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat). 

Pada kesempatan itu Dirjen Hubdat menyampaikan bahwa yurisprudensi pertama UU Nomor 22/2009 merupakan tonggak sejarah dan pembuktian bahwa sanksi yang diatur dalam UU tersebut telah diakui kelayakannya melalui proses peradilan. 

"Dengan yurisprudensi ini, berarti sanksi Pasal 277 sudah bisa diterapkan masuk ranah peradilan, artinya tak ada keraguan lagi bagi seluruh PPNS untuk memproses perkara tindak pidana modifikasi kendaraan," kata Budi Setiyadi. 

Pada kesempatan itu, para penerima penghargaan diberi kesempatan untuk menularkan pengalamannya dalam menangani pemberkasan perkara pelanggaran pasal 277 di BOTD Wilayah IV di hadapan peserta yang hadir. 

Kepala BPTD Wilayah IV Syaifudin Ajie Panatagama dalam paparannya mengungkapkan bahwa langkah awal yang harus dilakukan adalah menerjemahkan perintah Dirjen dalam implementasi lapangan. 

"Sebagai kepala satuan kerja di BPTD, optimisme dan komitmen bersama untuk mencapai hasil kerja menjadi modal dasar dalam mengimplementasikan proses penegakan hukum ini. Hal inilah yang kami lakukan di BPTD IV, semua lini fokus dan saling mendukung," kata Syaifuddin Ajie. 

Kebersamaan dan sikap saling mendukung seluruh jajaran, akan memberikan keyakinan kepada PPNS untuk berbuat maksimal dalam melaksanakan tugasnya. 

"Pokoknya, kita harus bersikap tegas tanpa kompromi, jangan ada keraguan sedikitpun dihati kita," kata Syaifudin Ajie Panatagama. 

Sementara Henry Tambunan mengungkapkan bahwa tekanan terberat dalam pemberkasan ini adalah meyakinkan tersangka untuk kooperatif selama proses penyidikan berjalan. 

"Penyidik harus bisa membuat tersangka merasa nyaman selama pemberkasan, karena kelengkapan berkas perkara akan memperlancar proses P-21 hingga tahap II," katanya. 

Sikap optimis dan progresif yang dilakukan BPTD Wilayah IV, diharapkan menjadi pemicu semangat seluruh jajaran PPNS Perhubungan di tanah air untuk sungguh-sungguh menerapkan UU nomor 22/2009 di daerah masing-masing. 

"Jadikan penghargaan ini sebagai pelecut semangat, dan motivasi bagi PPNS lainnya untuk berlomba-lomba meraih prestasi maksimal, agar target 2020 Indonesia Zero ODOL benar-benar kita raih," kata Budi Setiyadi.

 Sumber: Humas BPTD


TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Komando dan Kendalinya Efektif Effesien, Mengenal Koopsus TNI

Kamis, 24 Oktober 2019 - 19:38:42 WIB

Pati TNI AD yg awalnya berasal dari Kopassus ini menjadi andalan Panglima dalam memimpin pasukan komando gabungan tiga matra dan opsus counter teror serta ancaman kedaulatan bangsa dan negara.

56 Tahun Sudah, Perumus Naskah Sumpah Pemuda Itu Tinggalkan Kita

Rabu, 17 Oktober 2018 - 06:44:50 WIB

Kemudian disaat menjabat Menteri Pengajaran, Pendidikan, dan Kebudayaan, Yamin banyak mendorong pendirian univesitas-universitas negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Di antara perguruan tinggi yang

Setelah Juara 2 di Kecamatan, Mampu Tembus Peringkat 3 Pekanbaru

Ketua Yasarini Cabang Lanud Rsn Puji Prestasi Amanda Niechy

Selasa, 16 April 2019 - 14:02:45 WIB

Ketua Yasarini Cabang Lanud Rsn memuji kerja keras dan perjuangan yang ditunjukkan Amanda Niechy, siswi TK Angkasa binaan Yasarini Cabang Lanud Rsn.

Istighosah, Kebaktian dan Doa Bersama Sambut Pergantian Tahun Baru di Lanud Rsn

Senin, 31 Desember 2018 - 14:57:57 WIB

Kegiatan ini berlangsung sederhana, dilaksanakan mulai pukul 12.00 WIB, di Gereja Oikumene dan Masjid Amrullah, Kompleks Lanud Rsn, diikuti seluruh jajaran pejabat utama, staf dan prajurit.

Keputusan Mendagri Soal Ahok Dinilai tidak Obyektif

Ahad, 12 Februari 2017 - 20:35:32 WIB

Pemuda Muhammadiyah menilai wajah hukum tidak begitu berdaulat ketika berada di depan rentetan peristiwa yang berkaitan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Danrem 031/WB: TNI dan Polri Harus Saling Mengisi!

Rabu, 07 Maret 2018 - 09:29:20 WIB

TNI dan Polri haruslah saling mengisi, saling bahu membahu dalam melaksanakan tugas di lapangam." kata Danrem 031 Wirabima.